Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Sepsis Dengan Mudah dan Aman

Sponsors Link

Sepsis menurut pengertiannya adalah komplikasi yang jarang terjadi pada tubuh manusia, namun sangat berbahaya. Indikasinya adalah ketika tubuh kita terkena infeksi mereka akan bereaksi dengan menghasilkan senyawa kimia untuk melawan infeksi tersebut sehingga tidak meluas.

ads

Namun atas senyawa tersebut merespon peradangan sehingga dapat mengakibatkan perubahan pada fungsi tubuh dan berakhir pada sistem organ. Sepsis ini akan menyerang tidak hanya darah namun seluruh bagian termasuk organ-organ yang ada dalam tubuh.

Pada kesempatan kali ini kita mengulas lebih lanjut mengenai sepsis, dari perspektif cara mengatasi sepsis yang sangat penting seperti cara mencegah anemia gravis. Tentu hal tersebut bagi sebagian orang masih awam dan belum dimengerti.

Karena seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa sepsis ini relatif jarang sekali terjadi, padahal sepsis dapat terjadi pada segala rentang usia termasuk anak-anak. Lalu bagaimana cara mengatasi sepsis itu sendiri? Hal yang harus kita lakukan pertama pada sepsis adalah,

1. Melakukan deteksi dini

Hal ini sangat memegang peranan penting pada proses penyembuhan atau penanganan sepsis. Identifikasi dini akan mengurangi faktor risiko komplikasi maupun penyebaran sepsis pada organ-organ vital dalam tubuh.

2. Memberikan antibiotik

Antibiotik harus tersedia bagi penderita sepsis, dengan menyediakan stoknya di rumah akan membantu anda untuk memberikan penanganan dini. Jika kita terdiagnosis dini mengidap sepsis dengan memberikan antibiotik sebelum sepsis menyebar ke organ-organ penting maka sepsis dapat pulih sepenuhnya.

3. Infus atau pemberian cairan pada tubuh

Jika anda pengidap sepsis parah atau masuk ke dalam kategori syok septik maka harus dilakukan perawatan lanjutan. Cara mengatasi sepsis yang sudah kategori berat adalah dengan penangan secara intensif karena beberapa organ-organ vital perlu ditangani melalui peralatan medis. Salah satu hal yang akan dilakukan di ruang ICU adalah pemberian infus untuk menggantikan cairan yang ada dalam tubuh.

4. Dengan menjaga pola makan

Hal yang harus dilakukan dalam mengatasi sepsis adalah menjaga asupan gizi agar kita terjaga dari penyakit diabetes. Penyakit ini akan meningkatkan efek pada sepsis dan memperparahnya. Menjaga asupan makanan pada tubuh akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu tubuh dalam menangkal sepsis.

Lebih baik kita mencegah suatu penyakit hinggap bukan? Karena proses kesembuhan biasanya membutuhkan alokasi waktu dan tenaga yang besar serta biaya yang tidak murah.

Perbanyak asupan buah-buahan dan sayuran khususnya yang mengandung vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi serta komplikasi. Atau anda juga dapat menggunakan pola makanan sehat darah tinggi dan makanan penambah darah.

Sponsors Link

5. Lakukan penanganan medis yang tepat pada luka terbuka

Luka terbuka seperti kita ketahui merupakan salah satu pintu masuk bagi berbagai macam mikroorganisme maupun bakteri yang dapat menginfeksi jaringan tubuh yang sehat. Jangan biarkan anda mengalami luka seperti dibawah ini,

  • Luka yang terbuka dengan kedalaman mencapai 1 cm
  • Luka bakar pada derajat 3 yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi

Dengan melakukan perawatan yang tepat pada area luka maka kita dapat menekan risiko sepsis menyebar pada organ lain, atau memperparah infeksi pada sepsis.

Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan, baik kebersihan diri anda (tubuh) maupun makanan yang anda makan. Usahakan agar anda selalu mencuci tangan, dan menjaga peralatan masak anda agar steril.

Demikian cara mengatasi sepsis yang penting untuk diketahui, suatu penyakit dapat dikurangi risikonya dengan melakukan penanganan dini dan menjaga kebersihan serta asupan makanan. Jangan lupa untuk menambah pengetahun anda dengan membaca cara menurunkan leukosit dan cara mengobati leukositosis.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Sepsis