Sponsors Link

5 Cara Meningkatkan HB Pada Ibu Hamil paling Aman

Sponsors Link

Ibu hamil memang umumnya memiliki fisik yang rentan dan cukup lemah jika tidak dijaga dengan baik kondisi kesehatannya. Oleh karena itu dokter biasanya selalu memberikan resep obat atau vitamin untuk dikonsumsi ibu hamil agar sistem kekebalan tubuhnya dapat tetap terjaga.

ads

Ibu hamil juga diharuskan untuk selalu menjaga asupan makanan yang mengandung nutrisi tinggi karena harus dibagi juga dengan bayi yang berada dalam kandungan. Belum lagi ibu hamil juga tidak boleh sembarangan konsumsi obat jika sakit karena side effectnya bisa ke bayi yang dikandung.

Yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil adalah munculnya gejala HB rendah. Fungsi hemoglobin yang juga termasuk fungsi sel darah merah memegang peranan yang sangat penting bagi tubuh karena fungsi utamanya yang bertugas membawa oksigen ke paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Pada ibu hamil kemampuan tubuh untuk bekerja optimal memang berkurang sehingga menyebabkan kadar hemoglobin menurun drastis. Belum lagi pada tiap trimester biasanya kadar zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil meningkat.

Lalu apa yang bisa ibu hamil lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut? Simak ulasan mengenai cara meningkatkan HB pada ibu hamil berikut ini:

  • Konsumsi buah-buahan yang mengandung zat besi

Buah-buahan tertentu memang dipercaya memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya bahkan makanan yang lain. Buah juga merupakan bahan yang alami dan relatif aman dikonsumsi. Buah seperti kurma, pisang, atau demila sangat cocok dikonsumsi sebagai cara meningkatkan HB pada ibu hamil.

  • Konsumsi makanan non lemak tinggi

Salah satunya adalah daging, namun ibu hamil perlu bijak mengkonsumsi daging untuk memenuhi kebutuhan zat besi dan proteinnya. Ingat untuk selalu memastikan bahwa konsumsi daging tidak berlebihan yang dapat membawa ibu hamil ke arah obesitas yang tentunya tidak baik untuk janin dalam kandungan.

  • Kacang-kacangan

Hampir semua jenis kacang-kacangan sangat bermanfaat bagi tubuh kita terutama sebagai sumber protein nabati serta pemenuhan asupan kalsium. Kacang-kacangan ini juga mengandung zat besi yang bisa digunakan sebagai cara meningkatkan HB pada ibu hamil yang aman dan efektif. Selain itu kacang-kacangan juga diketahui sebagai salah satu cara cepat menambah trombosit. Jenis kacang-kacangan yang aman dikonsumsi misalnya almond, lentil, kacang hijauh, kacang merah, dan sebagainya.

  • Makanan yang mengandung vitamin C

Sepertinya khasiat vitamin C sudah tidak diragukan lagi karena besarnya manfaat  vitamin ini untuk tubuh. Salah satu manfaat tersebut ada sebagai cara meningkatkan hb pada ibu hamil dengan cara yang aman. Kenapa vitamin C sangat penting untuk menambah HB ibu hamil?

Sponsors Link

Ternyata vitamin C dapat membantu tubuh meningkatkan daya serap tubuh terhadap zat besi. Selain vitamin C yang juga dapat membantu menyerap zat besi adalah vitamin A. Oleh karena itu kita wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung kedua zat tersebut untuk meningkatkan kadar HB dalam darah.

  • Makanan yang tinggi akan folat

Makanan yang mengandung cukup folat akan membantu tubuh memproduksi lebih banyak heme, yakni komponen yang penting dalam hemoglobin. Kekurangan folat dapat menyebabkan anemia defisiensi folat dan juga kadar HB yang rendah yang termasuk penyakit yang berhubungan dengan darah.

Demikian beberapa cara meningkatkan HB pada ibu hamil yang aman baik bagi ibu maupun janin yang sedang dikandung. Ibu hamil memang perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan tinggi kandungan nutrisinya serta memahami betul akibat kurang darah merah dan tanda kurang darah karena risikonya yang lebih tinggi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah