Sponsors Link

10 Ciri-Ciri Pembuluh Darah Pecah di Tangan yang Patut Anda Waspadai

Sponsors Link

Pembuluh darah adalah bagian terpenting yang berperan dalam sistem peredaran manusia dimana di dalamnya darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh lalu kembali lagi dari seluruh tubuh ke jantung. Pembuluh darah ini terdiri atas lima jenis pembuluh darah utama, yakni:

ads
  • Pembuluh vena, merupakan pembuluh balik yang membawa darah ke jantung.
  • Pembuluh venula, merupakan pembuluh yang berkaitan dengan pembuluh kapiler, yang dimana pembuluh venula ini mengumpulkan darah dari pembuluh kapiler lalu membawanya ke pembuluh vena.
  • Pembuluh kapiler, yakni pembuluh darah yang menghubungkan arteriol dan venula. Ia berfungsi untuk menghantarkan oksigen dan nutrisi ke seruluh tubuh yang terkandung dalam darah.
  • Artelior, pembuluh darah ini berfungsi untuk membawa darah ke pembuluh kapiler serta mampu mengendalikan jumlah darah yang masuk ke pembuluh kapiler.
  • Arteri, pembuluh darah ini berfungsi untuk membawa darah dari jantung menuju organ-organ lainnya.

Selain darah tinggi, ada banyak resiko kesehatan yang bisa terjadi pada pembuluh darah manusia, salah satunya adalah pembuluh darah pecah. Pembuluh darah pecah merupakan kondisi dimana salah satu penyakit dan kelainan darah yang patut untuk diwaspadai karena hal ini dapat mengakibatkan stroke dan bahkan kematian bila tidak segera di atasi dengan tepat. Berhati-hati adalah salah satu cara mencegah pembuluh darah pecah karena biasanya pembuluh darah pecah diakibatkan karena adanya cedera.

Kasus pembuluh darah pecah umumnya terjadi pada bagian kulit, mata dan otak. Meskipun kasusnya terdengar sama, yakni sama-sama mengalami pembuluh darah pecah namun ketiga kasus tersebut memiliki penyebab, tingkat keparahan, resiko yang berbeda, serta cara mengobati pembuluh darah pecah.

Dan, pada pembahasan kali ini, kita akan berfokus pada pembuluh darah pecah di kulit, tepatnya di daerah tangan. Pembuluh darah yang pecah di bagian tangan ini dapat terjadi ketika saluran darah pecah sehingga darah keluar dari pembuluh dan masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa ciri-ciri pembuluh darah pecah di tangan yang bisa anda kenali berikut ini:

1. Timbul Bercak-Bercak Merah

Ciri-ciri orang yang mengalami pembuluh darah pecah di bawah kulit adalah munculnya bercak-bercak kemerahan. Namun, ketika disentuh bintik-bintik merah tersebut tidaklah menonjol layaknya jika seseorang telah digigit nyamuk. Bintik-bintik merah itu berada di bawah permukaan kulit.

2. Saat Bercak Merah ditekan, Ia Akan Tetap Merah

Normalnya, ketika seseorang menekan bercak merah di kulitnya, bercak merah tersebut akan berubah menjadi pucat lalu kemudian menjadi merah kembali. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada orang yang pembuluh darahnya pecah, yang dimana ketika bercak merah yang ia miliki ditekan, bercak merah tersebut tidak akan mengalami perubahan warna sama sekali dan akan tetap berwarna merah.

3. Timbul Memar/Lebam

Selain bintik atau bercak merah, ciri-ciri pembuluh darah pecah di tangan lainnya adalah memar. Memar atau lebam tentunya berbeda dengan bercak merah. Memar ini biasanya berwarna keunguan dan berukuran lebih besar dibanding bercak merah.

Sponsors Link

4. Bengkak

Tangan yang pembuluh darahnya pecah biasanya akan mengalami pembengkakan. Pembengkakan itu dapat terjadi akibat adanya penyumbatan atau penyempitan yang mengakibatkan pembuluh darah tersebut pecah.

5. Nyeri

Tak hanya bengkak, orang yang mengalami pembuluh darah pecah di tangan juga akan merasakan nyeri pada area tangannya. Biasanya hal ini terjadi ketika pembuluh darah pecah disebabkan karena adanya benturan keras atau cedera.

6. Gatal 

Apabila pembuluh darah pecah pada bagian kulit, kemungkinan besar seseorang yang mengalaminya akan mengeluh dengan adanya rasa gatal pada area punggung atau area tertentu. Rasa gatal tersebut biasanya akan terasa dari hari ke hari dan frekuensi gatalnya juga akan kerap terjadi.

7. Susah Menggerakkan Tangan

Pecahnya pembuluh darah akan mengakibatkan darah tidak dapat mengalir dengan baik sebagaimana normalnya. Hal ini tentunya akan membuat orang yang mengalaminya akan kesusahan untuk menggerakkan bagian-bagian tubuh tertentu. Seperti halnya jika pembuluh darah pecah terjadi di tangan, maka orang tersebut akan merasa susah atau sulit untuk menggerakkan tangannya.

Sponsors Link

8. Merasa Lemah

Darah yang tidak bersirkulasi dengan baik karena pecahnya pembuluh darah tentu tidak dapat menghantarkan zat-zat yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh seperti orang sehat pada umumnya. Akibatnya, tubuh pun akan terasa lemah dan tidak dapat beraktifitas secara normal.

9. Lumpuh

Tak hanya susah untuk digerakkan, pembuluh darah tangan yang pecah juga bisa mengakibatkan kelumpuhan. Pembuluh darah pecah akan menghambat darah untuk mengalir dengan normal sehingga bagian tubuh yang tidak mendapatkan aliran darah tersebut akan menjadi kaku dan bahkan lumpuh.

10. Kesemutan

Orang yang mengalami pembuluh darah pecah juga akan kerap merasakan kesemutan. Hal tersebut tidak terlepas dari sirkulasi darah yang tidak berjalan normal sehingga pasokan darah yang dibutuhkan oleh tubuh tidak terpenuhi dengan baik.

Itulah Ciri-Ciri Pembuluh Darah Pecah di Tangan yang Patut Anda Waspadai untuk berjaga jaga jika suatu saat anda mengalami hal ini dapat di tangani dengan benar.

Sponsors Link
, , , , ,