Sponsors Link

10 Cara Menormalkan Tekanan Darah pada Ibu Hamil Dengan Cepat dan efektif

Sponsors Link

Kehamilan pada wanita merupakan sebuah proses yang harus di awasi agar kesehatan ibu dan bayi yang sedang di dalam kandungan dapat terjaga dan sebagai langkah persiapan agar jika terjadi suatu hal pada ibu dan bayi dapat di ambil tindakan pencegahan lebih awal. Jika hal ini luput dari perhatian, ibu hamil beresiko rentan terhadap serangan penyakit  dan penyakit yang muncul bisa saja nanti membahayakan keselamatan ibu dan janin yang sedang di dalam kandungan.

ads

Ada beberapa penyakit yang cukup sering di alami dan di derita oleh ibu hamil yaitu penyakit yang berhubungan tidak normalnya tekanan darah. Dua penyakit yang dapat di derita ibu hamil yang berhubungan dengan tekanan darah adalah penyakit tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi.

Seperti yang sudah kita ketahui, tekanan darah tinggi pada ibu hamil biasanya di sebabkan beberapa faktor seperti tekanan darah tinggi akibat obesitas karena banyak mengkonsumsi makanan-makanan berlemak dan berkolesterol tinggi,  tekanan darah tinggi akibat stress karena baru pertama kali mengalami kehamilan.

Sedangkan untuk penyakit tekanan darah rendah pada ibu hamil disebabkan oleh terjadinya pembesaran rahim pada ibu hamil, ibu hamil mengalami dehidrasi, dan kondisi cuaca dan udara yang berubah-ubah yang mempengaruhi daya tahan fisik ibu hamil. Untuk mengatasi hal ini, berikut ada 10 cara menormalkan tekanan darah pada ibu hamil dimana akan dibagi menjadi dua bagian :

Bagi ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi dapat melakukan hal berikut ini :

  1. Mengatur pola makan

Tekanan darah tinggi pada ibu hamil dapat terjadi karena ibu hamil mengkonsumsi makanan yang memiliki lemak dan garam yang berlebihan. Biasa jenis makanan  yang mengandung banyak lemak dan penggunaan garam yang berlebih dapat kita temukan pada makanan cepat saji. Makanan yang memiliki kadar lemak tinggi lama kelamaan akan menjadi plak-plak lemak jahat yang menempel pada dinding-dinding pembuluh darah, sehingga menyebabkan  penyempitan aliran darah.

Sedangkan kandungan garam natrium yang tinggi di dalam tubuh menyebabkan aliran darah naik dan menekan dinding pembuluh darah. Hal ini lah yang menyebabkan kenapa garam bisa menyebabakan hipertensi.

  1. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kalium tinggi

Salah satu penyebab penyakit tekanan darah tinggi adalah ketidakseimbangan antara kadar kalium dan natrium di dalam tubuh ibu hamil. Selain dengan mengurangi kadar natrium yang tinggi di dalam tubuh ibu hamil, dapat dilakukan dengan menyeimbangkan kadar natrium.

Penyeimbangan ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung kalium seperti buah pisang. Buah pisang selain merupakan makanan sehat darah tinggi juga bisa menjadi makanan untuk penderita pengentalan darah.

  1. Melakukan olahraga rutin

Hal berikutnya yang dapat dilakukan untuk menormalkan tekanan darah tinggi adalah dengan berolahraga secara rutin. Selain melancarkan peredaran darah, olahraga ternyata bisa membuat tekanan darah menjadi normal. Untuk ibu hamil, sebaiknya melakukan olahraga yang tidak memberatkan fisik dan sehingga tidak mempengaruhi kesehatan janin yang sedang di dalam kandungan.

Sponsors Link

  1. Beristirahat dengan waktu yang cukup

Penyakit tekanan darah tinggi pada ibu hamil juga dapat disebabkan karena kelelahan. Saat ibu mengalami kehamilan, ibu menghabiskan banyak tenaga karena semakin bertambahnya bobot ibu dan berkembangnya janin yang ada di dalam kandungan. Kelelahan juga dapat terjadi dikarenakan kebutuhan nutrisi dan gizi ibu tidak dapat terpenuhi dengan baik.

Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya beristirahat dengan cukup di sela kegiatannya sehari-hari dan mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi agar terhindar dari penyakit hipertensi.

  1. Mengkonsumsi buahan penurun tekanan darah

Langkah berikut ini cukup efektif dan banyak dilakukan oleh ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi mengkonsumsi buahan penurun darah tinggi selain dapat menormalkan tekanan darah juga dapat memenuhi nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh ibu hamil dan janin yang sedang di dalam kandungan.

Adapun buah buahan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil adalah buah pisang, melon,  kiwi, strawbery, dan masih banyak lagi. Penyajiannya pun dapat di sesuaikan dengan selera ibu, bisa langsung dimakan ataupun di jadikan sebagai olahan minuman jus terlebih dahulu.

ads

Sedangkan untuk ibu hamil yang menderita penyakit tekanan darah rendah dapat melakukan  cara menstabilkan tekanan darah rendah dibawah ini :

  1. Mengkonsumsi daging ayam

Cara ini dapat ibu lakukan untuk mengatasi tekanan darah rendah yang sedang ibu hamil alami. Daging ayam merupakan sumber protein hewani yang bagus. Mengkonsumsi  protein yang tinggi yang ada pada daging ayam akan membuat tekanan darah menjadi naik dimana protein akan digunakan untuk membangun sel-sel darah yang berada di dalam pembuluh darah.

  1. Memenuhi asupan air dan mineral

Salah satu hal yang menyebabakan ibu hamil terkena penyakit tekanan darah rendah adalah saat ibu hamil mengalami dehidrasi. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil memenuhi asupan air dan mineral di dalam tubuh. Ibu hamil dapat minum sebanyak 8 gelas /hari untuk memenuhi asupan air dan mineral.

  1. Mengkonsumsi kacang-kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan sangat efektif untuk menaikan tekanan darah pada ibu hamil. Adapun jenis kacang-kacangan yang bisa ibu konsumsi adalah kacang merah, kacang buncis, dan kacang panjang. Ibu hamil juga  dapat melakukan beberapa kreasi masakan untuk menghindari kebosanan dalam menyantap menu kacang-kacangan.

  1. Tidak mengkonsumsi minuman keras

Mengkonsumsi minuman keras selain dapat berisiko terhadap kesehatan janin,  berdasarkan penelitian minuman keras dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi sendiri menyebabkan tekanan darah menjadi rendah.

  1. Mengkonsumsi madu dan buah kurma

Buah kurma dan madu terbukti dapat mengatasi tekanan darah rendah pada ibu hamil. Selain memiliki fungsi sebagai anti infeksi, buah kurma dan madu ternyata memiliki fungsi memperlancar peredaran darah di dalam tubuh.

Itulah tadi Cara Menormalkan Tekanan Darah pada Ibu Hamil secara cepat, aman dan paling efektif. Semoga artikel ini dapat membantu para ibu hamil yang memiliki masalah dengan tekanan darah pada masa kehamilannya.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan