Sponsors Link

5 Cara Mencegah Myeloma yang Dapat Anda Lakukan

Sponsors Link

Myeloma merupakan salah satu penyakit kanker yang menyerang sel gejala kanker darah melalui sumsum tulang belakang. Penyakit ini biasanya disebarkan oleh gaya hidup, pola makan, kebiasaan sehari-hari, hingga penyebaran melalui genetik. Ciri-ciri Myeloma merupakan kanker yang dapat menyebabkan akumulasi sel kanker pada sumsum tulang belakang manusia sehingga jumlah sel kanker akan dua kali lebih banyak daripada sel darah bersih.

ads

Oleh karena itu, untuk menghindari myeloma – Anda perlu melakukan pencegahan yang benar dan tepat agar terhindari dari salah satu jenis kanker darah ini serta penyakit lainnya. Berikut ini cara mencegah myeloma yang perlu Anda ketahui:

  1. Melakukan diet

Salah satu cara mencegah myeloma ialah dengan menetapkan program diet. Mengapa diet? Karena melakukan diet, kita akan cenderung menjaga pola makan kita menjadi lebih sehat atau vegetarian seperti mengonsumsi tomat, sayuran, ikan, vitamin A, dan sebagainya.

Dengan begitu, menjalankan program diet akan membuat kita terhindar dari obesitas. Karena pada beberapa penelitian mengatakan bahwa obesitas memiliki resiko dua kali lebih tinggi dalam mengidap multiple myeloma dan penyakit lainnya.

Untuk menjalankan program diet, sebaiknya mengonsumsi buah dan sayuran, biji-bijian asli, membatasi daging, mengatur porsi makan, dan menghindari minuman bersoda dan menghindari makanan siap saji.

2. Tidak Merokok

Cara mencegah kanker myeloma selanjutnya ialah hindari rokok. Jika Anda merokok atau berada pada lingkungan yang penuh dengan asap rokok, sebaiknya dihindari. Karena rokok merupakan penyebab atau faktor terbesar yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Terlebih pada perokok pasif yang memiliki tingkat resiko lebih tinggi dibandingkan perokok aktif. Selain itu, pada kemasan rokok pun telah tercantum peringatan tersebut.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga memang sangat bagus bagi tubuh untuk dilakukan, baik dari dalam maupun dari luar. Selain membentuk tubuh dan menjaga tubuh tetap fit, berolahraga juga akan menjaga kesehatan tubuh kita dari dalam. Seperti lari di pagi hari selama 30 menit yang akan membantu menjaga kestabilan imun Anda. Walaupun terdengar sulit, berolahraga secara rutin akan menjaga kesehatan tubuh Anda dan mencegah Anda terserang myeloma maupun penyakit lainnya.

4. Gaya Hidup

Dengan memperhatikan gaya hidup Anda, akan membantu Anda mencegah obat tradisional kanker darah. Salah satu cara mencegah penyakit ini, akan meningkatkan presentase kehidupan Anda ketika Anda melakukan pola hidup yang sehat.

Pola hidup yang sehat ini seperti tidak tenggelam dalam pergaulan bebas, memakai obat-obatan terlarang, mengonsumsi alkohol hingga terlalu sering terkena angin malam. Hal tersebut akan memicu timbulnya infeksi di dalam tubuh Anda dan meningkatkan resiko terkena komplikasi penyakit seperti HIV/AIDS, dan penyakit pada organ vital.

5. Hindari Polusi Udara

 Ternyata, polusi udara dapat memicu tumbuh dan berkembangnya sel kanker di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh – menurut WHO – polusi lingkungan mengandung bahan kimia karsinogenik yang dapat memicu penyebab kanker darah.

Polusi ini pun dapat mengontaminasi makanan yang Anda makan, untuk itu sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam menyimpan makanan. Serta polusi tipe ini pun terdapat pada asap rokok, dan sangat berbahaya pada perokok pasif.

Dengan demikian, cara mencegah myeloma yang perlu Anda perhatikan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar terbebas dari penyakit yang berbahaya. Lakukanlah secara rutin, dan sebaiknya Anda melakukan diagnosa pada dokter sejak dini – mengenai kesehatan – agar Anda dapat melakukan persiapan dari awal. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Myeloma