Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Pembuluh Darah Mata yang Pecah Terampuh

Sponsors Link

Kasus pembuluh darah mata pecah baru-baru ini menggegerkan netizen saat seorang pemuda mengunggah foto yang menunjukkan bahwa dirinya sedang mengalami pembuluh darah matah pecah di akun sosial medianya. Yah, meski jarang terjadi namun pembuluh darah pada bagian mata bisa mengalami pendarahan yang disebabkan oleh beberapa penyebab seperti gejala darah tinggi.

ads

Hal itu dikenal dengan istilah perdarahan subkonjungtiva. Hal itu dapat terjadi ketika pembuluh darah atau saluran darah pecah  di bawah lapisan transparan mata (konjungtiva) pecah.

Bila pembuluh darah mata pecah akan muncul bercak merah pada bagian putih mata yang merupakan akibat dari ketidakmampuan konjungtiva untuk menyerap darah dengan cepat, sehingga darah terjebak di bawah lapisan ini. Gejala tersebut bisa anda atasi dengan melakukan beberapa kiat atau cara menghilangkan pembuluh darah mata yang pecah berikut ini:

1. Menggunakan Tetes Mata

Salah satu upaya dalam menghilangkan gejala pecahnya pembuluh darah pada mata adalah dengan menggunakan tetes mata. Ada banyak merek tetes mata yang bisa anda gunakan, seperti insto ataupun jenis merek lainnya yang cocok untuk mata anda. Namun, sebelum pemakaian lebih lanjut, alangkah baiknya jika anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

2. Mengompres Mata dengan Air Hangat

Selain menggunakan tetes mata, anda juga bisa meredakan gejala mata merah akibat pembuluh darah pecah yang anda alami dengan cara mengompress mata dengan air hangat. Hal ini akan merelakskan otot-otot mata yang tegang dan membantu melancarkan sirkulasi darah pada pembuluh darah mata anda yang mengalami gangguan.

3. Menggunakan Air Mata Buatan

Menggunakan air mata buatan juga bisa menjadi salah satu opsi bagi anda dalam menangani gejala yang muncul akibat pecahnya pembuluh darah pada mata. Sama halnya dengan obat tetes mata, anda bisa meneteskan air mata buatan ini pada anda agar mata anda tetap lembab.

4. Mengkonsumsi obat herbal 

Bila berbicara masalah penyakit atau kelainan, maka pasti salah satu cara mengobati pembuluh darah pecah yang bisa dilakukan untuk menanganinya adalah dengan mengkonsumsi obat. Nah, bila anda mengalami kelainan seperti pembuluh darah pecah, utamanya pada bagian mata. Maka tidak ada salahnya untuk segera mengkonsumsi obat herbal atau obat tradisional. Barangkali anda bisa mencari sumber tentang obat tradisional pembuluh darah mata pecah yang tepat untuk anda.

5. Mengkonsumsi Vitamin 

Selain mengkonsumsi obat, alangkah baiknya jika anda bisa lebih memerhatikan makanan atau minuman yang anda konsumsi. Usahakan untuk selalu memilih makanan atau minuman yang bergizi dan mengandung banyak vitamin yang bagus untuk menutrisi mata. Dengan begitu, anda bisa meminimalisir gejala-gejala yang terjadi pada mata anda, termasuk pembuluh darah mata pecah.

Sponsors Link

6. Menggunakan Softgel Mata

Selain obat tetes, ada juga yang dikenal sebagai softgel mata yang berperan sebagai eyecare atau perawatan mata. Penggunaan softgel ini juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan pembuluh darah mata yang pecah. Anda bisa meminta saran dokter untuk keterangan lebih lanjut mengenai penggunaan softgel mata.

7. Memanfaatkan Kantung Teh Celup Bekas

Memanfaatkan kantung teh celup yang telah dipakai juga bisa membantu untuk merilekskan otot-otot mata anda. Adapun cara memakainya cukup gampang, yakni setelah kantung teh celup bekasnya dingin anda cukup meletakkannya di atas kelopak mata anda yang berada dalam keadaan tertutup. Simple kan?

8. Menggunakan Buah Mentimun

Selain menggunakan kantung teh celup bekas, anda juga bisa memanfaatkan buah mentimun. Sensasi dingin yang dimiliki oleh buah mentimun ini juga mampu memberikan rasa relaks pada otot-otot mata anda. Cara menggunakannya juga tidak kalah simple dengan teh celup tadi, yakni anda hanya perlu mengiris tipis buah mentimun, lalu letakkan di atas mata anda yang terpejam.

Sponsors Link

9. Konsultasi Dokter

Mungkin ini adalah salah satu cara yang paling efektif yang bisa anda lakukan jika mengalami pembuluh darah mata yang pecah. Berkonsultasi ke dokter akan membuat anda lebih tahu mengenai kondisi mata anda serta bagaimana cara menanganinya secara tepat.

10. Membiarkan Hingga Gejalanya Hilang dengan Sendirinya

Perlu anda ketahui bahwa gejala yang muncul akibat pecahnya pembuluh darah pada mata sebenarnya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Walau bagaimanapun, kami tidak menyarankan anda untuk mengikuti cara ini karena bisa saja ada kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diiinginkan.

Itulah cara menghilangkan pembuluh darah mata yang pecah yang bisa anda terapkan jika mengalami atau menjumpai orang yang mengalami pembuluh darah mata pecah. Semoga bisa membantu.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan