Sponsors Link

Definisi Hemodialisis Menurut Beberapa Ahli Terlengkap

Sponsors Link

Asal kata hemodialisis berasal dari kata hemo yang berarti darah dan kata  dialisis yang berarti proses pemisahan zat terlarut. Hemodialisis dapat di di defenisikan sebagai sebuah metode  yang dilakukan kepada penderita penyakit yang mengharuskan cuci darah dimana metode ini berfungsi untuk membuat sisa-sisa metabolisme tubuh yang ada di dalam darah.

ads

proses hemodialisis secara singkat yaitu dengan menggunakan mesin dan alat berbentuk tabung bernama dializer yang mekanismenya dibuat serupa dengan fungsi ginjal dalam menyaring racun dan sisa-sisa metabolisme tubuh. Cairan bernama dialisat digunakan sebagai larutan untuk mengeluarkan dan menampung cairan dari sisa-sisa metabolisme tubuh dan mencegah tubuh kehilangan zat-zat vital selama terjadinya proses hemodialisa.

Adapun beberapa penyakit yang menjadi penyebab hemodialisa diantaranya adalah penyakit gagal ginjal, kanker darah, tekanan darah tinggi, keracunan methanol, ketidakseimbangan cairan elektrolit di dalam tubuh. Penyakit-penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor diantarnya kurangnya kesadaran dalam menjaga kesehatan diri, kurangnya kesadaran untuk selalu berolahraga, pola hidup modern yang serba instan, serta faktor penyakit keturunan.

Di bawah akan coba dijelaskan definisi dari hemodialisis agar dapat dijadikan informasi bagi pembaca seputar metode cuci darah untuk dibagikan kepada teman,keluarga maupun kerabat yang terkena penyakit yang mengharuskan cuci darah. Berberapa definisi hemodialisis dari beberapa ahli yaitu :

1. Menurut DR. Nursalam M Nurs

Hemodialisa adalah proses pembersihan darah oleh akumulasi sampah buangan. hemodialisis dilakukan pada pasien gagal ginjal tahapan akhir ataupun pasien penyakit akut yang memerlukan dialysis dengan waktu yang singkat.

2. Menurut christen Brooker

Hemodialisis adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme tubuh seperti ureum dan zat beracun lainnya, dengan mengalirkan darah melalui alat dializer yang berisikan membran yang selektif-permeable dimana melalui membran tersebut fusi zat-zat yang tidak di kehendaki terjadi. Hemodialisis dilakukan pada kondisi gagal ginjal dan  beberapa bentuk keracunan.

3. Menurut price dan wilson

Definisi hemodialisis menurut price dan wilson adalah sebuah proses dimana solute serta air mengalami peristiwa perpindahan zat dalam pelarut. Perpindahan ini bermulai dari bagian yang berkonsentrasi tinggi menuju kebagian yang berkonsetrasi rendah melalui membran berpori.

4. Menurut thiser dan wilcox

Definisi Hemodialisis Menurut thiser dan wilcox didefinisikan sebagai pergerakan larutan dan air dari darah pasien melalui membran semipermeabel (dailzer) ke dalam dialisat. Dializer juga berfungsi untuk memindahkan sebagai besar volume cairan.

Dengan melakukan pembesaran jalan masuk vaskuler, antikoagulansi dan produksi dializer yang memang dapat dipercaya dan lebih efisien menjadikan hemodialisa sebagai metode dominan dalam tindakan terhadap penyakit gagal ginjal akut dan kronik di amerika serikat.

Sponsors Link

dari beberapa definisi ahli di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa hemodialisis merupakan sebuah metode dengan teknologi yang tinggi yang menjadi opsi pilihan yang sangat efektif sebagai tindakan penyelamatan terhadap pasien yang terkena penyakit yang mengharuskan cuci darah.

Tentu saja dalam menjalani proses hemodialisis terdapat kelebihan dan kekurangan cuci darah yang akan di rasakan oleh pasien penderita penyakit yang mengharuskan cuci darah. Kelebihan yang dapat di rasakan bagi pasien beberapa di antaranya yaitu elekrolit di dalam tubuh pasien menjadi lebih seimbang dan mengurangi penyakit komplikasi yang beresiko menyebabkan kematian.

Sedangankan kekurangan yang dirasakan oleh pasien berupa kondisi fisik yang cepat merasa lelah dan lemah karena proses cuci darah memakan waktu yang cukup lama dan kadar gula di dalam tubuh menjadi meningkat karena cairan dialisat mengandung gula yang dapat di serap oleh tubuh.

Akibat dari tidak cuci darah akan sangat  merugikan bagi pasien dan sangat membahayakan hingga dapat menyebabkan kematian. Untuk itu, penting sekali  untuk mengetahui cara kerja hemodialisa dan tahapan prosedur hemodialisis agar proses hemodialisa dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Sponsors Link

Hal yang tidak kalah pentingnya yang ingin disampaikan kepada para pembaca  yaitu  mulailah untuk menjaga kesehatan diri dari sekarang. Karena seperti kalimat bijak yang sering kita dengar  “mencegah lebih baik dari mengobati”. Banyak cara yang bisa kamu lakukan sebagai usaha dalam menjaga kesehatan diri diantaranya adalah mulai rajin berolahraga dan menerapkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, hingga istirahat secara cukup dan teratur.

Beberapa hal sederhana ini akan sangat dirasakan manfaatnya apabila dikerjakan dengan sepenuh hati. Dan untuk kalian yang sudah terkena penyakit yang mengharuskan cuci darah, hal yang paling penting untuk menghadapi penyakit adalah selalu tetap bersemangat dan memotivasi diri sendiri agar keinginan untuk sembuh tidak menurun. Cobalah untuk menghindari stress, karena stress akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang.

Untuk penderita penyakit yang mengharuskan cuci darah di seputaran jakarta, saat ini tidak perlu khawatir lagi untuk menemukan tempat untuk melakukan proses cuci darah. Ada beberapa  tempat cuci darah di jakarta dengan fasilitas dan pelayanan yang baik. Masalah biaya cuci darah dirumah sakit pun tidak perlu menjadi beban pikiran, karena di tempat cuci darah yang akan kamu kunjungi menerima pembayaran biaya cuci darah pakai bpjs.

Itulah sedikit penjelasan tentang definisi hemodialisis yang dapat di sampaikan. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi para pembaca.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah