Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Hipertensi Di Usia Muda Dengan Mudah Dan Cepat

Sponsors Link

Hipertensi atau gejala darah tinggi dapat disebabkan karena gaya hidup buruk, keturunan dan usia. Pada kebanyakan kasus, penderita hipertensi berusia di atas 65 tahun. Namun tak jarang juga dijumpai hipertensi yang dialami oleh usia muda karena keturunan atau penerapan gaya hidup tidak sehat. Hipertensi dapat dialami dalam jangka waktu yang panjang sehingga dapat merusak berbagai fungsi organ vital. Bahkan jika tidak dilakukan penanganan dan pengobatan sesegera mungkin dapat mengancam nyawa penderitanya. Berikut disajikan cara mengatasi hipertensi di usia muda.

ads
  1. Membatasi Asupan Garam

Cara menurunkan darah tinggi di usia muda yang pertama adalah dengan mengurangi asupan natrium yang terdapat dalam garam dapur. Normalnya, konsumsi garam yang dianjurkan setiap harinya harus kurang dari 1.500 mg. Jika dalam jangka panjang Anda mengonsumsi garam di atas batas yang telah dianjurkan tersebut maka berpotensi menderita hipertensi. Tentunya penyakit gejala darah tinggi satu ini merupakan pemicu penyakit-penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke dan gagal ginjal.

  1. Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Makanan berlemak juga tidak baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi usia muda. Lemak banyak terdapat pada makanan siap saji dan makanan dalam kemasan. Anda dapat mengganti konsumsi makanan berlemak dengan makanan yang lebih sehat seperti makanan empat sehat lima sempurna. Namun, perhatikan juga kandungan garam di dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi tersebut.

  1. Pilih Asupan Makanan Terbaik

Makanan yang dikonsumsi setiap hari juga memegang peranan penting dalam tekanan darah Anda. Dengan memilih asupan makanan terbaik maka tekanan darah dapat terkontrol. Asupan makanan terbaik untuk penderita darah tinggi usia muda adalah sayuran penurun tekanan darah seperti bayam dan seledri serta buah penurun darah tinggi seperti pepaya dan jambu biji.

  1. Jaga Berat Badan agar Tidak Terlalu Berlebihan

Menjaga berat badan tetap ideal juga merupakan salah satu cara mengatasi darah tinggi pada usia muda. Memang, orang dengan berat badan yang berlebihan berisiko lebih tinggi berisiko menderita hipertensi. Anda dapat menyiasatinya dengan menerapkan pola hidup sehat dan meningkatkan ativitas sehat setiap harinya.

  1. Olahraga secara Teratur

Salah satu penyebab darah tinggi yang dialami kelompok usia muda adalah karena gaya hidup yang buruk seperti jarang berolahraga. Manfaat olahraga teratur tidak hanya baik kesehatan tetapi juga dapat menjadi obat alami untuk mengatasi darah tinggi.  Tentunya dengan berolahraga, tubuh pun menjadi lebih bugar dan sehat serta jauh dari berbagai macam penyakit. Anda bisa memilih olahraga sesuai minat dan selera seperti bersepeda, berlari-lari hingga senam.

Sponsors Link

  1. Hindari Stres

Tekanan darah tinggi akibat stres dapat menjadi pemicu penyakit mematikan seperti penyakit jantung, stroke dan gagal ginjal. Untuk mengatasi stres Anda perlu berpikir positif sehingga dapat menghadapi segala masalah dengan bijak. Anda juga dapat mengatasi stres dengan melakukan olahraga pelepas stres sekaligus menyegarkan badan dan pikiran seperti yoga. Mandi air hangat sebelum tidur juga dapat Anda lakukan untuk meghillangkan lelah dan penat setelah seharian beraktivitas.

Itulah 6 cara mengatasi hipertensi di usia muda yang dapat Anda coba lakukan. Tentunya dengan beberapa upaya penanganan di atas, tekanan darah Anda pun dapat terkontrol. Jika tekanan darah dapat terkontrol penyakit jantung, stroke maupun gagal ginjal yang merupakan akibat hipertensi dapat terminimalisir risikonya.

Sponsors Link
, ,