Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Anemia saat Haid Paling Efektif

Sponsors Link

Banyak wanita yang menjelang haid, biasanya akan sering mengalami gejala berupa nyeri pada perut, juga mengalami perubahan pada suasana hati yang mulai naik turun. Namun, ada juga yang mulai mengalami sakit kepala atau biasanya, itu ada kaitannya dengan gejala anemia saat haid.

ads

Itu sebabnya, anda harus perhatikan beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi anemia saat haid. Anda juga bisa lihat cara mengatasi masalah haid tidak teratur secara alami yang bisa anda perhatikan juga.

  • Mengkonsumsi makanan zat besi

Cara yang paling efektif untuk mengatasi anemia saat haid, adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Dan lengkapi dengan konsumsi suplemen zat besi. Jenis makanan yang banyak mengandung zat besi adalah daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, sayuran hijau, tahu, telur, dan hati sapi.

Jika anda banyak makan, makanan yang mengandung banyak zat besi, ini bisa bantu anda saat haid, namun mengalami anemia. Anda juga bisa lihat bahaya penyakit anemia yang mengerikan yang juga bisa bantu anda dalam hal ini.

  • Kurangi minum berkafein saat makan

Jika saat sesudah makan, anda sering memesan es teh manis, atau minuman berkafein tinggi lainnya di saat makan berat, sebaiknya itu harus di hindari, jika anda tidak mau terkena anemia saat haid. Karena minum berkafein itu, jika di konsumsi secara bersamaan, maka bisa menurunkan penyerapan zat besi dari makanan yang anda makan.

  • Lakukan aktivitas fisik

Saat haid, perbanyaklah gerak, dan jangan takut untuk melakukan aktivitas fisik yang lama sekalipun. Misalnya bergerak untuk membersihkan rumah, mencuci baju, atau naik turun tangga setiap hari, dan jalan kaki minimal 30 menit sehari.

Anda juga bisa lihat cara mencegah Myeloma yang dapat anda lakukan yang juga bermanfaat bagi anda. Jika anda melakukan aktivitas fisik ini, anda bisa terhindar dari anemia, saat haid.

  • Makan sayur dan buah

Setiap wanita memang di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah dan sayur. Itu sebabnya, jika anda mengalami anemia saat haid, itu tandanya anda kekurangan makanan yang mengandung serat yang tinggi.

Sayuran dan buah adalah makanan yang ampuh untuk mengatasi anemia. Sayur yang bisa membantu mengatasinya adalah sayuran hijau, dan buah yang bisa membantu mengatasinya adalah, jeruk.

Sponsors Link

  • Gunakan pilKB yang sesuai

Bagi perempuan yang ingin ber-KB, dokter seringkali memberi rekomendasi dengan mengkonsumsi pil KB yang mengandung zat besi untuk mengatasi dan mencegah terjadinya gejala anemia dan membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh, terutama bagi anda yang memiliki riwayat anemia.

Mengingat ada banyak pil KB yang sudah di lengkapi dengan suplemen zat besi, yang bisa membantu mencukupi kebutuhan zat besi dan mencegah anemia jenis ini.

Namun, anda juga perlu perhatikan, bahwa untuk selalu mencukupi asupan nutrisi dan cairan saat berbuka dan sahur, anda juga yang selalu penting adalah, anda harus mengkonsultasikan terlebih dahulu masalah ini, pada dokter yang memang sudah anda percayai.

Karena, jika ingin minum pil KB untuk mengatasi anemia, dan mengandung banyak zat besi, itu harus di pertanyakan terlebih dahulu pada ahlinya. Itu dia  Cara Mengatasi Anemia saat Haid dijamin paling efektif dibanding cara lainnya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Anemia