Sponsors Link

8 Bahaya Myeloma yang Mengerikan dan Merusak Tubuh

Sponsors Link

Myeloma adalah kanker pada sel plasma yang sangat jarang terjadi. Walaupun jarang, myeloma ini berkembang pesat dan merusak hampir seluruh organ tubuh dalam waktu yang dekat. Selain itu, myeloma menyerang kaum pria dua kali lebih banyak daripada kaum perempuan.

ads

Meskipun begitu, myeloma tetap penyakit mematikan yang perlu dihindari dan dicegah. Karena myeloma sangat berbahaya dan menyerang langsung organ-organ vital di dalam tubuh. Seperti bahaya myeloma yang perlu Anda ketahui dan hindari dibawah ini:

  1. Adanya infeksi

Bahaya myeloma dapat membuat Anda mengalami infeksi lebih sering. Penderita myeloma ini sangat rentan mengalami infeksi karena sistem kekebalan tubuh yang tidak bekerja secara maksimal. Infeksi seperti infeksi saluran kemih, infeksi saluran pernapasan, hingga infeksi pada saluran pencernaan. Selain itu, infeksi ini rentan membuat Anda mengalami pendarahan, anemia, hingga nyeri pada tulang.

2. Anemia

Bahaya yang ditimbulkan myeloma yang selanjutnya adalah pengobatan penyakit anemia. Myeloma merupakan kanker yang membuat tubuh Anda sulit memproduksi sel darah murni karena banyaknya sel kanker yang berkembang. Hal ini tentu saja membuat sel darah merah jauh dari batas normal dibandingkan sel darah putih.

Selain itu, perbedaan anemia dan darah rendah juga sering membuat Anda pendarahan hingga merasa kelelahan. Pendarahan tersebut cukup membahayakn kondisi kesehatan Anda karena dapat berujung pada kematian atau serangan jantungan dadakan.

3. Hiperkalsemia

Hiperhalsemia adalah kadar kalsium dalam efek transfusi darah yang tinggi. Hiperkalsemia dapat terjadi karena gerakan berlebih pada kelenjar paratiroid yang mengatur kadar kalsium dalam darah. Saat Anda mengalami hiperkalsemia, Anda cenderung mengalami dehidrasi, dan hormon dalam tubuh yang lebih sedikit. Hiperkalsemia juga akan memperlambat pelepasan kalsium pada tulang, membuat Anda muntah lebih sering, haus berlebihan, lesu dan kelelahan hingga menurunnya konsentrasi dan fokus.

4. Gangguan Tulang

Karena myeloma menyerang sumsum tulang belakang, maka myeloma dua kali lebih sering merusak kinerja tulang dalam tubuh. Anda cenderung akan mengalami osteoporosis, penyakit paget ( kerusakan abnormal pada jaringan tulang ), osteogenesis imperfekta ( rentan patah tulang ), Mengalami kanker tulang, rakhitis ( tulang lemah ), osteomalasia, akromegali hingga osteomielitis atau infeksi tulang kronis. Ketika hal tersebut terjadi, kemungkinan terburuk adalah Anda akan mengalami stroke hingga kelumpuhan.

5. Hiperviskositas

Hiperviskositas adalah kondisi saat penyebab kanker darah tidak dapat mengalir melalu arteri secara bebas. Hiperviskositas memungkinkan Anda mengalami penyumbatan arteri karena sel darah merah, sel darah putih hingga kadar protein yang berlebih dalam darah. Saat Anda mengalami hiperviskositas, penyakit ini cenderung menganggu penglihatan Anda, menyebabkan vertigo, gagal jantung kronis, kejang hingga koma.

Sponsors Link

6. Kehilangan Berat Badan

Myeloma juga dapat membuat berat badan Anda turun secara drastis. Hal ini dipengaruhi oleh nafsu makan yang berkurang, mudah lelah, hingga sulit untuk beraktivitas ringan dan berat. Kehilangan berat badan ini akan membuat tubuh Anda berada dibawah batas berat normal. Dengan demikian, hal tersebut akan membuat Anda lebih sering berada dirumah sakit karena rentan mengalami gagal ginjal, kerusakan pada sistem perencanaan, hingga gangguan pernapasan kronis.

7. Gangguan Fungsi Ginjal

Gangguan fungsi ginjal sangat mungkin terjadi karena myeloma lebih cepat merusak kinerja organ tubuh vital melalui olahraga setelah donor darah dan tulang. Hal ini juga yang membuat Anda kehilangan nafsu makan dan berat badan yang menurun drastis. Ketika Anda tidak melawan dengan melakukan pengobatan, maka ginjal Anda akan semakin rusak dan tidak dapat berfungsi – Sehingga, Anda akan lebih sering melakukan cuci darah dari batas normal.

8. Kematian

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan, terlepas dari bahaya dari myeloma diatas, akhir dari kerusakan seluruh organ tubuh Anda adalah kematian. Karena ketika cara mencegah kanker darah, organ tubuh dan tulang Anda tidak lagi bekerja sebagaimana mestinya – hal tersebut akan berpotensi pada gagal jantung hingga kematian. Hal ini perlu diperhatikan dan sesegera mungkin Anda melalukan pengobatan rutin bersama dokter terkait penyakit ini.

Itulah beberapa bahaya myeloma yang mengerikan bagi tubuh Anda. Perhatikan kembali pola hidup dan pola makan Anda untuk mencegah berbagai macam penyakit menyerang tubuh Anda. Dan rutin melakukan pengecekan pada dokter akan membantu Anda melawan dan mengobati penyakit yang menganggu Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Myeloma