Sponsors Link

6 Cara Memberhentikan Darah Setelah Cabut Gigi Paling Cepat dan Aman

Sponsors Link

Terdapat beberapa alasan yang mengharuskan seseorang untuk mencabut gigi. Biasanya cabut gigi dikarenakan oleh pergantian gigi susu menjadi gigi tetap pada balita atau anak-anak dan juga dapat dikarenakan adanya gigi yang rusak seperti gigi berlubang sehingga gigi tersebut harus dicabut.

ads

Cabut gigi biasanya akan menyebabkan pendarahan pada gusi. Perdarahan pada gusi setelah cabut gigi tentunya merupakan perkara yang normal. Biasanya pendarahan itu  berlangsung selama 2-3 jam pertama paska pencabutan gigi, setelahnya perdarahan masih dapat berlangsung hingga 24 jam namun lebih sedikit-sedikit.

Pendarahan gusi setelah cabut gigi barangkali akan membuat anda merasa terganggu. Untuk itu pada pembahasan kali ini, saya akan memberikan tips atau cara memberhentikan darah setelah cabut gigi. Apa sajakah itu? Simak ulasannya sebagai berikut:

1. Menggunakan Kain Kasa

Saat pendarahan gusi terjadi pasca cabut gigi, hal yang pertama yang bisa anda lakukan adalah menekan bagian gusi yang berdarah dengan kain kasa yang steril. Namun, usahakan untuk tidak menekannya terlalu keras karena hal ini bisa membuat pendarahan menjadi tambah parah.

Menggunakan kain kasa untuk menghentikan pendarahan biasanya adalah cara yang umum digunakan oleh kebanyakan orang. Jadi, anda tidak perlu ragu untuk melakukannya.

Dalam menggunakan kain kasa, usahakan untuk memilih kain kasa yang lembab karena hal ini akan membantu menyerap darah yang serta merangsang terjadinya proses pembekuan darah lebih cepat.

2. Berkumur-kumur

Berkumur-kumur dengan air bersih juga bisa menjadi salah satu upaya untuk menghentikan pendarahan gusi setelah cabut gigi. Berkumur akan membantu membersihkan gusi anda dan membantu menghilangkan efek darah kental yang keluar. Untuk itu, jika anda mengalami pendarahan setelah cabut gigi maka segeralah berkumur-kumur.

3. Kompres dengan Kantung Teh

Kantung teh juga bisa digunakan untuk mengompres area gusi yang mengalami pendarahan pasca cabut gigi.  Zat tannic acid yang terkandung dalam teh mampu menghambat pendarahan dan menjadi faktor penyebab pembekuan darah. Untuk itu, gunakan kantung teh bekas yang sudah didinginkan terlebih dahulu dengan cara menyelipkannya di lokasi gigi yang telah dicabut selama 30 menit.

4. Meninggikan Posisi Kepala

Menjaga posisi kepala agar tetap tinggi akan membuat aliran darah ke bagian tersebut berkurang akibat gaya gravitasi. Sehingga hal ini akan membuat pendarahan lebih cepat berhenti.

Sponsors Link

5. Hindari Mengkonsumsi Makanan Keras

Cara memberhentikan pendarahan setelah cabut gigi juga dapat diwujudkan dengan tidak mengkonsumsi makanan keras. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang lunak seperti puding, bubur, atau sup hangat yang tidak beresiko untuk melukai gusi anda. Selain itu, anda juga harus menghindari makanan atau minuman yang panas karena hal ini dapat menghambat pembekuan darah pada gusi.

6. Hubungi Dokter

Bila pendarahan pasca cabut gigi tetap terjadi melebihi batas normal maka anda disarankan untuk menghubungi dokter. Dokter tentunya akan memberikan obat yang dapat membantu anda untuk menghentikan pendarahan gusi yang anda alami. Selain itu, berkonsultasi ke dokter juga akan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memberhentikan darah setelah cabut gigi yang bisa anda terapkan. Semoga bermanfaat bagi anda sekalian, terima kasih!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan