Sponsors Link

7 Bahaya Penyakit Anemia yang Mengerikan

Sponsors Link

Anemia merupakan sebuah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Anemia yang merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit pada sistem peredaran darah  ternyata memiliki dampak yang merugikan sekali di dalam tubuh apabila penyakit anemia dibiarkan saja dan tidak cepat untuk segera di obati. Seperti yang sudah kita ketahui, di dalam sel darah merah terkandung hemoglobin yang di butuhkan oleh organ-organ tubuh.

ads

Hemoglobin yang kayak akan oksigen dan zat besi ini akan di produksi oleh sumsum tulang belakang. Apabila kadar hemoglobin di dalam darah jumlahnya tidak normal, tentu saja akan menyebabkan organ-organ kekurangan oksigen yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Sering sekali pada kebanyakan orang penyakit anemia di sepelekan. Padahal, jika tidak di tangani dengan cepat dan tepat, bahaya anemia bisa sangat berbahaya dan menimbulkan kerugian terhadap diri penderitanya. Biasanya, beberapa tanda-tanda anemia bisa di lihat jika mengalami beberapa kondisi seperti cepat sekali merasakan lemah, merasakan sesak nafas, mengalami insomnia, hingga terjadi kepucatan di beberapa bagian tubuh seperti kelopak mata dan lidah.

Penyebab anemia pun sebenarnya bermacam-macam. Beberapa di antaranya seperti kekurangan zat besi, asam folat dan vitamin b12, sedang menderita penyakit kronis seperti leukimia, gagal ginjal, dan HIV, hingga terjadinya gangguan pada sumsum tulang belakang dalam memproduksi sel darah merah.

Mengingat penyakit anemia dapat di derita mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa hingga lanjut usia, maka perlu untuk mengetahui bahaya penyakit anemia agar kita semua dapat melakukan langkah pencegahan apabila terkena penyakit anemia ini nantinya.

Untuk itu, artikel kali ini akan coba membahas 7 bahaya penyakit anemia yang harus di kenali di antaranya adalah:

  1. Menghambat tumbuh kembang anak

Pada anak-anak, penyakit anemia bisa memberikan dampak buruk terhadap pertumbuhannya dan perkembangan anak. Hal ini si sebabkan karena ketika di dalam tubuh anak kekurangan hemoglobin yang membawa oksigen dan zat2 yang diperlukan tubuh,membuat pertumbuhan organ anak akan menjadi terhambat. Untuk mengatasi bahaya ini, salah satu langkah yang tepat dengan memberikan vitamin penambah darah kepada anak yang menderita anemia.

  1. Anak menjadi rentan terhadap penyakit

Bahaya penyakit anemia yang berikutnya jika penderita berasal dari kalangan anak-anak yaitu dapat membuat anak menjadi gampang terserang akan penyakit. Seperti yang sudah kita ketahui, sel darah merah di dalam tubuh seharusnya memiliki jumlah hemoglobin yang cukup dan kaya akan oksigen.

Jika jumlah Kandungan penting yang ada di dalam sel darah tidak normal, tentu saja akan memberi dampak negatif terhadap kinerja organ di dalam tubuh. Jika hal ini di biarkan saja dan tidak secepatnya di ambil tindakan yang tepat, akan membahayakan kesehatan organ di dalam tubuh dan membuat penderita rentan sekali terserang berbagai macam jenis penyakit.

  1. Resiko pendarahan setelah persalinan

Kali ini bahaya penyakit anemia yang bisa terjadi pada ibu hamil yaitu resiko akan terjadinya pendarahan setelah melakukan persalinan. Untuk mengatasi anemia pada ibu hamil, saat ibu mengalami kehamilan maka sebaiknya mengkonsumsi makan penambah darah dan beristirahat dengan cukup.

Sponsors Link

  1. Resiko bobot bayi terlalu rendah

Bahaya ini disebabkan kebutuhan suplai vitamin, nutrisi dan oksigen ke calon bayi tidak terpenuhi dengan baik di karenakan ibu mengidap penyakit anemia. hal ini menyebabkan pertumbuhan bayi yang ada di dalam kandungan terganggu dimana salah satu gangguan yang terjadi adalah bobot bayi ketika dilahirkan tidak normal atau dibawah standart.

  1. Gangguan jantung

Bahaya penyakit anemia berikutnya yaitu dapat menyebabkan gangguan pada fungsi jantung. jantung menjadi berdetak tidak beraturan karena darah yang sampai pada jantung tidak kaya akan hemoglobin. dampak anemia berkepanjangan ini akan menyebabkan jantung membesar karena beban kerja menjadi dipaksakan, hingga menambah resiko terjadinya gagal jantung.

Sponsors Link

  1. Kelelahan akut

Ini merupakan bahaya dari penyakit anemia yang tidak segera di tangani dan dibiarkan saja berlarut-larut. Penderita akan merasakan kelelahan yang sangat luar biasa, hingga tidak bisa beraktifitas. Tentu selain berbahaya, hal ini sangat merugikan sekali dan harus diambil tindakan yang tepat.

  1. Kematian

Memang bahaya yang satu jarang sekali terjadi. Namun, jika penyakit anemia berlarut larut dan tidak segera untuk di obati, akan membuat organ menjadi rusak dan menyebabkan komplikasi penyakit yang menjadi akut hingga menyebabkan kematian.

Itulah 7 bahaya penyakit anemia yang harus dikenali. tentu saja kita tidak ingin akibat  penyakit anemia yang berbahaya terjadi pada diri kita karena pada dasarnya, semua bahaya penyakit anemia yang sudah di jelaskan diatas tidak akan terjadi jika kita mengambil langkah-langkah pencegahan.

Adapun beberapa langkah pencegahan anemia yang dengan langkah   sederhana  bisa dilakukan yaitu rajin berolahraga dan beristirahat dengan cukup, mengkonsumsi makanan penambah darah, dan selalu menghindari stress.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah