Sponsors Link

20 Cara Mengatasi Darah Tinggi Yang Wajib Anda Pahami

Sponsors Link

Kehidupan manusia adalah salah satu hal paling kompleks yang pernah ada. Manusia adalah makhluk yang paling cerdas dari berbagai jenis ciptaan Tuhan lainnya. Tidak salah jika manusia mendapatkan mandat untuk mengelola alam dan segala isinya. Namun demikian, manusia juga merupakan makhluk yang sangat rentan terhadap segala jenis penyakit yang bisa mendatanginya. Kerentanan manusia akan penyakit ini ditunjukkan dari begitu mudahnya manusia untuk terserang penyakit walau hanya dari satu gigitan hewan, contohnya: nyamuk.

ads

Dari sini, kita dapat melihat bahwa manusia merupakan makhluk yang rentan sehingga manusia harus senantiasa menjaga kesehatannya dimanapun ia berada. Menjaga kesehatan merupakan suatu hal yang wajib dilakukan manusia karena jika tidak manusia akan memperoleh masalah kesehatan yang dapat mengancam jiwanya. Jika sudah demikian, manusia akan senantiasa terganggu dan terhalang dalam melaksanakan pekerjaan atau tugasnya sehari-harinya.

Jenis penyakit yang dapat menyerang dan membahayakan nyawa manusia ada beraneka ragam. Ragam jenis penyakit yang dapat menyerang manusia ini disebabkan oleh perkembangan zaman yang membuat penyakit-penyakit yang menjadi ancaman bagi manusia semakin berkembang. Saat manusia hendak menjadi sehat maka akan banyak sekali tantangan dan godaan baginya sehingga manusia akan kesulitan mempertahankan kesehatannya. Dari sini, manusia perlu mencari cara-cara efektif untuk mencapai kesehatan tubuh seperti yang diharapkannya.

Salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang dan membahayakan diri manusia ialah penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit tekanan darah tinggi (darah tinggi / hipertensi) adalah suatu keadaan dimana tekanan yang diberikan darah kepada dinding pembuluh darah terlalu besar sehingga menyebabkan pembuluh darah menerima daya yang berlebihan. Daya berlebihan yang diterima oleh pembuluh darah ini dapat membahayakan manusia. Berbagai dampak buruk akibat tekanan yang berlebihan kepada pembuluh darah, antara lain:

  • Mengakibatkan aliran darah atau sistem regulasi darah ke seluruh tubuh terhambat;
  • Mengakibatkan peredaran sari-sari makanan melalui darah tidak begitu lancar sehingga menyebabkan tubuh kekurangan asupan nutrisi;
  • Pengentalan dan penyumbatan aliran darah yang menyebabkan terdapat pembekuan darah yang sangat membahayakan jiwa manusia;
  • Menyebabkan pecahnya pembuluh darah sehingga menyebabkan pendarahan internal yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia;
  • Menyebabkan jantung bekerja terlalu keras dan kuat sehingga dapat mengakibatkan dampak yang lebih buruk lagi, seperti: gagal jantung atau jantung koroner
  • Potensi penyakit-penyakit berbahaya lain, seperti: gagal ginjal, stroke, penggumpalan darah dan lain sebagainya

Berbagai dampak yang dapat diakbatkan oleh penyakit tekanan darah tinggi merupakan dampak turunan dari penyakit itu sendiri. Dampak turunan ini juga sama berbahayanya dengan penyakit tekanan darah tinggi itu sendiri sehingga bila tidak diatasi dengan benar maka akan mengancam keberadaan nyawa manusia. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi darah tinggi dengan baik dan benar.

Namun demikian, sebelum Anda mengetahui dan mempelajari cara mengatasi penyakit darah tinggi, Anda harus mempelajari terlebih dahulu terkait penyakit darah tinggi itu sendiri. Anda perlu mengetahui segala hal terkait penyakit darah tinggi, mulai dari: terminologi penyakit darah tinggi (hipertensi), penyebab penyakit darah tinggi, makanan-makanan atau minuman yang dapat menimbulkan penyakit darah tinggi, makanan atau minuman yang dapat menurunkan darah tinggi, hingga cara mengatasi penyakit darah tinggi yang benar dan efektif.

Dengan mengetahui segala hal terkait darah tinggi maka Anda akan mampu memetakan cara atau langkah Anda untuk menghindari kemunculan penyakit ini di dalam diri Anda. Jika Anda sudah mengetahui cara memetakan untuk menghindari penyakit darah tinggi di dalam diri Anda maka Anda akan menjadi orang yang senantiasa sehat dan bugar. Kesehatan dan kebugaran badan yang Anda miliki akan membuat Anda memiliki kualitas hidup serta dapat menjalankan kegiatan-kegiatan Anda dengan baik.

Sponsors Link

Mengenal Tekanan Darah Tinggi Lebih Mendalam

Penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan sebuah penyakit yang umum terjadi di masyarakat masa kini. Kemunculan penyakit ini didasari oleh berbagai macam alasan dan penyebab. Penyebab penyakit darah tinggi juga dipengaruhi oleh perkembangan zaman sehingga perkembangan zat-zat pemicu penyakit ini semakin hari semakin tinggi. Oleh sebab itu, Anda perlu lebih berhati-hati di dalam menghadapi kedatangan penyakit darah tinggi ini.

Secara umum, penyakit darah tinggi timbul karena adanya tekanan yang tidak normal yang diberikan atau dihasilkan oleh darah kepada pembuluh darah. Tekanan yang tidak normal ini membuat pembuluh darah Anda memperoleh beban yang terlalu besar. Akibat dari hal ini tentu saja menimbulkan abnormalitas pada segala hal yang berkaitan dengan aliran atau regulasi darah di dalam tubuh manusia. Masalah ini dapat membesar hingga pada pemompa darah itu sendiri yaitu jantung.

Masalah dari tekanan darah tinggi yang dapat merambat ke seluruh tubuh ini membuat darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia. Dampak dari darah tinggi bagi manusia ini sangat beraneka ragam. Darah tinggi dapat menyebabkan penyakit-penyakit turunan yang sangat membahayakan manusia, seperti: penyakit jantung koroner, pengentalan darah, stroke dan penyakit-penyakit mematikan lainnya.

Tekanan darah merupakan suatu fenomena yang normal di dalam tubuh manusia. Dengan adanya tekanan darah ini maka darah manusia akan dapat teregulasi dengan baik ke seluruh tubuh. Jika darah bisa teregulasi ke seluruh tubuh maka tubuh manusia akan mendapatkan asupan sari-sari makanan yang cukup. Selain itu, darah yang teregulasi dengan baik akan menyebabkan asupan oksigen ke seluruh tubuh akan tersalurkan dengan optimal. Oksigen akan membuat fungsi-fungsi di dalam tubuh Anda bekerja dengan baik.

Pada taraf normal, tekanan darah manusia harus berkisar antara 120/80 mm Hg. Dengan tekanan darah normal ini maka darah manusia akan dapat berfungsi optimal dalam mengedarkan sari-sari makanan. Selain itu, tekanan yang normal pada darah kepada pembuluh darah akan membuat pembuluh darah Anda dapat menahan tekanan tersebut. Selain itu, tekanan pada darah yang normal akan membuat jantung Anda tidak bekerja terlalu keras dalam memompa darah. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga kestabilan tekanan darah Anda.

Tekanan darah yang tidak normal (terlalu tinggi atau rendah) merupakan suatu kondisi yang harus diantisipasi oleh manusia. Kondisi-kondisi ini dapat memicu berbagai hal buruk di dalam kehidupan manusia. Kondisi yang buruk ini pun akan menurunkan kualitas kehidupan manusia. Jika Anda sudah mengalami penurunan kualitas hidup seperti ini maka Anda sudah kehilangan makna serta sebagian kebahagiaan di dalam kehidupan Anda.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi darah tinggi jika Anda terserang penyakit ini. Mengatasi darah tinggi harus mencakup pengenalan akan gejala-gejalanya, mengetahui tanda-tandanya, memahami penyebab-penyebab darah tinggi, mempelajari langkah pencegahannya hingga mengetahui cara penanganannya. Oleh sebab itu, berikut ini gejala-gejala atau tanda-tanda yang dapat Anda alami jika Anda mengalami darah tinggi:

  • Denyutan atau degupan jantung melalui pembuluh darah cenderung lebih kuat sehingga Anda dapat merasakan getaran jantung ini di sekujur aliran darah Anda;
  • Kerja jantung yang lebih kuat di dalam memompa darah yang menyebabkan Anda menjadi mudah lelah dan letih;
  • Terjadi pengentalan darah atau penyumbatan aliran darah sehingga menyebabkan darah tidak optimal dalam mengalirkan sari-sari makanan. Hal ini dapat membuat Anda lebih cepat lemas dan tidak bertenaga;
  • Ada tanda-tanda rasa pusing atau pening yang disebabkan oleh kurangnya asupan atau suplai oksigen di dalam tubuh;
  • Kemunculan rasa sakit kepala yang berlebihan karena adanya tekanan syaraf kepala oleh denyut jantung atau nadi yang semakin kuat;
  • Timbulnya gejala kejang atau kaku pada badan yang disebabkan oleh tersumbatnya darah yang mengalir di dalam tubuh

Kehadiran gejala-gejala darah tinggi yang ada di dalam diri Anda seharusnya membuat Anda semakin waspada akan kondisi badan Anda. Kehadiran gejala-gejala darah tinggi ini merupakan tanda bahwa tubuh Anda sedang dalam kondisi yang tidak terlalu baik. Kondisi yang tidak terlalu baik ini tentunya akan menimbulkan berbagai hal berbahaya yang akan lebih membahayakan tubuh Anda.

Selain harus mengantisipasi serta menandai kehadiran gejala penyakit darah tinggi, Anda juga harus senantiasa menjaga kondisi badan Anda. Kondisi badan yang selalu sehat akan menghindarkan Anda dari penyakit-penyakit yang berbahaya. Menghindarkan diri dari penyakit-penyakit berbahaya merupakan suatu langkah yang bijaksana karena Anda tidak perlu mengeluarkan dana atau uang untuk pengobatan penyakit.

Dalam hal ini, perawatan atau antisipasi tehadap penyakit yang dapat menyerang Anda merupakan sebuah langkah yang baik dan bijaksana. Langkah ini dapat menjadi langkah awal untuk mendapatkan kualitas hidup yang optimal. Selain itu, langkah antisipasi ini akan membuat Anda memiliki usia harapann hidup yang lebih lama atau panjang.

Dengan adanya gejala yang akan menyerang Anda dalam hal kehadiran penyakit darah tinggi maka Anda perlu melakukan tindakan untuk mempraktikkan cara untuk mengatasi darah tinggi. Cara untuk mengatasi darah tinggi sangatlah beragam tergantung dari gejala dan level darah tinggi yang Anda alami. Namun demikian, Anda sebaiknya mempelajari semua cara untuk mengatasi darah tinggi ini sehingga Anda akan selalu dapat mendapatkan kualitas hidup yang baik.

ads

Cara Mengatasi Darah Tinggi Bagi Anda dan Keluarga Anda

Penyakit darah tinggi adalah salah satu jenis penyakit yang mematikan. Jenis penyakit ini dapat merugikan umat manusia melalui kehadirannya. Jika seseorang terkena penyakit darah tinggi maka Ia akan mengalami penurunan kualitas hidup. Jika kualitas hidup seseorang menurun maka orang tersebut akan mengalami penurunan kebahagiaan yang cukup siginifikan. Akibatnya, berbagai penyakit dan hal-hal negatif akan lebih mudah datang kepada orang tersebut.

Semua orang memiliki faktor risiko untuk mengalami atau mengidap penyakit tekanan darah tinggi. Tinggi atau rendahnya faktor risiko ini tergantung pada pola hidup dan daya tahan tubuh orang tersebut. Jika seseorang memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik maka orang tersebut akan cenderung dapat menghindari serangan darah tinggi.

Namun demikian, jika Anda terserang penyakit darah tinggi maka Anda harus segera mencari cara untuk mengatasi darah tinggi yang sesuai atau cocok untuk diri Anda. Cara untuk mengatasi darah tinggi ada bermacam-macam. Keberagaman cara untuk mengatasi darah tinggi ini tergantung pada parah atau tidaknya penyakit tinggi yang Anda alami. Jika Anda mengalami penyakit darah tinggi dengan level yang cukup tinggi maka Anda harus segera menerapkan cara untuk mengatasi darah tinggi untuk menyembuhkan diri Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan sebagai cara untuk mengatasi darah tinggi yang mungkin sesuai bagi Anda dan keluarga Anda:

  1. Mengatur Pola Makan Dengan Lebih Baik

Pola makan merupakan hal yang memegang banyak hal krusial di dalam kehidupan manusia. Dengan pola makan yang baik maka manusia telah menerapkan cara untuk mengatasi darah tinggi yang paling mendasar. Pada dasarnya, mengatasi darah tinggi harus dimulai dari sesuatu yang kita masukkan ke dalam diri kita. Jika kita dapat mengatur berbagai hal yang dapat masuk ke dalam diri kita maka kita akan dapat menjaga apa yang akan terjadi di dalam diri kita.

Selain itu, mengatur pola makan merupakan salah satu cara untuk mengatasi darah tinggi yang paling efektif. Menerapkan cara ini berarti Anda sudah mengurangi risiko terkena penyakit darah tinggi sebesar 80%. Selain itu, jika Anda sudah terserang penyakit darah tinggi maka Anda telah mempercepat penyembuhan penyakit tersebut dengan mengatur pola makan Anda.

  1. Menjaga Stabilitas Berat Badan

Selain mengatur pola makan, berat badan adalah salah satu hal penting yang harus Anda jaga dan atur jika Anda ingin menerapkan cara untuk mengatasi darah tinggi. Mengapa berat badan menjadi faktor penting dalam menurunkan berat badan? Berat badan menjadi hal yang sangat penting karena dengan berat badan maka Anda dapat mengukur tingkat normalitas ataupun abnormalitas tubuh Anda. Tubuh yang normal memiliki berat badan yang ideal sehingga nutrisi dan sari-sari makanan yang masuk ke dalam tubuh terserap dengan baik.

Berat badan yang tidak ideal – terutama obesitas atau kegemukan – akan memperbesar faktor risiko Anda terkena darah tinggi. Selain itu, penyakit darah tinggi juga akan lebih mudah mendatangi Anda jika Anda memiliki berat badan yang melebihi kemampuan tubuh Anda untuk menerimanya. Berat badan mengindikasikan banyak sekali lemak atau kolesterol yang tertumpuk di dalam tubuh. Hal ini tentunya mengakibatkan kedatangan darah tinggi ke dalam diri Anda.

  1. Mengurangi Konsumsi Garam Dapur

Salah satu bahan makanan yang harus Anda hindari dalam mengatasi darah tinggi ialah garam. Garam dapur – mengandung natrium – merupakan sebuah bahan makanan yang dapat meningkatkan faktor risiko Anda terkena tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh natrium yang dapat mengendap di dinding pembuluh darah. Endapan zat natrium ini akan menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku dan keras. Hal ini akan menambah risiko Anda untuk mengidap penyakit tekanan darah tinggi.

  1. Tidak Mengonsumsi Kafein atau Zat Turunannya

Selain natrium, zat yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengidap tekanan darah tinggi ialah kafein. Zat kafein dapat terkandung di dalam berbagai jenis minuman, seperti: kopi, teh dan lainnya. Kafein merupakan zat yang berbahaya jika diminum dalam jumlah yang berlebihan karena dapat membuat darah Anda kekurangan cairan,

  1. Berolahraga

Berolahraga dengan teratur ialah salah satu cara mengatasi darah tinggi secara efektif. Efektivitas kegiatan olahraga dalam mengurangi tekanan darah tinggi ini dapat terlihat dari pengaruhnya yang cukup besar dalam memperlancar aliran darah. Aliran darah yang lancar merupakan salah satu syarat dari tekanan darah yang normal di dalam tubuh manusia. Selain itu, berolahraga juga merupakan salah satu kegiatan yang membuat Anda memperoleh asupan oksigen dalam jumlah yang cukup untuk proses metabolisme di dalam tubuh Anda.

  1. Menjauhi Rokok

Merokok ialah sebuah kegiatan yang sangat buruk bagi kehidupan manusia. Kegiatan merokok akan menimbulkan berbagai hal buruk di dalam kehidupan Anda. Jika Anda merokok dalam frekuensi yang cukup tinggi maka zat-zat beracun yang ada di dalam rokok akan menghancurkan tubuh Anda secara perlahan.

  1. Minum Obat Pengencer Darah

Salah satu obat yang dapat membantu Anda untuk mengatasi tekanan darah tinggi ialah obat pengencer darah. Cara ini merupakan salah satu cara mengatasi darah tinggi yang cukup efektif. Darah yang encer memiliki kelebihan dapat dengan mudah dialirkan atau diregulasikan ke seluruh tubuh. Jika Anda membutuhkan obat ini maka Anda dapat mencarinya di toko obat terdekat.

  1. Menghindari Pemakaian Alkohol

Selain kafein dan rokok, zat makanan atau minuman lain yang sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan ialah alkohol. Alkohol dapat mengurangi jumlah cairan yang dibutuhkan oleh darah untuk mengalir ke seluruh tubuh. Selain itu, alkohol juga akan merusak sel-sel pembuluuh darah sehingga membuat peredaran darah semakin terhambat.

  1. Lebih Banyak Refreshing

Kegiatan refreshing ialan salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersam orang-orang tersayang. Dengan melakukan refreshing maka Anda dapat menurunkan tekanan pada jiwa Anda yang dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi darah tinggi yang cukup efektif.

  1. Tidak Membebani Diri Dengan Pekerjaan

Beban pekerjaan merupakan sebuah hal yang akan dihadapi oleh setiap orang yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun demikian, beban pekerjaan terkadang menjadi salah satu sumber stress yang tinggi. Dengan demikian, beban pekerjaan juga merupakan salah satu penyebab naiknya tekanan darah. Oleh sebab itu, Anda perlu menurunkan tensi pekerjaan yang Anda lakukan sehingga potensi tekanan darah tinggi akan menurun.

  1. Mengurangi Konsumsi Daging (Kambing, Sapi)

Salah satu zat makanan yang buruk bagi penderita tekanan darah tinggi ialah lemak. Keberadaan lemak harus Anda hindari karena lemak akan meningkatkan faktor risiko Anda di dalam terkena penyakit darah tinggi.

  1. Minum Jamu Penurun Tekanan Darah

Meminum jamu atau olahan herbal sebagai cara mengatasi darah tinggi adalah suatu hal bijak yang dapat Anda lakukan. Dengan mengonsumsi jamu ini maka Anda akan mengurangi risiko terkena penyakit darah tinggi di dalam diri Anda.

  1. Mengobati Penyakit Turunan Darah Tinggi

Penyakit turunan darah tinggi ada banyak sekali. Penyakit-penyakit ini akan muncul karena penyakit darah tinggi akan mempengaruhi fungsi-fungsi organ tubuh yang berkaitan dengan aliran darah. Oleh sebab itu, Anda perlu mengenali penyakit-penyakit turunan dari darah tinggi dan mengobatinya dengan cara serta langkah yang tepat.

  1. Mengelola Produk Herbal

Mengobati darah tinggi dengan memanfaatkan produk herbal adalah salah satu cara mengatasi darah tinggi yang tepat. Anda dapat mempergunakan cara ini sebagai salah satu cara efektid dalam mengurangi intensitas tekanan darah tinggi di dalam diri Anda. Selain itu, olahan herbal juga merupakan obat yang baik bagi darah tinggi Anda karena obat ini memiliki efek samping tang tida terlalu besar bagi Anda.

Sponsors Link

  1. Mengonsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Konsumsi buah dan sayuran adalah salah satu cara mengatasi tekanan darah tinggi yang baik. Kansungan zat, mineral dan vitamin yang begitu melimpah di dalam buah akan membuat Anda lebih sehat. Khasiat serta kegunaan buah dan sayur ini dapat Anda peroleh jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat serta pas.

  1. Disiplin Dalam Beristirahat

Kegiatan istirahat adalah suatu kegiatan yang sangat penting bagi diri Anda. Dengan beristirahat secara pas dan tepat maka Anda akan memperoleh kesehatan yang lebih baik. Pola istirahat yang pas juga akan mengurangi risiko terkena darah tinggi di dalam diri Anda. Oleh sebab itu, beristirahat dengan cukup adalah salah satu cara mengatasi darah tinggi yang ampuh bagi diri Anda.

  1. Menambah Konsumsi Ikan Laut

Olahan alam lain yang baik bagi kesehatan darah Anda ialah olahan ikan laut. Kandungan zat atau mineral yang terkandung di dalam ikan laut akan membuat Anda semakin sehat tiap harinya sehingga terhindar dari tekanan darah tinggi.

  1. Menghindari Durian

Salah satu buah yang harus dihindari saat terkena penyakit tekanan darah tinggi ialah buah durian. Buah durian adalah salah satu buah yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi. Oleh sebab itu, cara mengatasi darah tinggi melalui menghindari durian adalah cara yang baik bagi Anda.

  1. Saling Mengingatkan Keluarga Yang Terkenan Darah Tinggi

Keluarga adalah salah satu sistem dukungan sosial (social support) yang paling berguna bagi manusia. Jika seorang manusia memiliki dukungan sosial yang baik maka Ia akan lebih aware atau waspada dengan berbagai penyakit termasuk penyakit tekanan darah tinggi.

  1. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Salah satu masalah yang kerap berkaitan dengan tekanan darah tinggi ialah kurangnya cairan tubuh. Oleh sebab itu, jika Anda ingin menjalankan cara mengatasi darah tinggi yang cukup efektif ialah dengan cara memperbanyak konsumsi air putih.

Demikianlah beberapa cara mengatasi darah tinggi yang dapat Anda terapkan jika Anda telah terkena darah tinggi atau berniat menghindari darah tinggi. Umengatasi darah tinggi tentunya masih sangat banyak. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan eksplorasi yang cukup luas dalam hal mengatasi tekanan darah tinggi. Salam sehat!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah