Sponsors Link

6 Cara Menghentikan Pendarahan pada Gusi Secara Efektif

Sponsors Link

Pendarahan pada gusi dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti adanya penyakit gusi atau peradangan gusi, menggosok gigi terlalu keras, atau juga bisa merupakan salah satu akibat dari cabut gigi. Biasanya pendarahan pada gusi akan berlangsung paling lama 24 jam dan apabila melewati batas tersebut maka tentu anda perlu merasa waspada dan segera beranjak untuk berkonsultasi pada dokter.

ads

Pendarahan gusi biasanya akan dikenali dengan adanya efek darah kental yang keluar dari gusi. Darah tersebut akan bercampur dengan air liur yang membuat anda cenderung untuk membuang ludah. Pendarahan pada gusi seperti itu tentu akan membuat anda merasa risih dan terganggu.

Lalu, bagaimana solusinya? Yah, tentu saja anda harus berusaha menghentikan pendarahan pada gusi anda. Adapun cara menghentikan pendarahan pada gusi bisa dilakukan melalui upaya-upaya berikut ini:

1. Menggunakan Kain Kasa

Penggunaan kain kasa untuk menghentikan pendarahan pada gusi tentu saja efektif dan sudah sering dilakukan oleh banyak orang. Hal itu dikarenakan kain kasa ini bisa membantu untuk menyerap darah yang keluar serta merangsang proses pembekuan darah. Jadi, jika gusi anda mengalami pendarahan maka segeralah tekan bagian yang mengalami pendarahan menggunakan kain kasa. Namun, pastikan untuk tidak menekannya terlalu keras agar tidak memperparah pendarahannya.

2.  Kantung Teh

Selain kain kasa, anda juga bisa mengompres gusi yang mengalami pendarahan dengan kantung teh celup yang telah terpakai. Namun, pastikan teh celup bekas yang anda gunakan itu telah didinginkan terlebih dahulu. Adapun penggunaan kantung teh celup bekas ini termasuk salah satu cara yang efektif karena teh mengandung zat tannin yang bisa membantu untuk menghambat pendarahan yang terjadi.

3. Berkumur Air Garam

Cara menghentikan pendarahan pada gusi juga bisa dilakukan dengan berkumur air garam. Penggunaan air garam ini bisa membantu untuk menghambat pendarahan, mengurangi efek nyeri pada gusi, serta mampu membersihkan area gusi sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi. Walau demikian, usahakan untuk tidak terlalu sering berkumur dengan air garam saat mengalami pendarahan gusi karena garam mengandung zat tertentu yang juga berpotensi menghambat pembekuan darah.

4. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan. Zat astringent yang terkandung dalam pasta gigi mampu membuat pendarahan berhenti dan menyembuhkan luka dengan cepat. Untuk itu, jika gusi anda mengalami pendarahan karena adanya luka, anda bisa mengoleskan pasta gigi pada bagian luka tersebut.

5. Menghindari Makanan Padat

Apabila gusi anda rentan mengalami pendarahan maka sebaiknya anda menghindari makanan-makanan padat yang dapat melukai gusi anda. Sebaliknya, konsumsilah makanan yang lunak seperti bubur, sup hangat, puding, dll.

Sponsors Link

6. Mengkonsumsi Obat

Untuk menghentikan pendarahan pada gusi, anda juga bisa mengkonsumsi obat-obatan yang berfungsi menghentikan pendarahan atau mempercepat proses pembekuan darah. Ada banyak jenis-jenis obat yang dijual di apotik yang bisa anda minum agar pendarahan pada gusi dapat berhenti. Namun, ada baiknya jika anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Selain mengetahui cara menghentikan pendarahan gusi, akan lebih baik jika anda juga memahami penyebab-penyebab yang dapat membuat gusi berdarah. Dengan begitu, anda bisa melakukan tindak-tindak pencegahan karena mencegah pasti lebih baik daripada mengobati.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan