Sponsors Link

10 Cara Menaikkan Tensi Darah Bagi Ibu Hamil Paling Mudah dan Aman

Sponsors Link

Saat ibu sedang hamil, kesehatan ibu dan  janin yang sedang dikandung ibu tentu saja merupakan sebuah prioritas utama yang harus di jaga hingga proses kelahiran. Mengingat ibu merupakan penghubung secara langsung masuknya nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh janin, jika ibu mengalami gangguan kesehatan tentu saja akan berdampak tidak baik bagi kesehatan dan keselamatan janin yang sedang di dalam kandungan.

ads

Ibu hamil normalnya memiliki tekanan darah 120/80 mmHG.  Sedangkan jika tekanan darah berkisar di bawah 90/60,  dapat dipastikan  ibu  terkena tekanan darah rendah. Biasanya ibu hamil akan mengalami tekanan darah rendah di trisemester kedua umur kehamilannya.

Penyebab tekanan darah rendah atau juga istilah kedokternya dikenal dengan hipotensi salah satunya adalah karena janin yang sedang di dalam kandungan memerlukan oksigen , nutrisi dan gizi.

Hal ini menyebabakan arus darah didalam tubuh ibu hamil yang mensuplai nutrisi kebutuhannya menjadi meningkat. Ibu yang sedang hamil anak kembar lebih beresiko terkena hipotensi. pusing akibat darah rendah adalah gejala umum yang paling banyak di rasakan oleh ibu hamil. Selain itu ibu hamil akan merasakan  mual, mudah lelah, sulit untuk bernafas, dan pandangan menjadi kabur.

Ibu hamil tidak perlu merasa khawatir jika terkena gejala tekanan darah rendah, karena berikut ada cCara Menaikkan Tensi Darah Bagi Ibu Hamil diantaranya :

  1. Meningkatkan asupan garam di dalam tubuh

Dengan meningkatkan asupan garam di dalam tubuh ibu hamil yang memiliki tensi rendah akan menambah volume darah meningkatkan tekanan darah dengan cepat. Ini merupakan cara menormalkan darah rendah yang cukup mudah untuk dilakukan. Namun pengobatan ini sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan karena jika berlebihan, akan menimbulkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan calon bayi yang sedang di kandung.

  1. Memenuhi kebutuhan asupan air dan mineral

Tekanan darah rendah pada ibu hamil bisa disebabkan karena ibu hamil mengalami dehidrasi. Disarankan ibu hamil untuk minum air secara cukup, yaitu 8 gelas per hari agar terhindari dari dehidrasi yang menyebabakan tensi ibu hamil menjadi turun. Ibu juga dianjurkan mengkonsumsi minuman yang memiliki kandungan elektrolit agar tekanan darah meningkat dan  Sebaiknya ibu menghindari untuk mengkonsumsi minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi.

  1. Mengkonsumsi daun kemangi

Daun kemangi, selain enak untuk dijadikan lalapan ternyata merupakan makanan penambah darah  yang memiliki khasiat menaikan tensi ibu hamil yang terkena tekanan darah rendah. Di dalam daun kemangi terkandung vitamin C, magnesium dan asam patotenat yang bisa membantu menyeimbangkan pikiran bagi ibu hamil yang mengalami stress saat menghadapi kehamilan.

Banyaknya manfaat yang terkandung di dalam daun kemangi membuat mengkonsumsi daun kemangi menjadi cara menstabilkan tekanan darah rendah yang memiliki dampak positif  baik bagi kesehatan ibu dan calon bayi.

  1. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol tentu saja memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang dikandung. Minuman beralkohol menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga menyebabakan dehidrasi. 

Sponsors Link

  1. Konsumsi jahe

Jahe merupakan tanaman yang ternyata berkhasiat menaikan tensi darah pada ibu hamil. khasiat jahe untuk darah rendah sangat terbukti ampuh dan aman di konsumsi untuk ibu yang sedang hamil. Selain menormal tekanan darah,  jahe mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh ibu hamil, sehingga membuat ibu hamil tidak mudah terserang penyakit.

  1. Mengkonsumsi bawang putih

Khasiat bawang putih untuk darah rendah sudah teruji dan tidak perlu diragukan lagi. Kandungan allicin yang ada di dalam bawang putih dapat membebaskan kolesterol yang menghambat produksi sel darah merah. Sedangkan senyawa nitrit oksidan yang berfungsi membunuh kolesterol jahat, sehingga membuat peredaran darah menjadi lancar.

  1. Mengkonsumsi air kelapa

Pohon kelapa merupakan tumbuhan yang diperkirakan berasal dari samudra hindia ini tentu tidak asing lagi mengingat indonesia yang merupakan negara tropis yang menjadikan pohon kelapa banyak kita temukan di sepanjang pesisir pantai indonesia.

Daging buahnya yang manis dan lembut, dan airnya yang segar sangat cocok sekali dinikmati di saat panas terik. Ternyata, khasiat kelapa untuk darah rendah dapat ibu hamil rasakan jika mengkonsumsi buah kelapa.

Sponsors Link

  1. Hindari duduk bersila

Dengan duduk bersila, membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar. sebaiknya ibu hamil menghindari posisi duduk bersila. Ibu hamil di anjurkan untuk duduk dengan posisi kaki menapak pada permukaan lantai.

  1. Mengatur pola makan sehat

Ini merupakan cara yang cukup sering dilakukan ibu hamil yang mengalami tekanan darah rendah. Mengkonsumsi makanan sehat sangat membantu sekali untuk menaikan tensi darah ibu hamil. Jenis makanan sehat yang bersumber dari sayuran, buah-buahan penambah darah, lauk pauk, selain menaikan tensi darah juga menjadi sumber nutrisi bagi janin yang sedang di dalam kandungan.

  1. Mengkonsumsi vitamin B12 dan asam folik

Kedua  unsur vitamin ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil yang sedang terkena tekanan darah rendah. Vitamin B12 dapat ditemukan pada makanan seperti ikan, olahan susu, serta keju. Sedangkan asam folik bisa di dapat dari sayur-sayuran berwarna gelap seperti brokoli dan bayam.

Itulah Cara Menaikkan Tensi Darah Bagi Ibu Hamil yang bisa dilakukan oleh ibu amil yang memiliki tekanan darah rendah. Namun perlu diperhatikan juga apabila tekanan darah mulai tinggi pun harus di stabilkan mengingat tingginya angka kematian ibu melahirkan yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah