Sponsors Link

10 Cara Menyembuhkan Pembuluh Darah Mata Pecah Yang Bisa Anda Terapkan

Sponsors Link

Mata adalah jendela jiwa oleh karena itu sudah sepantasnya kesehatan mata dijaga sebaik mungkin. Sama seperti organ-organ tubuh lainnya, mata juga cenderung mengalami berbagai macam penyakit dan kelainan, salah satunya adalah pembuluh darah mata pecah.

ads

Pembuluh darah mata pecah biasanya ditandai dengan mata merah karena mengalami pendarahan pada bagian bawah selaput mata. Pembuluh darah mata pecah dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti menggosok mata terlalu keras, mengkonsumsi obat pengencer darah, atau juga dapat dikarenakan oleh penyakit seperti gejala darah tinggi dan diabetes.

Pembuluh darah mata pecah memang tidak dianggap terlalu serius oleh pihak medis karena gejalanya akan hilang seiring berjalannya waktu, biasanya hanya akan bertahan 1 hingga 2 minggu saja. Namun, hal itu tidak berarti anda harus melipat tangan dan tidak melakukan upaya apapun untuk menangani kasus pembuluh darah mata pecah. Berikut ini ada 10 cara menyembuhkan pembuluh darah mata pecah yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan gejalanya dengan cepat:

  1. Mengompres mata dengan air es

Mengompres mata menggunakan air es akan membuat darah yang mengalir di mata anda menjadi lebih lambat serta dapat mengobati sebagian peradangan yang terjadi. Hal ini tentunya dapat mengatasi gejala mata merah yang anda alami akibat pembuluh darah mata pecah.

2. Menggunakan es kantung

Sama halnya dengan mengompres mata dengan air dingin, menempelkan kantung es pada mata juga akan berfungsi untuk menghambat aliran darah yang menuju ke mata serta dapat meredakan pembengkakan akibat iritasi dari mata merah.

3. Tidak menggosok mata terlalu keras

Saat mengalami pembuluh darah mata pecah, anda sangat tidak dianjurkan untuk menggosok mata dengan keras karena hal ini dapat beresiko buruk bagi kondisi mata anda.

4. Menggunakan obat tetes mata

Saat pembuluh darah mata pecah, salah satu upaya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Ada beragam jenis obat tetes mata, dan penggunaan masing-masingnya disarankan untuk kondisi yang berbeda-beda. Untuk itu anda perlu mengenali penggunaan obat tetes mata lebih lanjut. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mata.

5. Mengurangi aktifitas menonton atau menatap layar handphone/komputer

Menatap layar yang terlalu lama akan menyebabkan mata menjadi kering sehingga hal ini tentunya berbahaya bagi anda yang mengalami pecah pembuluh darah pada mata. Untuk itu, anda sebaiknya mengurangi aktifitas menonton, dll sebagai salah satu cara menyembuhkan pembuluh darah mata pecah.

6. Tidak merokok

Jika anda perokok maka sebaiknya anda berhenti merokok untuk sementara waktu hingga kondisi mata anda sudah benar-benar pulih. Asap rokok bisa menjadi bahan pengiritasi yang nantinya akan mengganggu mata  membuatnya memerah. Merokok juga meningkatkan risiko Anda terhadap beragam penyakit mata yang meliputi katarak, degenerasi makular, uveitis, retinopati diabetes, dan sindrom mata kering. 

Sponsors Link

7. Tidak meminum alkohol

Meminum alkohol dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi. Hal itu dapat menyebabkan produksi air mata menjadi berkurang karena kehilangan nutrisi penting yang ia butuhkan. Kombinasi antara dehirasi dan hilangnya nutrisi ini akan menyebabkan mata menjadi kering dan merah.

8. Perbanyak konsumsi makanan bergizi

Upaya lainnya yang bisa anda lakukan saat mengalami pecahnya pembuluh darah adalah dengan perbanyak mengkonsumsi makanan bergizi yang berpengaruh bagi kesehatan mata. Kalau perlu anda bisa mengkonsumsi obat tradisional pembuluh darah mata pecah  sebagai cara mengobati pembuluh darah pecah.

9. Tidur yang cukup

Cara menghilangkan pembuluh darah mata yang pecah adalah dengan tidur yang cukup. Tidur yang cukup akan membantu untuk memulihkan kondisi mata anda. Anda sebaiknya tidur selama 7-8 jam di malam hari untuk mengoptimalkan kondisi tubuh serta mata anda.

10. Menghindari hal yang membuat alergi

Untuk menyembuhkan pembuluh darah mata yang pecah, anda perlu menghindari hal-hal yang bisa membuat mata anda alergi. Karena hal seperti itu bisa jadi akan memperparah kondisi mata anda.

Demikianlah 10 cara menyembuhkan pembuluh darah mata yang dapat anda terapkan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan