Sponsors Link

6 Cara Merawat Myeloma Dengan Benar

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui, bahwa myeloma merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang sel plasma pada sumsum tulang belakang. Yang mana, sel plasma ini bekerja sebagai antibodi untuk mencegah dan melawan infeksi di dalam tubuh. Ketika myeloma menyerang, penyebaran penyakit ini sangat cepat dan membuat penderitanya kewalahan. Selain itu, penyebaran dari myeloma dapat darimana saja termasuk dari keluarga.

ads

Dengan demikian – Walau sangat jarang, penyakit ini cukup mematikan bagi siapa saja termasuk penderitanya. Untuk itu, perlu adanya perawatan yang tepat dan benar agar dapat mencegah penyebaran myeloma dari dalam tubuh maupun dari luar. Seperti cara merawat myeloma berikut ini dapat Anda simak.

1. Bergabung dengan komunitas

Cara merawat myeloma dapat Anda lakukan dengan bergabung bersama komunitas. Sebagai penderita atau memiliki keluarga yang mengidap kanker darah atau myeloma, Anda dapat bergabung dengan komunitas yang merasakan hal yang sama. Cara ini dapat membantu Anda untuk bertemu dan bercerita mengenai hal-hal yang membuat Anda terbebani selama menderita myeloma ataupun melihat keluarga Anda mengidap penyakit tersebut.

Dengan melakukan ini, akan membantu penderita myeloma merasa rilex dan tidak stress – sehingga penderita dapat menjalankan pengobatan dengan baik dan meningkatkan harapan hidup melawan sel kanker.

2. Memberi dukungan

Hal ini berlaku bagi Anda yang memiliki keluarga dengan riwayat myeloma. Selalu menemani dan memberi dukungan akan membantu penderita menghilangkan stress, cemas dan rasa takut akan kenyataan yang dihadapi. Dukungan sangatlah perlu demi membuat pasien myeloma merasa memiliki harapan dan tidak mudah menyerah akan cara mengobati kanker darah yang tengah dideritanya.

3. Komunikasi dengan dokter

Cara ini juga perlu untuk diperhatikan agar pasien myeloma dapat mengetahui sejauh mana sel obat tradisional kanker darah berkembang atau seberapa jauh kita dapat melawan sel kanker tersebut. Berkomunikasi dengan dokter akan membantu Anda mengetahui apa yang terjadi pada pasien ketika merasa nyeri atau kesakitan. Selain itu, hal ini juga membantu pasien untuk tetap melakukan pengobatan penyakit anemia dengan dokter.

4. Tetap memiliki kontrol

Walaupun mengidap myeloma, seorang pasien biasanya tetap ingin melakukan kegiatan sehari-hari yang biasanya dilakukan. Hal ini diperbolehkan, asalkan tetap berada dibawah pengawasan agar pasien tidak mudah lelah lalu kembali merasakan nyeri pada bagian tertentu.

Sebagai keluarga pun, hanya boleh membantu ketika pasien tidak lagi dapat melakukan pekerjaan tersebut. Tetap beri kebebasan dan mendukung segala keinginannya agar dapat melawan sel gejala kanker darah tersebut hingga sembuh.

Sponsors Link

5. Perhatikan kesehatan

Pada bagian ini, sangatlah penting. Walaupun ciri-ciri myeloma merenggut fungsi-fungsi organ tertentu – tetap perlu untuk menjaga kesehatan untuk mencegah keadaan yang semakin buruk. Hal ini pun berlaku bagi keluarga yang menjaga pasien agar tidak kelelahan dalam bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari.

Karena ketika Anda kelelahan, biasanya sistem imun akan menurun dan akan semakin sulit merawat pasien myeloma. Hindari hal tersebut agar Anda pun dapat mencegah myeloma menyerang tubuh Anda.

6. Memperhatikan kebersihan

Salah satu faktor penyebab kanker darah berkembangnya sel kanker myeloma ialah asap atau lingkungan yang tidak sehat. Untuk mencegah hal tersebut, menjaga kebersihan adalah hal yang tepat. Mulai dengan menjaga kebersihan udara di sekeliling pasien, barang-barang yang digunakan pasien hingga makanan yang akan disantap.

Itulah cara merawat myeloma sebagai keluarga maupun sebagai pasien dapat Anda lakukan. Tetap semangat dalam melawan penyakit apapun di dalam tubuh, berilah dukungan dan dorongan agar pasien tetap memiliki harapan untuk hidup. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan