Sponsors Link

10 Bahaya Anemia Apabila Tidak Diobati

Sponsors Link

Apabila Anda sering merasa lelah, mudah letih. lesu, nafas yang pendek, sakit pada bagian kepala dan dada, dan wajah terasa pucat, bisa jadi Anda adalah seorang penderita Anemia atau yang dikenal dengan penyakit kurang darah.

ads

Penyakit Anemia ini, meskipun umum dialami oleh seseorang, tetapi sebaiknya jangan dianggap sepele dan dibiarkan tanpa pengobatan dan perawatan dikarenakan bahaya Anemia yang mungkin ditimbulkan apabila berlangsung dalam waktu lama terus menerus.

Darah sendiri merupakan zat terpenting yang diperlukan oleh tubuh manusia dikarenakan fungsinya yang sangat krusial dalam memastikan semua organ di dalam tubuh dapat berfungsi dengan normal dan lancar tanpa gangguan.

Kadar darah dalam jumlah yang normal akan dapat memastikan asupan oksigen serta nutrisi ke organ-organ krusial seperti paru-paru, otak, dan jantung berjalan sebagaimana mestinya dan juga berfungsi dalam membantu pertahanan tubuh dari serangan virus, kuman, ataupun bakteri di dalam tubuh.

Pencegahan Anemia bisa dilakukan dengan bermacam cara, mulai dari melakukan olahraga yang rutin, istirahat cukup, memperhatikan pola makan, dan lain sebagainya yang bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit lainnya akibat penyakit anemia yang tidak diobati.

Beberapa gejala yang menandakan kalau Anda terkena penyakit Anemia antara lain adalah:

  • Mudah lelah
  • Badan terasa lemah, letih, lesu
  • Kulit pucat atau kekuningan
  • Detak jantung tidak teratur
  • Sesak napas
  • Pusing atau kepala terasa ringan
  • Sakit dada
  • Tangan dan kaki dingin
  • Sakit kepala

Dalam kondisi yang paling fatal, penderita Anemia akan diwajibkan menjalani prosedur transfusi darah yang sudah pernah kami bahas secara lengkap terkait cara melakukan transfusi darah dan juga cara transfusi darah pada manusia, serta beberapa manfaat transfusi darah dan juga bagaimana efek transfusi darah bagi tubuh manusia.

Beberapa bahaya yang berpeluang timbul akibat dari dibiarkannya serta tidak mengobati penyakit Anemia tersebut pada seseorang adalah sebagai berikur:

  1. Keletihan yang luar biasa

Kekurangan darah pada tubuh akan menyebabkan kita menjadi mudah letih, lemas, dan juga merasa lesu dan kalau dibiarkan akan semakin buruk kondisi tersebut sehingga kita bahkan tidak akan bisa mengerjakan pekerjaan sehari-hari.

Sponsors Link

  1. Komplikasi pada kehamilan

Anemia yang terjadi pada ibu hamil dapat mengakibatkan komplikasi, terutama apabila disebabkan oleh kekurangan folat pada tubuh  yang umumnya diperoleh dari makanan yang mengandung vitamin B9, dimana kemungkinan besar ibu hamil akan melahirkan secara prematur apabila tidak segera ditangani.

Tidak hanya itu saja, anemia pada ibu hamil juga akan  berdampak buruk pada bayi yang dilahirkan dimana bayi berisiko terkena penyakit Neural Tube Disease dan juga kelainan pada tulang belakang. Baca selengkapnya artikel kami mengenai penyebab Anemia pada ibu hamil untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini.

  1. Menurunnya sistem imun tubuh

Anemia terjadi dikarenakan kurangnya kandungan darah yang mengalir di dalam tubuh sehingga akan berdampak pada penurunan sistem imun tubuh yang sangat dibantu oleh sel darah yaitu sel darah putih dan juga trombosit.

  1. Kerusakan pada organ-organ krusial

Kurangnya asupan oksigen serta nutrisi ke organ-organ tubuh yang krusial seperti telah disebutkan sebelumnya apabila dibiarkan dalam waktu lama dan tidak diobati akan dapat mengakibatkan kerusakan dan menurunnya fungsi dari organ-organ tersebut.

ads

  1. Mudah radang dan bengkak

Ini masih terkait dengan menurunnya sistem imun dimana tanpa adanya sel darah putih yang cukup, maka pertahanan tubuh dari terjadinya inflamasi (peradangan) dan juga pembengkakan akan sangat menurun.

  1. Nyeri dan ereksi yang terus menerus

Apabila dibiarkan, penderita anemia akan sangat mungkin merasakan nyeri serta ereksi secara terus menerus pada area kemaluan pria yang dikenal dengan sebutan priapisme. Hal ini dikarenakan terjebaknya darah di area kemaluan akibat sel darah tidak sempurna yang biasa disebut dengan sickle cell anemia.

  1. Mudah sakit kepala

Sakit kepala terus menerus atau sering terjadi dikarenakan kurangnya asupan oksigen pada otak dikarenakan kurangnya sel darah merah di dalam tubuh yang bertugas mengantarkan oksigen tersebuit.

  1. Sering sesak napas

Sama seperti sebelumnya, dimana kurangnya sel darah merah pengantar oksigen terutama dalam hal ini adalah pada organ paru-paru yang mengakibatkan seringnya merasakan kesulitan untuk bernafas dan juga mudah ngos-ngosan.

  1. Kerusakan pada jantung

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi dalam memompa darah ke seluruh area di dalam tubuh tetapi juga sangat membutuhkan asupan oksigen dari sel darah merah yang masuk ke dalamnya, sehingga apabila suatu kondisi Anemia dibiarkan secara terus menerus, maka jantung akan kekurangan oksigen yang dalam waktu lama akan merusak organ jantung tersebut.

  1. Kematian

Mengingat betapa krusialnya peran darah untuk keberlangsungan fungsi organ-organ di dalam tubuh manusia, maka apabila anemia dibiarkan terjadi secara terus menerus dalam wktu lama tanpa pengobatan maka tentunya akan sangat meningkatkan risiko kematian dari si penderitanya, terutama apabila komplikasi pada organ jantung, paru-paru, dan juga otak sudah semakin parah.

Hal-hal diatas hanyalah beberapa dari sekian banyak bahaya anemia yang mungkin terjadi pada penderitanya, dan karena itulah sebaiknya Anemia tidak dibiarkan berlangsung lama tanpa pengobatan. Segera periksakan ke dokter dan ahli medis apabila keluhan-keluhan yang menjadi ciri Anemia dialami oleh Anda supaya dapat segera ditangani dan diberikan pengobatan yang tepat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah