Sponsors Link

Kenali 7 Cara Mengobati Leukopenia Paling Cepat dan Aman

Sponsors Link

Adakah yang pernah mendengar istilah leukopenia? Apa yang dimaksud dengan leukopenia dan seperti apa gejala penyakit leukopenia serta cara mengobatinya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan coba kami jawab dalam ulasan artikel kali ini.

ads

Leukopenia adalah kondisi dimana tubuh memiliki kadar sel darah putih yang rendah di bawah batas normal. Kondisi ini akan membawa dampak lanjutan berupa berkurangnya kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.

Gejala leukopenia sendiri dapat dilihat dari tubuh yang cepat merasa lelah, demam tinggi, tubuh sering mengalami infeksi terutama ciri-ciri infeksi sel darah putih, menstruasi berkepanjangan pada wanita, serta ruam kulit.

Sedangkan pengobatan leukopenia sendiri dapat ditembuh dengan berbagai cara yang akan kami bahas dalam artikel berikut.

1. Pola hidup sehat

Dengan menerapkan pola hidup sehat maka hal tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Selain itu pola hidup sehat dengan memenuhi kebutuhan nutrisi, olahraga, dan istirahat dengan cukup merupakan suplemen yang penting bagi vitalitas tubuh kita.

2. Konsumsi buah

Buah-buahan diyakini merupakan obat yang mujarab untuk berbagai penyakit. Kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya membuat tubuh kita dapat berfungsi dengan normal dan baik.

3. Istirahat yang cukup

Tidur atau beristirahat secara cukup dan seimbang merupakan salah satu cara mengobati leukopenia yang terdengar sepele. Setidaknya anda harus tidur dalam kurun waktu 7-8 jam sehari agar tubuh mendapatkan energi kembali serta dapat memproduksi sel darah putih.

4. Terapi steroid

Konsumsi steroid secara berlebihan memang tidak dianjurkan. Tapi bagi penderita leukopenia ini merupakan cara mengobati leukopenia yang dapat ditempuh. Kenapa? Karena dengan pemberian steroid diharapkan dapat mengaktifkan sumsum tulang agar dapat memproduksi sel darah putih dengan optimal.

5. Menghindari cedera

Pasien atau penderita leukopenia memang rentan terhadap serangan infeksi. Oleh karena itu dengan menghindari terjadinya cedera diharapkan dapat menekan kemungkinan tubuh terinfeksi. Jika tubuh dalam kondisi sehat dan normal maka diharapkan pula dapat meningkatkan penyembuhan.

Anda bisa mulai dengan melindungi diri misalnya menggunakan alas kaki dan sarung tangan ketika beraktivitas di luar ruangan.

Sponsors Link

6. Jaga kebersihan tubuh

Menjaga kebersihan tubuh juga dapat menghindarkan kita dari paparan bakteri dan virus. Sehingga tubuh terlindungi dari potensi infeksi. Utamakan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi yang merupakan area paling sensitif.

Gunakan sikat gigi yang lembut, pasta gigi, serta moutwash agar area gigi dan mulut selalu terhindar dari bakteri penyebab infeksi.

7. Konsumsi vitamin serta obat-obatan

Hal lain yang dapat dilakukan sebagai cara mengobati leukopenia adalah dengan mengkonsumsi vitamin khususnya B-12 yang berperan penting dalam pembentukan sel darah termasuk sel darah putih.

Obat-obatan yang mengandung faktor pertumbuhan dan sitokin juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita leukopenia. Hal ini dapat membantu tubuh dalam meningkatkan produksi sel darah putih.

Demikian beberapa cara mengobati leukopenia yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Jika anda merasakan gejala-gejala leukopenia sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter agar dapat ditangani lebih lanjut. Karena jika tidak ditangani dengan segera seperti mengkonsumsi obat penambah darah maka dapat merembet ke penyakit yang lain.

Penting juga bagi anda untuk mengetahui penyebab leukopenia agar terhindar dari penyakit ini. Semoga artikel berikut dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Sehat selalu!

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan