Sponsors Link

12 Ciri-ciri Kelebihan Sel Darah Putih yang Perlu Anda Waspadai

Sponsors Link

Peran leukosit atau sel darah putih sangat penting bagi sistem imun yakni dapat memakan penyakit-penyakit yang menyerang tubuh. Saat infeksi terdeteksi oleh tubuh, sel darah putih bertugas melawan infeksi yang mencoba menyerang tersebut. Namun, leukosit mempunyai potensi untuk meningkat jumlahnya yang tentu saja tak baik bagi kesehatan bahkan berbahaya. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya peningkatan jumlah leukosit diantaranya kebiasaan merokok, alergi dan stres. Penyebab lainnya adalah penyakit pada sistem peredaran darah seperti leukemia, infeksi jamur dan bakteri serta penggunaan obat-obatan tertentu. Berikut dibahas ciri-ciri kelebihan sel darah putih yang perlu diwaspadai.

ads
  1. Cepat Lelah

Ciri-ciri kelebihan sel darah putih yang pertama adalah tubuh menjadi cepat lelah. Tentu saja gejala satu ini tidak bisa menjadi patokan mutlak adanya peningkatan leukosit dalam tubuh, bisa saja akibat dari gejala anemia. Untuk memastikannya, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter.

  1. Demam Tinggi

Pada umumnya demam tinggi merupakan gejala tubuh mengalami dehidrasi atau flu dan batuk yang parah. Namun jika demam tinggi terjadi secara tiba-tiba sebaiknya jangan terlalu diremehkan. Hal ini karena ada kemungkinan juga disebabkan oleh peningkatan jumlah leukosit dalam darah.

  1. Menggigil

Mengigil yang menyertai demam juga dapat terjadi karena gejala flu yang terjadi pada banyak orang. Namun, jika demam tinggi hingga menggigil disertai dengan tubuh mudah lelah bisa jadi adalah tanda terjadi peningkatan sel darah putih. Supaya hasil diagnosis lebih pasti, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau pihak medis.

  1. Wajah Memucat

Sakit kepala, kelelahan, anemia serta gejala darah rendah memang dapat mengakibatkan wajah menjadi pucat. Begitu juga dengan adanya jumlah sel darah putih yang meningkat, wajah akan tampak lebih pucat dari biasanya. Untuk memastikannya, berkonsultasilah dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

  1. Detak Jantung Lebih Cepat

Detak jantung lebih cepat dapat terjadi setelah beraktivitas fisik atau olahraga. Namun jika detak jantung lebih cepat disertai dengan tubuh yang cepat lelah, Anda perlu curiga karena jumlah leukosit yang meningkat.

  1. Otot Tubuh Melemas

Otot tubuh yang melemas hingga tak lagi bertenaga biasanya terjadi akibat olahraga yang berlebihan. Namun jika otot melemas terjadi secara berkelanjutan maka dapat mengindikasikan terjadinya peningkatan leukosit dalam tubuh yang berbahaya bagi kesehatan. Segera berkonsultasilah dengan dokter.

  1. Sering Buang Air Kecil

Pada saat jumlah leukosit meningkat, penderitanya akan sering buang air kecil. Namun bisa saja frekuensi berkemih yang lebih seirng ini juga diakibatkan karena seringnya minum air putih. Untuk lebih memastikan adanya peningkatan leukosit dalam tubuh atau tidak, sebaiknya periksalah ke dokter.

Sponsors Link

  1. Bau Busuk dari Urine

Bau busuk pada urine yang tidak biasa seperti pada normalnya juga dapat mengindikasikan jumlah leukosit yang meningkat. Sebaiknya jangan ragu untuk memeriksakannya pada dokter karena kenaikan leukosit sangat berbahaya bagi kesehatan.

  1. Nyeri dan Panas saat Buang Air Kecil

Jika saat berkemih, Anda merasakan nyeri dan panas maka Anda juga perlu memeriksakannya ke dokter. Bisa jadi hal ini merupakan gejala infeksi saluran kencing atau peningkatan jumlah leukosit pada darah. Parahnya lagi, neyeri dan panas saat buang air kecil ini juga merupakan salah satu gejala leukemia atau kanker darah.

  1. Keruhnya Warna Urine

Tubuh yang tidak sehat ditandai dengan keruhnya warna urine. Jika warna urine keruh disertai dengan bau busuk juga tubuh yang mudah lelah segeralah periksa untuk mendapatkan penanganan medis. Hal ini juga merupakan beberapa gejala leukosit yang jumlahnya meningkat.

Sponsors Link

  1. Urine Berdarah

Urine yang berdarah memang berkaitan dengan infeksi kandung kemih. Namun jika urine berdarah disertai dengan nyeri hingga panas juga warnanya yang keruh bisa jadi merupakan tanda leukosit yang meningkat. Segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

  1. Tumor Kandung Kemih

Jika Anda merupakan pasien tumor kandung kemih, perlu berhati-hati juga karena berpotensi menjadi kanker ganas. Penyakit satu ini juga dapat mengindikasikan bahwa  terjadi peningkatan jumalh leukosit dalam tubuh. Anda pun harus mencegah perkembangan penyakit ini agar tidak semakin parah dengan cara memeriksakannya pada dokter.

Demikian 12 ciri-ciri kelebihan sel darah putih yang wajib Anda waspadai. Tanda-tanda jumlah leukosit dalam tubuh yang meningkat pada tubuh memang cepat mudah lelah. Jika beberapa gejala di atas terjadi pada Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk mencegah kelebihan sel darah putih, sebaiknya konsumsilah buah-buahan penambah darah, sayuran penambah darah serta vitamin penambah darah yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Sponsors Link
, , ,