Sponsors Link

10 Cara Mengobati Pembuluh Darah Mata Pecah Secara Alami

Sponsors Link

Kasus pembuluh darah mata pecah baru-baru ini banyak diperbincangkan setelah adanya unggahan foto yang menunjukkan foto anak dengan mata merah menyebar luas di sosial media. Mata merah tersebut merupakan gejala yang ditimbulkan akibat pecahnya saluran darah pada bagian bawah selaput mata. Hal itu lebih dikenal dengan istilah subconjutival bleeding atau juga disebut dengan pembuluh darah mata pecah.

ads

Pembuluh darah mata pecah dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya adalah adanya benturan benda asing yang mengenai mata, bersin atau batuk yang terlalu keras, mengkonsumsi obat-obatan seperti obat pengencer darah penyebab darah encer, dan juga beberapa komplikasi dari penyakit dan kelainan medis seperti gejala darah tinggi dan diabetes.

Biasanya gejala yang ditimbulkan oleh pecahnya pembuluh darah pada mata tidak dirasakan sakit oleh penderita. Kualitas penglihatannya juga tidak akan mengalami perubahan.

Adapun cara mengobati pembuluh darah mata pecah secara alami yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Konsultasi Dokter

Jika anda mengalami gejala pecah pembuluh darah pada bagian mata, akan lebih baik bagi anda untuk segera pergi berkonsultasi dengan dokter spesialis mata. Walau bagaimanapun dokter tentunya akan lebih tahu mengenai kondisi anda yang sebenarnya serta akan memberikan pengobatan yang tepat untuk anda.

2. Menggunakan Obat Tetes Mata

Selain berkonsultasi dengan dokter mata, anda juga disarankan untuk menggunakan obat tetes mata. Hal ini dapat bermanfaat untuk meredakan gejala mata merah akibat pembuluh darah pecah. Namun, sebelum anda menggunakan obat tetes mata, maka akan lebih baik bagi anda untuk mengenal secara detail tentang obat tetes mata yang sesuai dengan mata anda.

3. Mengkonsumsi Obat Tradisional

Ada beberapa obat tradisional pembuluh darah mata pecah yang dapat anda konsumsi. Salah satunya adalah madu. Madu terbukti dapat menyembuhkan mata merah, sakit mata akibat iritasi, sakit mata yang menyebabkan keluarnya kotoran terus menerus dan sakit mata yang disebabkan oleh bakteri.

4. Menggunakan Softgel Mata

Sama halnya dengan obat tetes mata, menggunakan softgel mata akan menjaga mata anda untuk tetap kering sehingga kondisi mata anda tidak akan memburuk.

5. Mengompress Mata dengan Air Dingin

Cara mengobati pembuluh darah pecah di mata secara alami adalah dengan mengompress mata menggunakan air yang dingin. Hal ini dikarenakan sensasi dingin dari air tersebut dapat menperlambat aliran darah berlebih yang mengalir ke mata anda. Sehingga dengan demikian gejala dari pembuluh darah mata pecah akan berangsur-angsur hilang.

6. Menggunakan Kantung Es

Sama halnya dengan mengompress mata menggunakan air dingin, kantung es juga dapat berfungsi memperlambat aliran darah yang mengalir ke pembuluh darah mata yang pecah sehingga hal ini tidak akan memperburuk gejala mata merah yang anda alami. 

Sponsors Link

7. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi yang sesuai dengan kebutuhan asupan nutrisi mata tentu akan bermanfaat untuk mempercepat kesembuhan mata anda. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C dan A yang dibutuhkan oleh mata.

8. Tidak Menatap Layar Terlalu Lama

Selama terjadinya gejala pembuluh darah mata pecah, maka anda tidak disarankan untuk menatap layar ponsel atau komputer terlalu lama karena hal itu akan membuat mata anda menjadi kering dan bisa memperburuk kondisi mata anda.

9. Menghindari Asap Rokok

Asap rokok akan membuat mata anda menjadi perih dan gatal. Hal itu akan membuat anda menggosok mata sementara saat pembuluh darah mata pecah anda tidak disarankan untuk menggosok mata dengan keras karena sama saja memperburuk kondisi mata anda.

10. Membiarkan Hingga Gejala Hilang dengan Sendirinya

Ini adalah opsi terakhir yang dapat anda lakukan yakni menunggu hingga gejala dari pembuluh darah mata pecah hilang dengan sendirinya. Biasanya gejala pembuluh darah mata pecah akan hilang setelah 1 hingga 2 minggu kemudian.

Demikianlah cara mengobati pembuluh darah mata pecah secara alami. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan