Sponsors Link

17 Cara Mengatasi Darah Rendah Secara Alami

Sponsors Link

Kehidupan yang sehat adalah idaman semua orang. Kehidupan sehat harus terdiri dari keseimbangan fungsi dari tubuh dan jiwa. Dengan kata lain, tubuh yang sehat harus disertai dengan proses tubuh yang sehat dan ketenangan jiwa yang baik. Keseimbangan proses tubuh ini dapat Anda dapatkan jika seluruh komponen fisik di dalam tubuh Anda bekerja dengan optimal dan dalam kondisi yang prima. Dalam hal ini, semua komponen tubuh memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan di dalam tubuh manusia.

ads

Di dalam komponen tubuh manusia, salahs satu hal yang memegang peranan penting di dalamnya ialah darah. Darah adalah salah satu komponen yang dapat menentukan kesehatan tubuh manusia seperti: keseimbangan sistem regulasi tubuh manusia, keseimbangan sistem metabolisme tubuh, keseimbangan sistem hormonal dan sistem lainnya. Oleh karena itu, Anda harus menjaga keadaan darah Anda sehingga tetap prima sehingga dapat menjalankan fungsinya dengan sangat baik.

Sistem peredaran darah sendiri terkadang mengalami berbagai macam masalah yang bisa mengganggu sistem di dalam tubuh Anda. Gangguan sistem peredaran darah ini memiliki banyak macam dan bentuk. Namun demikian, secara umum gangguan sistem peredaran darah ini terkategorikan ke dalam 2 nama penyakit, yaitu: tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tekanan darah rendah (hipotensi). Kedua penyakit ini amat berbahaya bagi pengidapnya sehingga Anda perlu berhati-hati akan kehadirannya.

Kedua penyakit di atas merupakan penyakit yang mengganggu sistem regulasi darah di dalam kehidupan manusia. Gangguan yang diberikan kedua jenis penyakit ini mencakup gangguan peredaran darah, gangguan penyebaran nutrisi atau sari-sari makanan, gangguan sistem aliran cairan tubuh dan gangguan-gangguan lain yang sejenis. Berbagai gangguan ini akan sangat mempengaruhi berjalannya sistem lain di dalam tubuh manusia.

Salah satu gangguan sistem regulasi darah yang dapat mengganggu sistem di dalam tubuh manusia antara lain ialah  penyakit tekanan darah rendah. Penyakit darah rendah – atau yang lebih familiar dikenal sebagai hipotensi – adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya jumlah darah yang beredar di dalam tubuh sehingga menyebabkan tekanan darah kepada dinding-dinding pembuluh darah sangat jauh berkurang.

Penyakit tekanan darah rendah dapat mengenai dan dialami oleh siapapun tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Semua manusia memiliki potensi atau faktor risiko terhadap kehadiran penyakit ini sehingga kita semua harus berhati-hati akan kehadiran penyakit ini. Jika Anda tidak mewaspadai kehadiran penyakit tekanan darah rendah maka Anda akan mengalami dampak yang lebih buruk daripada penyakit tekanan darah rendah itu sendiri.

Untuk mengetahui apakah tubuh Anda sedang di dalam kondisi yang prima atau tidak maka Anda perlu melakukan pemeriksaan darah secara rutin. Selain itu, pemeriksaan rutin juga harus Anda lakukan supaya Anda selalu tahu bahwa kesehatan Anda selalu terjaga. Kesehatan badan – terutama kesehatan darah – adalah suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan Anda.

Dengan keberadaan penyakit tekanan darah rendah menandakan bahwa tubuh Anda tidak sedang berada di kondisi yang baik. Penyakit tekanan darah rendah menjadikan kualitas kehidupan Anda berkurang dan membuat beberapa bahkan keseluruhan fungsi di dalam tubuh Anda terganggu. Jika sudah demikian maka Anda perlu mencari tahu cara mengatasi darah rendah yang paling tepat bagi Anda.

Namun demikian, sebelum Anda menemukan cara untuk mengatasi darah rendah yang tepat, Anda perlu mengetahui terkait penyebab penyakit darah rendah. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui gejala serta tanda-tanda kehadiran tekanan darah rendah. Dengan mengetahui segala hal tentang hal ini maka Anda bisa memperkirakan langkah-langkah atau cara untuk mengatasi darah rendah.

Kenali Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah adalah suatu penyakit atau gangguan yang terjadi di dalam sistem peredaran darah manusia. Gangguan sistem peredaran darah manusia yang satu ini merupakan kebalikan dari gangguan atau penyakit darah tinggi. Perbedaan keduanya sudah tampak jelas dari namanya. Namun demikian, secara lebih spesifik perbedaan antara tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi terletak pada fokus penekanan darah kepada dinding pembuluh darah.

Penyakit tekanan darah rendah merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh rendahnya tekanan yang diberikan oleh darah kepada dinding pembuluh darah. Tekanan darah kepada dinding pembuluh darah adalah suatu hal sangat penting. Tekanan normal yang diberikan oleh darah kepada dinding pembuluh darah merupakan sebuah daya yang membuat darah bisa mengalir ke seluruh tubuh setelah dipompa oleh jantung.

Sponsors Link

Rendahnya tekanan darah kepada pembuluh darah ini menunjukkan adanya masalah yang terjadi di dalam aliran darah. Pada umumnya, rendahnya tekanan darah di dalam tubuh disebabkan oleh kurangnya jumlah darah yang mengalir di dalam pembuluh darah. Jumlah yang minim atau sedikit dari darah yang mengalir di dalam pembuluh darah membuat darah tidak mampu memberikan tekanan yang sesuai dengan nilai batas minimum kepada permukaan pembuluh darah. Oleh sebab itu, Anda perlu menyadari bahwa tekanan darah adalah suatu hal yang penting.

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, tekanan darah merupakan suatu hal yang sangat penting bagi tubuh manusia. Tekanan darah yang memiliki nilai normal akan memberikan daya bagi terserapnya nutrisi penting bagi tubuh oleh pembuluh darah. Selain itu, tekanan darah yang normal akan memberikan daya bagi darah itu sendiri untuk melakukan regulasi atau perputaran di seluruh tubuh manusia untuk mengalirkan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh itu sendiri.

Suatu tekanan darah yang normal harus berada pada nilai 120/80 mmHg. Tekanan darah ini merupakan sebuah nilai tekanan darah jika Anda ingin darah Anda bisa mengalirkan segala bentuk nutrisi penting bagi tubuh Anda. Namun demikian, pada kasus penyakit tekanan darah rendah, darah Anda tidak bisa menekan dinding permukaan pembuluh darah pada jumlah atau nilai yang sesuai standar tersebut. Oleh sebab itu, nilai tekanan yang rendah ini akan menimbulkan banyak masalah bagi tubuh manusia.

Seiring dengan perkembangan waktu, penyakit tekanan darah rendah akan menimbulkan gangguan atau gejala-gejala kepada penderitanya. Gejala-gejala tekanan darah rendah ini harus Anda sadari kedatangannya karena dengan menyadari gejala-gejala tekanan darah rendah maka Anda sudah separuh jalan dalam menangani penyakit tekanan darah rendah yang mungkin akan menyerang Anda di kemudia hari.

Keberadaan gejala-gejala tekanan darah rendah ini sangat beraneka ragam. Tekanan darah rendah memberikan tanda-tanda penyakit di dalam segi fisiologis dan psikis dari penderitanya. Adapun tanda atau gejala-gejala penyakit tekanan darah rendah, antara lain:

  • Timbul degupan denyut jantung yang semakin kencang dan kuat disertai dengan perasaan lemas atau lesu;
  • Terjadi lemas otot atau sistem persendian tubuh untuk beberapa saat karena adanya kekurangan asupan darah yang didapatkan;
  • Perasaan mual berkepanjangan (dalam waktu yang cukup konstan);
  • Kehilangan sistem keseimbangan tubuh dalam waktu yang cukup lama atau sejenak karena rasa pusing berkepanjangan;
  • Wajah terlihat pucat karena kekurangan asupan darah ke otak;
  • Pandangan buram dan sulit untuk melihat (cenderung berkunang-kunang);
  • Terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh karena kurangnya asupa darah di dalam tubuh;
  • Pingsan atau collapse karena kurangnya suplai oksigen ke otak

Kemunculan gejala-gejala darah rendah di atas merupakan sebagian kecil dari tanda tekanan darah rendah. Masih ada beberapa tanda-tanda yang menyertai penyakit tekanan darah rendah. Anda perlu mempelajari semua gejala tekanan darah rendah sehingga Anda akan mengetahui cara penanganan tekanan darah rendah dengan lebih baik.

Cara Mengatasi Darah Rendah Bagi Anda

Penyakit darah rendah merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mengganggu kegiatan manusia. Kehadiran penyakit ini membuat setiap orang yang mengidapnya akan kehilangan daya dan tenaga untuk melakukan kegiatan sehari-harinya. Selain itu, dengan adanya penyakit darah rendah maka akan timbul berbagai hal buruk lain yang bisa timbul di dalam hidup manusia, seperti: anemia, lemas tubuh hingga kematian.

Mengatasi penyakit darah rendah harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Penyakit tekanan darah tidak dapat Anda selesaikan atau tuntaskan secara sembarangan. Penanganan penyakit ini harus dilakukan dengan langkah yang sangat berhati-hati. Oleh sebab itu, Anda perlu mempelajari cara untuk mengatasi darah rendah bagi Anda.

Pada dasarnya, mengatasi darah rendah akan terbagi ke dalam dua kelompok besar. Cara pertama ialah cara medis dimana komponen pengobatan utamanya ialah menggunakan obat-obatan yang mengandung unsur kimiawi. Pengobatan dengan metode ini sangat efektif jika Anda ingin sebuah pengobatan yang cepat. Namun demikian, pengobatan medis juga memiliki kelemahan dalam hal efek sampingnya terhadap tubuh Anda.

Cara kedua yang dapat Anda terapkan sebagai suatu langkah untuk mengurangi atau mengatasi darah rendah adalah dengan cara herbal atau alami. Cara ini lebih mengutamakan bahan-bahan alam sebagai obat untuk mengatasi darah rendah. Selain pengobatan, cara alami untuk mengobati darah rendah adalah dengan cara mengubah pola atau cara hidup. Perubahan pola atau cara hidup ini akan menurunkan gejala darah rendah Anda sedikit demi sedikt.

Namun demikian, pengobatan darah rendah secara medis dan alami harus berjalan secara berdampingan. Kombinasi pengobatan – baik secara medis atau medis – akan menghasilkan khasiat yang sangat baik bagi tubuh Anda. Oleh sebab itu, berikut adalah cara untuk mengatasi darah rendah yang sesuai bagi Anda:

ads
  1. Melakukan Diet Seimbang Untuk Mengatur Pola Makan

Hal pertama untuk menerapkan cara untuk mengatasi darah rendah pada diri Anda ialah melakukan diet yang seimbang. Diet seimbang yang diimaksudkan di sini ialah suatu jenis diet atau pengaturan pola makan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh. Dengan kata lain, diet seimbang ialah mengatur jumlah makanan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sehingga jumlahnya tidak terlalu sedikit ataupun terlalu banyak untuk tubuh Anda.

Diet seimbang merupakan bagian dari pengaturan pola makan. Pola makan harus diatur untuk mengatasi darah rendah. Hal ini sangat penting dilakukan karena dengan adanya pengaturan pola makan maka Anda akan mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang sesuai dengan yang tubuh Anda butuhkan dalam mengatasi persoalan darah rendah.

  1. Menambah Cairan Tubuh (Lebih Rajin Untuk Minum)

Salah satu penyebab terbesar dari tekanan darah rendah ialah kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Kekurangan carian tubuh ini membuat darah tidak dapat mengalir dengan sempurna karena kekurangan salah satu komponen utamanya, yaitu plasma darah. Keberadaan plasma darah ini sangatlah penting karena dengan plasma darah lah cairan darah dapat mengalir dengan sebaik-baiknya.

Anda bisa memulai cara mengisi cairan tubuh Anda dengan cara mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Rata-rata kebutuhan air putih seseorang ialah 2 liter atau sebanyak 8 gelas per hari. Dengan jumlah ini maka dapat dipastikan bahwa kebutuhan air putih Anda akan tercukupi.

  1. Menghindari Penggunaan Alkohol

Alkohol merupakan suatu zat yang memiliki manfaat bagi manusia jika digunakan dengan baik. Namun demikian, jika penggunaan alkohol sudah disalah gunakan atau digunakan melebihi ketentuannya maka alkohol justru akan membawa dampak negatif bagi Anda. Salah satu dampak negatif dari pemakaian alkohol dalam jumlah yang berlebih ialah datangnya penyakit tekanan darah rendah. Keberadaan penyakit ini tentunya sangat merugikan Anda karena Anda tidak bisa melakukan kegiatan seperti biasanya.

  1. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Olahraga

Kegiatan lain yang memiliki manfaat mengatasi darah rendah pada manusia ialah melakukan olahraga secara teratur. Olahraga yang teratur ini harus ditentukan dengan jelas kuantitas dan kulitasnya. Kualitas olahraga yang baik akan membuat manusia semakin kuat dalam menjalani kegiatannya sehari-hari. Sementara itu, kuantitas olahraga yang cukup bagi tubuh akan membuat tubuh Anda terlatih.

Manfaat olahraga yang teratur juga dapat Anda rasakan sebagai metode mengatasi permasalahn darah rendah yang Anda miliki. Dengan berolahraga secara teratur maka tubuh akan semakin kuat serta oksigen akan lebih mudah terserap. Dengan demikian, darah akan semakin sehat dan kualitasnya meningkat.

  1. Menghindari Panas Terik Matahari

Salah satu hal yang wajib Anda hindari jika Anda memiliki tekanan darah rendah ialah panas terik matahari. Panas terik matahari akan membuat Anda merasa semakin pusing dan lemas saat menjalani kegiatan sehari-hari. Sinar matahari akan memicu kemunculan gejala dan tanda-tanda penyakit tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, Anda wajib menghindari sinar matahari yang terlalu terik untuk menghindari kambuhnya penyakit tekanan darah tinggi di dalam diri Anda.

  1. Mengatur Pola Istirahat (Tidur dan Bangun)

Istirahat merupakan suatu hal yang sangat penting bagi diri manusia. Istirahat adalah suatu kegiatan melemaskan dan membuat otot-otot tubuh rileks dalam jangka waktu tertentu. Istirahat akan memberikan kesempatan kepada badan dan jiwa Anda melakukan pembaharuan atas kelelahan yang telah terjadi selama sepanjang hari. Selain itu, istirahat juga dapat menjadi sebuah sarana atau cara untuk mengatasi darah rendah yang Anda miliki.

Dengan beristirahat, tubuh Anda – sesuai yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya – akan mendapatkan kesempatan meregenerasi hal-hal yang sudah rusak. Salah satu hal yang dibenarkan saat Anda merasa lelah lalu beristirahat ialah faktor risiko penyakit darah rendah.

  1. Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Sodium

Jika di dalam penyakit tekanan darah tinggi penggunaan atau konsumsi sodium sangat dilarang atau dibatasi maka di dalam cara mengatasi darah rendah penggunaan sodium justru sangat dianjurkan. Sodium adalah zat yang berada dalam garam-garaman bersamaan dengan natrium. Penggunaan sodium sebagai obat atau metode mengatasi darah rendah didasarkan pada sifat garam yang akan cenderung menempel di dinding pembuluh darah. Dengan menempel ke dinding pembuluh darah maka darah akan semakin mudah menekannya.

  1. Sering Melakukan Stretching

Sama seperti melakukan olahraga yang rutin, melakukan peregangan atau stretching merupakan salah satu cara untuk melonggarkan pembuluh darah. Tujuan dari hal ini ialah agar darah dapat mengalir dengan lebih baik. Jika darah dapat mengalir dengan lebih baik maka tubuh tidak akan mengalami tekanan darah rendah lagi.

  1. Mengatur Kegiatan atau Kebiasaan Makan

Sama halnya dengan pengaturan pola makan, mengatur kegiatan makan merupakan salah satu cara mengatasi darah rendah. Cara ini merupakan salah satu metode atau langkah untuk mendisiplinkan waktu serta pola makan yang dilakukan oleh seseorang. Hal utama yang wajib diingat dalam mengatur atau mendisiplinkan pola makan ialah dengan cara mewajibkan diri untuk melakukan sarapan. Sarapan merupakan hal yang sangat penting jika Anda ingin mengatasi darah rendah.

  1. Mandi Air Hangat

Kegiatan yang sangat berguna bagi penanganan darah rendah ialah dengan cara membiasakan diri mandi dengan air hangat satu kali sehari. Mandi dengan air hangat memiliki khasiat yang sangta luar biasa bagi Anda. Salah satu khasiat mandi air hangat ialah memperlancar peredaran darah sehingga Anda bisa lepas dari penyakit darah rendah. Selain itu, mandi dengan air hangat akan membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks dan santai sehingga potensi datangnya penyakit akan dapat dikurang secara signifikan.

  1. Rajin Melakukan Pengecekan Tekanan Darah

Melakukan pengecekan rutin terhadap tekanan darah diri sendiri merupakan salah satu cara atau langkah preventif yang dapat Anda terapkan dalam mengurangi potensi penyakit darah rendah. Dalam hal ini, pengecekan rutin tekanan darah harus Anda lakukan di praktisi kesehatan yang sudah terlatih dan profesional. Setelah mengetahui tingkat atau level tekanan darah Anda maka Anda dapat mengambil tindakan terkait dengan hasil yang Anda terima.

Sponsors Link

  1. Menghindari Kerja Terlalu Berat

Kerja yang terlalu berat (secara fisik atau mental) merupakan salah satu penyebab dari kedatangan penyakit darah rendah kepada diri Anda. Jika Anda ingin menghindari penyakit darah rendah maka Anda perlu menghindari beban kerja yang terlalu keras.

  1. Tidak Melakukan Pergerakan Tiba-Tiba

Hindarilah melakukan pergerakan atau perpindahan yang sangat cepat dan tiba-tiba. Tindakan ini akan justru merusak sistem keseimbangan tubuh Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan ketidakseimbangan suplai darah ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu, saat Anda melakukan pergerakan terlalu cepat akan menimbulkan berbagai macam gejala darah rendah, salah satunya adalah rasa pusing atau pening yang berkepanjangan.

  1. Meningkatkan Konsumsi Kafein Dalam Jumlah Cukup

Kafein merupakan zat yang sangat baik bagi tubuh. Di saat-saat tertentu, kafein menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh seseorang. Dengan adanya kafein ini diharapkan tekanan darah Anda bisa bertambah seiring dengan perjalanan waktu.

  1. Memakan Lemak Nabati

Lemak nabati sangat baik untuk menambah tekanan darah pada tubuh Anda. Saat Anda mengalami tekanan darah rendah, tidak ada salahnya apabila Anda mencoba ramuan masakan lemak nabati.

  1. Meminum Obat atau Suplemen Penambah Darah

Salah satu cara medis untuk mengobati tekanan darah rendah ialah dengan meminum obat penambah darah. Saat ini, sudah sangat banyak obat-obatan penambah darah yang dijual di apotik terdekat sehingga Anda akan semakin mudah mencapainya.

  1. Tidak Membiarkan Stress Dalam Waktu Yang Lama

Stess atau tekanan yang dirasakan pada mental Anda merupakan salah satu penyebab tekanan darah manusia menjadi rendah. Oleh sebab itu, dalam melaksanakan segala bentuk kegiatan maka Anda harus selalu mengusahakan keadaan atau kondisi mental Anda dalam kondisi yang prima.

Demikianlah langkah dan cara untuk mengatasi darah rendah. Berbagai cara di atas masih dapat Anda kembangkan jika suatu saat nanti Anda mendapatkan cara yang lebih ampuh dalam mengatasi darah rendah. Salam sehat!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah