Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Gusi Berdarah Terus Menerus Paling Ampuh

Sponsors Link

Gusi berdarah dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti adanya penyakit gusi berupa radang gusi, terluka akibat menggosok gigi yang terlalu keras, atau karena pendarahan yang terjadi setelah melakukan cabut gigi. Pendarahan pada gusi biasanya terjadi dalam kurun waktu yang singkat, maksimal 24 jam.

ads

Namun, dalam beberapa kasus, ada juga yang mengalami pendarahan gusi dalam jangka waktu yang panjang dan pendarahan tersebut terjadi secara terus menerus. Bila hal ini terjadi, apa yang sebaiknya kita lakukan? Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara mengatasi gusi berdarah terus menerus

1. Cari Tahu Penyebabnya

Bila gusi anda mengalami pendarahan, maka sebelum melakukan tindakan pengobatan maka ada baiknya jika anda berusaha untuk mencari tahu secara pasti apa penyebab gusi anda berdarah. Dengan begitu, anda akan lebih bisa memahami langkah selanjutnya yang anda akan lewati. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya bahwa, ada beberapa penyebab mengapa gusi bisa mengalami pendarahan seperti adanya penyakit gusi, terkena sikat gigi, atau pendarahan pasca cabut gigi.

2. Mengkonsumsi Obat

Bila anda sudah mengetahui secara pasti penyebab gusi anda berdarah, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi obat yang dapat bekerja untuk mengatasi gusi yang berdarah secara terus menerus. Jika anda mengalami pendarahan gusi akibat dari radang gusi, maka sebaiknya anda meminum obat yang bisa mengobati radang gusi anda.

Namun, apabila anda mengalami pendarahan gusi secara terus menerus karena menggosok gigi yang terlalu keras atau telah melakukan cabut gigi maka anda bisa meminum obat yang dapat berfungsi untuk mempercepar proses pembekuan darah.

3. Menghindari Makanan Padat

Selama gusi mengalami pendarahan, ada baiknya jika anda tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang berbentuk padat dan berpotensi untuk melukai atau menambah luka pada gusi anda. Ketimbang mengkonsumsi makanan padat, anda seharusnya mengkonsumsi makanan lunak yang mudah dikunyah dan tidak terlalu beresiko bagi kondisi gusi anda.

4. Konsumsi Vitamin C

Perlu anda ketahui bahwa kekurangan asupan vitamin C dapat membuat gusi menjadi lebih mudah berdarah. Jika anda mengalami gusi berdarah yang terjadi secara terus menerus maka bisa saja anda kurang mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. Oleh karena itu, usahakanlah untuk senantiasa mengkonsumsi vitamin C dan cobalah cek makanan dan minuman yang anda konsumsi sehari-hari untuk memperbaiki kondisi kekurangan vitamin yang anda alami.

Sponsors Link

5. Menjaga Kebersihan Gigi

Penyebab lainnya mengapa gusi sering berdarah karena adanya kebiasaan buruk yang dimana kebersihan gigi tidak terjaga dengan baik. Kebersihan gigi yang tidak terjaga akan membuat gusi rentan terkena penyakit seperti gingvitis. Penyakit inilah nantinya yang bisa membuat gusi anda berdarah secara terus menerus.

6. Rutin Menggunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur merupakan salah satu cara untuk menjaga dan merawat kebersihan mulut dan gigi. Dan, tindakan ini juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi gusi berdarah secara terus menerus. Menggunakan obat kumur antiseptik dapat meminimalisir pembentukan plak dalam mulut. Selain obat kumur antiseptik, anda juga bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam untuk meredakan pembengkakan pada gusi yang mudah berdarah.

Itulah cara mengatasi gusi berdarah secara terus menerus yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan