Sponsors Link

6 Cara Mencegah Pembuluh Darah Pecah Sangat Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Di dalam tubuh manusia, kerja organ tubuh tidak lepas dari peran penting pembuluh darah yang membawa oksigen dan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Pembuluh darah atau bahasa lain lebih dikenal dengan sebutan urat ini, memiliki 3 jenis yaitu arteri yang memiliki tugas membawa darah yang berasal dari jantung, kapilier yang berfungsi menjadi tempat bertukarnya air dan zat kimia lainnya di antara darah dan jaringan, dan vena yang bertugas membawa darah yang berasal dari kapilier untuk di kembalikan ke jantung.

ads

Dalam satu hari, pembuluh darah bekerja mengalirkan darah ke semua organ tubuh sebanyak kurang lebih 6800 liter per harinya. Karna tugas pembuluh darah yang penting dan berat ini, apabila terjadi gangguan terhadap pembuluh tentu saja bisa akan berakibat buruk terhadap kesehatan. Penyebab pembuluh darah pecah juga harus kita ketahui agar dapat diambil tindakan cepat untuk mengatasinya.

Penyakit tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyebabkan pembuluh darah pecah dari sekian banyak penyakit. Ada beberapa penyebab dari penyakit tekanan darah tinggi di antaranya tekanan darah tinggi akibat obesitas, tekanan darah tinggi akibat stress, hingga  tekanan darah tinggi akibat kurang tidur. Jika kondisi penyakit tekanan darah tinggi ini semakin parah, bisa menjadi penyakit yang mengharuskan cuci darah. Adapun beberapa penyakit yang berpotensi menyebabkan pembuluh darah pecah antara lain penyakit angiopati, aneurisma, tumor otak, cidera pada bagian kepala, penyakit hati, dan kelainan darah.

Pembuluh darah dapat pecah di beberapa tempat, salah satunya di otak. Saat terjadi pecahnya pembuluh darah di ini dapat dilihat dari beberapa gejala seperti mual, muntah-muntah, sakit kepala yang hebat, hilangnya kesadaran, mengantuk, dan memiliki masalah dalam membaca, menulis dan bicara. Pembuluh darah di otak dapat menyebabkan stroke.

Bila kondisi ini terjadi, pasien harus cepat dibawa ke rumah sakit agar dapat ditangani dengan cepat sehingga tidak terjadi hal yang lebih buruk. Pasien yang mengalami pecah pembuluh darah di otak biasanya jika bisa diselamatkan akan tetap mengalami gangguan sensorik seperti kesulitan bicara, kejang-kejang, sakit kepala, dan masalah ingatan.

Melihat betapa berbahayanya jika pembuluh darah didalam tubuh pecah, berikut ada beberapa cara mencegah pembuluh darah pecah yang sangat mudah dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Berolahraga

Dengan berolahraga, akan membuat peredaran darah di dalam tubuh menjadi lancar dan stabil. olahraga sebaiknya dilakukan setiap hari selama 1-2 jam. Selain mencegah pecahnya pembuluh darah, melakukan olahraga membuat tubuh lebih segar,tidak mudah terserang penyakit dan menjaga berat badan tubuh anda.

  1. Berhati-hati dalam berkendaraan

Kecelakaan dalam berkendaraan dapat menyebabkan cidera pada bagian kepala yang bisa menyebabakan pecahnya pembuluh darah. Mengingat tingginya angka kecelakaan lalu lintas, tidak ada salahnya lebih berhati-hati dan jangan melakukan pelanggaran lalu lintas agar tidak terjadi kecelakaan. Bagi pengendaraan sepeda motor, jangan lupa untuk menggunakan helm sebagai pelindung kepala agar dapat mengurangi resiko pecah pembuluh darah ketika terjadi benturan.

Sponsors Link

  1. Menjaga tekanan darah selalu stabil

Menjaga tekanan darah selalu stabil penting agar tidak terkena penyakit hipertensi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, penyakit hipertensi atau lebih dikenal dengan penyakit tekanan darah tinggi adalah penyakit yang paling sering menyebabkan pembuluh darah pecah. Berusahalah untuk tidak mudah stress dan cepat emosi dengan melakukan rileksasi agar syaraf tidak tegang dan tekanan darah tidak naik. karena jika bila sampai itu terjadi bisa menyebabakan pembuluh darah di dalam tubuh pecah.

  1. Menjaga pola makan

Cara Mencegah Pembuluh Darah Pecah  selanjutnya yaitu menjaga pola makan sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh. Beberapa cara yang bisa dilakukan seperti dengan cara mengkonsumsi bawang putih untuk hipertensi, mengkonsumsi buah penurun darah tinggi , dan mengurangi konsumsi garam. Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat mengganggu kadar natrium alami di dalam tubuh. Itulah sebabnya kenapa garam bisa menyebabkan hipertensi.

Sponsors Link

  1. Hidup sehat

Mulailah untuk menjalankan pola hidup sehat. karna kesehatan merupakan kunci utama dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Pola hidup sehat ini bisa dimulai dari meninggalkan beberapa kebiasaan jelek seperti berhenti mengkonsumsi alkohol, berhenti merokok, beristirahat dengan cukup, selalu ceria menyambut hari dan menumbuhkan perasaan senang di dalam diri. Dengan menerapkan cara ini akan membuat diri anda menjadi sehat. karena kesehatan yang sebenarnya berasal dari tubuh dan jiwa yang baik.

  1. Pengobatan alternatif bekam

Yang terakhir hal yang bisa dilakukan untuk mencegah pembuluh darah pecah dengan mencoba pengobatan alternatif bekam. Pengobatan ini akan mengeluarkan darah dari tubuh menggunakan alat seperti mangkuk. Dengan keluarnya darah dari dalam tubuh, akan menormalkan tekanan darah. Pengobatan alternatif bekam ini juga darah kotor yang mengandung sisa kolesterol yang berpotensi menyebabakan darah menggumpal sehingga terjadi penyumbatan pembuluh darah.

Itulah beberapa cara mencegah pembuluh darah pecah yang mudah dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pencegahan ini hendaknya dapat dilakukan sedini mungkin, agar kelak tidak timbul penyesalan dikemudian hari. Seperti pepatah yang mengatakan mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.  Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan berguna bagi para pembaca.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah