Sponsors Link

6 Cara Cepat Menambah Trombosit Secara Alami Wajib Dicoba

Sponsors Link

Trombosit adalah sel darah yang berbentuk keping darah yang memegang peranan penting bagi tubuh. Fungsi trombosit utamanya adalah untuk membantu mekanisme pembekuan darah. Ketika tubuh kekurangan trombosit ini maka sistem kekebalannya akan berkurang.

ads

Dampak yang mungkin terjadi ketika produksi trombosit menurun dalam tubuh adalah rentan terkena penyakit tipus, demam berdarah, pendarahan di gusi, hidung, serta lambung atau yang paling umum pendarahan yang sulit untuk berhenti.

Karena peran trombosit yang sangat penting tersebut kekurangan trombosit dalam tubuh perlu diwaspadai. Ada kalanya kita tidak sadar bahwa trombosit dalam tubuh menurun, sehingga perlu dilakukan upaya untuk menambah trombosit tersebut ke level normal.

Kali ini tim dokterdarah akan mengulas cara menambah trombosit secara alami. Cara-cara di bawah ini dapat anda tempuh serta aman bagi tubuh dan tidak mengandung senyawa kimia karena menggunakan bahan-bahan seperti buah-buahan dan sayur atau minum susu penambah trombosit.

Berikut ini cara menambah trombosit secara alami yang perlu kita ketahui:

  • Buah Jambu Biji

Sepertinya buah ini sudah cukup terkenal digunakan sebagai upaya untuk menambah kadar trombosit yang turun. Anda dapat membuat jus jambu biji atau memakannya langsung. Konsumsi secara rutin karena kandungan vitamin C serta nutrisi alami dalam jambu biji dapat meningkatkan kadar trombosit anda.

  • Sayur Bayam

Yak, sayuran dengan berbagai manfaat ini juga ternyata dapat membantu anda menambah trombosit dalam tubuh. Bayam dipercaya kaya akan vitamin K yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menaikan trombosit kita.

Cara cepat menambah trombosit dengan menggunakan bayam juga cukup mudah karena cukup merebus daun bayam dengan air hingga sari-sarinya keluar. Sisa air rebusan dapat anda saring untuk kemudian dikonsumsi atau diminum setiap hari.

  • Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Kedua bahan ini juga patut anda pertimbangkan untuk menambah kadar trombosit dalam darah loh. Kandungan vitamin yang terdapat didalamnya sebut saja B9, K, D, serta fibrinogen yang membantu penyerapan kalsium dan membantu meningkatkan produksi trombosit dalam darah.

  • Hindari Makanan Tidak Sehat

Artinya tentu kita harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan baik untuk tubuh serta menghindari segala macam makanan yang tidak sehat seperti junkfood. Pola makan sehat akan sangat membantu tubuh dalam menyerap kalsium serta menunjang segala nutrisi yang dibutuhkan untuk memproduksi trombosit.

Sponsors Link

Produksi trombosit dalam sumsum tulang dapat menurun jika kita banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat termasuk gula dan kafein. Jangan sampai mengkonsumsi kedua makanan tersebut secara berlebihan.

  • Konsumsi Makanan Mengandung Asam Lemak Omega 3

Kandungan ini dapat anda temukan pada berbagai macam jenis ikan. Anda juga bisa menemukannya di minyak ikan atau minyak biji rami. Asam lemak omega 3 dapat meningkatkan kesehatan dan juga meningkatkan trombosit.

  • Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C

Cara meningkatkan kekuatan dan kekebalan tubuh juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi vitamin C atau suplemen yang mengandung vitamin C. Dengan cara tersebut anda dapat mendongkrak trombosit dengan cara alami.

Nah demikian contoh cara cepat menambah trombosit agar kita terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kekurangan trombosit dalam darah seperti trombositopenia. Pelajari pula gejala trombositopenia serta penyebab trombositopenia yang cukup berbahaya bagi tubuh.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah