Sponsors Link

10 Ciri Ciri Myeloma Yang Perlu Anda Ketahui

Sponsors Link

Myeloma merupakan salah satu jenis penyebab kanker darah yang menyerang sel plasma atau sel darah putih pada sumsum tulang belakang. Walau cukup jarang terjadi, penderita myeloma akan mudah terserang komplikasi penyakit karena gejala yang ditimbulkan.

ads

Myeloma juga akan menyerang seluruh organ didalam tubuh kita secara perlahan dan menurunkan jumlah darah didalam tubuh. Untuk itu, sangat penting mengetahui gejala atau ciri-ciri myeloma yang dapat menyerang penderitanya.

Hal ini dimaksudkan agar si penderita dapat melakukan pencegahan dan pengobatan sedini mungkin. Berikut ini beberapa gejala atau ciri ciri dari myeloma:

  1. Mual, kehilangan selera makan, dan penurunan berat badan

Ciri-ciri myeloma yang satu ini dapat dilihat ketika Myeloma telah menyerang hampir sebagian dari organ tubuh Anda. Ketika myeloma menyentuh ginjal dan saluran pencernaan akan dengan mudah membuat nafsu makan Anda menjadi turun sehingga berdampak pada penurunan berat badan secara drastis. Hal ini juga ditandai dengan rasa mual bahkan ketika Anda belum atau sedang tidak mengisi perut.

2. Konstipasi

Apa itu konstipasi? Konstipasi adalah suatu keadaan yang membuat penderitanya mengalami kesulitan buang air besar atau yang juga disebut sembelit. Myeloma ternyata dapat membuat Anda mengalami sembelit karena saluran pencernaan yang terganggu atau mengalami infeksi.

3. Nyeri pada tulang dan tulang menjadi lebih mudah patah

Hal ini tentu akan terjadi, karena myeloma – sesuai yang telah dijelaskan – menyerang sel plasma pada sumsum tulang belakang yang juga berdampak pada keseluruhan tulang Anda. Tulang akan menjadi mudah rapuh dan membuat Anda tidak dapat beraktivitas berat. Hal ini lah yang membuat tulang Anda mudah patah dan terasa nyeri bahkan ketika Anda sedang beristirahat.

4. Mudah berdarah dan timbul lebam-lebam

Gejala kanker darah selanjutnya berkaitan dengan tulang yang mudah rapuh dan penurunan berat badan. Ciri-ciri ini menunjukkan bahwa myeloma yang berkembang didalam tubuh Anda semakin parah. Karena telah mengganggu peredarah makanan sehat darah tinggi Anda yang menyebabkan Anda mudah terluka serta timbulnya lebam berwarna merah keunguan secara tiba-tiba.

5. Masalah pada ginjal

Hal ini tentunya dapat terjadi ketika myeloma didalam tubuh Anda semakin berkembang, dan akibat salah transfusi darah  yang terinfeksi akan ikut mengganggu kinerja ginjal. Ketika ginjal terganggu, akan membuat tubuh Anda semakin bekerja ekstra dan lelah dengan mudah. Selain itu, ginjal juga akan dengan mudah terserang infeksi dan berbagai jenis penyakit lainnya karena tidak dapat melawan bakteri di dalam tubuh.

Sponsors Link

6. Mati rasa pada kaki

Myeloma dapat membuat Anda kesulitan merasakan kaki Anda sendiri. Gejala limfoma ini biasanya terjadi di awal atau pada stadium akhir myeloma. Namun, ketika Anda kurang mengonsumsi vitamin atau obat yang dibuat khusus untuk tulang, akan dengan mudah membuat myeloma menyerang seluruh tulang Anda termasuk pada kaki.

Tidak hanya itu, adapun beberapa gejala myeloma dibawah ini – dapat memberitahukan pada Anda tentang seberapa bahaya myeloma ketika menyerang tubuh manusia, yaitu sebagai berikut:

  • Kelelahan dan pucat ditandai dengan kesulitan bernapas.
  • Mudah terserang infeksi dan komplikasi penyakit lainnya termasuk pada penyakit turunan.
  • Sering merasa haus.
  • Kebingungan, gangguan mental hingga merasa depresi.

Dengan demikian, ciri-ciri myeloma yang sangat perlu Anda perhatikan dan ajarkan pada keluarga hingga kerabat dekat Anda untuk mengetahui seberapa bahaya myeloma itu. Periksa dan konsultasi pada dokter dengan rutin serta  mengonsumsi obat tradisional kanker darah sesuai dosis untuk mengatasi myeloma. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Myeloma