Sponsors Link

7 Ciri-ciri Anemia Ringan Jarang Orang Perhatikan

Sponsors Link

Anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah anda lebih rendah dari jumlah normal. Anemia juga bisa terjadi jika sel-sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin. Hemoglobin adalah protein kaya zat besi yang memberikan warna merah pada darah.

ads

Protein ini membantu sel-sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Anda juga bisa lihat komplikasi sepsis yang wajib diketahui yang bisa bantu kita juga untuk mengetahui dengan jelas. Berikut ini kita akan lihat, ciri-ciri anemia ringan :

1. Pucat

Kulit pucat menjadi salah satu gejala umum apabila seseorang kekurangan zat besi. Hemoglobin merupakan zat pemberi warna merah di dalam darah. Itu sebabnya, ketika jumlahnya berkurang, itu akan mempengaruhi warnanya.

Itulah yang membuat kulit akhirnya berwarna tidak seperti biasanya, namun lebih pucat. Anda juga bisa lihat manfaat donor darah untuk kulit jarang orang ketahui yang bisa bantu kita mengenali ciri-cirinya juga.

2. Pusing

Kepala yang terasa lebih sakit daripada biasanya, ini terjadi ketika kadar hemoglobin di dalam sel darah merah yang terlalu rendah. Akibatnya, tidak ada cukup oksigen yang sampai ke otak. Anda juga bisa lihat gejala pembekuan darah di otak yang perlu anda waspadai yang bisa bantu kita juga mengatasi kemungkinan yang ada.

Kurangnya oksigen yang sampai ke otak akan membuat anda merasa pusing lebih dari biasanya. Terutama ini akan terjadi, ketika anda saat berdiri dari duduk atau berbaring.

3. Sesak napas

Kurangnya kadar hemoglobin di dalam darah, bisa berpengaruh pada kurangnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi inilah yang akhirnya membuat otot tidak mendapat cukup oksigen untuk bisa melakukan aktivitas normal sehari-hari, seperti berjalan, naik turun tangga, hingga saat berolahraga ringan.

4. Kelelahan

Jika anda kurang darah yang ringan, salah satu gejala yang pasti di rasakan adalah seringnya kelelahan, atau cepatnya anda akan merasa lelah yang cukup parah dan lebih dari biasanya. Hal ini terjadi karena tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat protein darah yang di sebut hemoglobin.

Anda juga bisa lihat cara meningkatkan HB pada ibu hamil paling aman yang membantu kita mengetahui dengan jelas.

Sponsors Link

5. Kulit dan rambut kering

Anemia ringan juga bisa berpengaruh pada kondisi kulit penderitanya. Kulit yang kering serta rambut rusak biasanya menjadi salah satu tanda bahwa seseorang kekurangan zat besi. Dan kita tahu, zat besi itu ada karena pembentukkan dari sel darah putih yang bisa membantu kita.

6. Insomnia

Jika anda terus tidak bisa tidur, atau mengalami gangguan tidur, itu adalah hal yang patut di curigai. Karena itu bisa berarti kurangnya sel darah putih yang bisa berpengaruh besar pada zat besi yang ada pada tubuh anda.

7. Sulit berkonsentrasi

Kurangnya hemoglobin tidak hanya mempengaruhi produksi sel darah merah dan pengiriman oksigen ke organ tubuh, otot, dan jaringan tubuh saja.

Namun hemoglobin juga mempengaruhi setiap hal yang berkaitan dengan pengaruh tubuh. Jika anda merasa tiba-tiba sulit untuk berkonsentrsi, ini bisa jadi tanda-tanda bahwa anda kekurangan sel darah putih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Anemia