Sponsors Link

6 Cara Memperlancar Peredaran Darah yang Tersumbat Paling Mudah

Sponsors Link

Peredaran darah yang tersumbat tentu saja sangat tidak baik bagi kesehatan karena berakibat darah tidak dapat mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi peredaran yang tersumbat ini dapat mengancam nyawa karena menghambat aliran darah ke jantung, otak dan paru-paru.

ads

Beberapa penyebab terjadinya penyumbatan pada peredaran darah adalah konsumsi makanan manis, asin dan berlemak serta jarangnya melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Jika peredaran darah yang tersumbat ini tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti penyakit arteri perifer, diabetes, vena varikosa dan penyebab darah menggumpal. Berikut dijelaskan cara memperlancar peredaran darah yang tersumbat.

  1. Olahraga Rutin

Tidak hanya baik bagi kesehatan, olahraga dengan teratur juga dapat memperlancar sistem peredaran darah dalam tubuh. Sebaliknya, orang yang jarang berolahraga akan mudah terserang penyakit pada sistem peredaran darah seperti gejala penyakit hemofilia karena memiliki kesehatan yang buruk. Selain memperlancar peredaran darah, olahraga juga dapat membantu memberi pasokan oksigen pada sel-sel kulit. Maka jangan heran jika orang yang senang dan rutin berolahraga mempunyai kulit yang sehat, kencang dan awet muda.

  1. Perhatikan Pola Makan

Sistem peredaran darah yang lancar dapat dibentuk dengan mempunyai gaya hidup sehat yang memperhatikan pola makan. Ada baiknya hindari makanan berkolesterol tinggi karena dapat membuat peredaran darah tersumbat. Sebaiknya gantilah dengan buah-buahan penambah darah dan sayuran penambah darah yang dapat mengurangi dampa negatif dari kolesterol jahat yang mengendap di aliran darah. Mengubah serta memperhatikn pola makan menjadi lebih sehat dan bergizi juga merupakan salah satu cara mengobati pembekuan darah yang paling ampuh dan manjur.

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Tidak hanya bagi perokok aktif, rokok juga tidak baik bagi perokok pasif. Hal ini berkaitan dengan banyaknya zat beracun yang terdapat dalam rokok seperti karbon monoksida, nikotin, aseton, arsen dan masih banyak lagi. Zat-zat beracun ini jika masuk ke dalam aliran darah karena dapat menyebabkan darah terkontaminasi. Kondisi ini mengakibatkan terjadinya penggumpalan dalam pembuluh darah sehingga aliran darah pun menjadi tersumbat atau tidak lancar bahkan dapat menyebabkan saluran darah pecah.

Supaya peredaran darah lancar, maka sangat dianjurkan bagi perokok aktif untuk menghentikan kebiasaan merokok. Sedangkan bagi perokok pasif, Anda dapat memastikan untuk jendela selalu terbuka ketika ada perokok aktif yang sedang merokok. Selain itu ada baiknya menyarankan perokok aktif untuk tidak merokok dalam ruangan AC. Kebiasaan merokok juga merupakan salah satu faktor penyebab pembekuan darah atau Deep Vein Thrombosis (DVT).

  1. Konsumsi Makanan yang Dapat Melancarkan Peredaran Darah

Di sekitar Anda banyak terdapat makanan yang dapat membantu melancarkan peredaran darah seperti kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, cokelat hitam, bayam, paprika dan masih banyak lainnya. Dengan mengonsumsi makanan alami pengencer darah tersebut tentunya aliran darah Anda menjadi lancar dan tidak tersumbat lagi.

Sponsors Link

  1. Terapi Totok Darah

Cara memperlancar peredaran darah yang tersumbat adalah dengan melakukan terapi totok darah. Jenis pengobatan alternatif satu ini mengandalkan penekanan pada titik saraf tubuh tertentu yang dapat membuat aliran darah menjadi lancar.

  1. Terapi Tertawa

Selain terapi totok darah, ada juga terapi tertawa yang dapat memperlancar sistem peredaran darah. Hal ini berdasarkan penelitian bahwa tertawa ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama membantu mengatasi peredaran darah yang tersumbat.

Gerakan visual dan phonic yang Anda lakukan saat tertawa dapat merangsang gerakan otot yang akibatnya dapat meningkatkan peredaran darah. Dengan demikian maka darah dapat menjalankan fungsinya yakni menyalurkan oksigen ke seluruh anggota tubuh. Terapi tertawa dapat Anda lakukan dengan menonton film komedi yang memudahkan Anda tertawa. Tidak hanya memperlancar perdaran darah, terapi tertawa ini juga dapat mengurangi terjadinya stres.

Itulah 6 cara memperlancar peredaran darah yang tersumbat. Dengan sirkulasi darah yang normal tentunya akan membuat tubuh menjadi sehat dan jauh dari berbagai penyakit. Oleh sebab itulah maka pastikan agar peredaran Anda selalu normal dan lancar agar dapat menjalankan fungsinya.

Sponsors Link
, , ,