Sponsors Link

7 Cara Menormalkan Tekanan Darah Rendah Paling Mudah

Sponsors Link

Tekanan darah bisa dikatakan rendah apabila tekanan sistole berada kurang dari 90 mm Hg atau tekanan diastole yang kurang dari 60 mm Hg. Tekanan darah merupakan gangguan darah umum yang bisa terjadi karena berbagai hal seperti masa kehamilan, infeksi, penyakit jantung, alergi parah, dehidrasi, kehilangan darah dan sebagainya. Apabila seseorang memiliki tekanan darah yang rendah, maka aliran darah ke seluruh organ tubuh tidak akan mencukupi dan akhirnya menimbulkan gejala darah rendah. Cara menormalkan tekanan darah rendah bisa dilakukan dengan cara memperbaiki gaya hidup dan pola makan sekaligus berkonsultasi dengan dokter seperti ulasan dari kami berikut ini.

ads
  1. Konsumsi Banyak Air

Tekanan darah yang rendah bisa terjadi karena dehidrasi sehingga untuk menormalkan tekanan darah ini bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi lebih banyak air putih. Perbanyak minum air putih sekitar 2 hingga 2 setengah liter per hari dan tingkatkan terus banyak air apabila anda sering beraktivitas fisik atau olahraga. Sementara minuman kesehatan yang terdapat kandungan elektrolit juga bisa diminum untuk meningkatkan tekanan darah. Namun, hindari mengkonsumsi minuman yang tinggi akan gula.

  1. Tingkatkan Asupan Garam

Mengkonsumsi terlalu banyak garam akan berdampak buruk untuk tekanan darah. Akan tetapi hal tersebut hanya berlaku untuk seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi. Sedangkan mengkonsumsi garam pada penderita darah rendah justru berfungsi sebaliknya yakni menormalkan tekanan darah. Garam akan berfungsi untuk menambah volume darah sehingga tekanan darah semakin meningkat. Salah satu cara meningkatkan asupan garam yang baik adalah dengan mengkonsumsi sup kaleng yang tinggi akan kandungan natrium.

  1. Makan Porsi Kecil Namun Sering

Mengkonsumsi makanan penambah darah dengan porsi yang kecil namun dilakukan beberapa kali dalam sehari akan menjaga kadar gula dalam darah dan tekanan darah menjadi normal dibandingan dengan menyantap 1 sampai 2 porsi besar setiap hari. Saat mengkonsumsi karbohidrat, akan lebih baik untuk menghindari karbohidrat olahan sepeti roti dan pasta. Ganti asupan karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks seperti pasta dan roti dari serelia utuh dan juga oatmeal.

  1. Perbanyak Asupan Vitamin B12 dan Asam Folik

Vitamin B12 yang merupakan vitamin penambah darah dan juga asam folik sangat baik untuk menjaga kesehatan, sirkulasi dan juga tekanan darah. Beberapa makanan yang tinggi akan vitamin B12 yang bisa dikonsumsi untuk menormalkan tekanan darah adalah ikan, berbagai produk susu, yogurt dan juga keju. Sedangkan sumber asam folik bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam dan juga brokoli.

  1. Hindari Alkohol

Alkohol menjadi salah satu penyebab tubuh dehidrasi meskipun tidak dikonsumsi terlalu berlebihan. Agar tekanan darah bisa kembali normal, maka penderita darah rendah tidak boleh mengkonsumsi alkohol sama sekali supaya bisa vepat pulih.

Sponsors Link

  1. Hindari Menyilangkan Kaki

Saat anda sedang duduk, hindari menyilangkan posisi kaki atau duduk bersila karena akan menghambat sirkulasi darah. Supaya sirkulasi darah tetap lancar dan tekanan darah bisa normal kembali, duduk dengan cara kaki menampak pada permukaan lantai dengan nyaman dan posisi lutut selebar dengan panggul.

  1. Terapkan Pola Makan Seimbang

Menerapkan pola makan yang sehat dan juga seimbang sangatlah penting untuk mengembalikan tekanan darah rendah menjadi normal kembali. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang seimbang juga akan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pola makan seimbang yang dimaksud adalah dengan mengkonsumsi sayuran, buah buahan penambah darah, ikan, daging tanpa lemak dan juga gandum utuh. Hindari mengkonsumsi makanan olahan khususnya yang tinggi akan kandungan gula, lemak dan natrium.

Cara menormalkan tekanan darah sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah yakni dengan cara memperbaiki pola makan dan gaya hidup anda sehari hari. Jauhi segala makanan dan kebiasaan buruk yang menjadi penyebab tekanan darah sehingga masalah kelainan darah ini bisa teratasi dengan sangat baik.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Darah Rendah