Sponsors Link

4 Fungsi Hemodialisis Yang Cukup Efektif Dilakukan

Sponsors Link

Fungsi hemodialisis sangat penting bagi tubuh manusia terutama pada orang yang menderita gagal ginjal. Hemodialisis pada dasarnya dapat berguna untuk menggantikan kinerja ginjal. Ginjal sendiri memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi tubuh manusia.

ads

Jika ginjal mengalami gangguan maka kondisi ini akan menjadi sangat berbahaya. Oleh karena itu dibutuhkan prosedur hemodialisis bagi pasien gagal ginjal. Ada berbagai macam fungsi hemodialisis di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menormalkan keseimbangan cairan

Air atau cairan menjadi komponen penting dalam tubuh manusia. Orang yang mengalami kekurangan cairan bahkan bisa terancam jiwanya. Maka itu setiap dari kita perlu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Namun pada pasien gagal ginjal tentunya cairan dalam tubuh tidaklah seimbang.

Hal ini karena ginjal mengalami gangguan atau kerusakan sehingga tidak dapat bekerja dan berfungsi dengan baik. Untuk mengatasinya maka dibutuhkan proses hemodialisis sehingga cairan dalam tubuh pasien bisa tetap seimbang.

Dengan menjalani proses hemodialisis maka pasien gagal ginjal diharapkan tidak sampai mengalami kekurangan cairan sehingga organ tubuh pasien dapat berjalan dan berfungsi dengan normal seperti sebelumnya.

2. Membuang sisa metabolisme

Sisa hasil metabolisme dalam tubuh sudah seharusnya dibuang atau dikeluarkan dari tubuh agar tidak menimbulkan penyakit. Sisa metabolisme umumnya mengandung racun yang bisa saja menimbulkan penyakit pada seseorang. Sebenarnya sisa metabolisme tubuh ini akan dibuang dengan bantuan dan peran dari organ ginjal.

Ginjal berperan sebagai alat ekskresi pada manusia yang bertugas untuk membuang racun pada tubuh. Namun pada orang yang menderita gagal ginjal tentunya sisa metabolisme tubuh tidak dapat dikeluarkan dengan baik karena ginjal tidak dapat bekerja dengan baik.

Oleh karena itu pasien gagal ginjal perlu menjalani definisi hemodialisis. Melalui proses ini maka fungsi ginjal yang rusak bisa digantikan sehingga sisa metabolisme tubuh dapat dibuang atau dikeluarkan.

3. Menyeimbangkan asam basa elektrolit dalam tubuh

Kondisi asam basa elektrolit dalam tubuh dalam jumlah atau kadar yang tidak seimbang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia. Elektrolit sendiri pada dasarnya memiliki banyak peran dalam tubuh manusia misalnya saja untuk menjaga keseimbangan cairan.

Ketidakseimbangan kadar asam dan basa dalam tubuh tentu akan sangat mengganggu kinerja berbagai organ dalam tubuh. Seseorang yang mengalami gagal ginjal berarti elektrolit dalam tubuh juga akan mengalami gangguan. Oleh karena itu pasien gagal ginjal membutuhkan terapi hemodialisis serta memahami kelebihan dan kekurangan cuci darah untuk mengatasi kondisi ini.

Terapi hemodialisis akan membantu elektrolit dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik sekaligus dapat menjaga kadar asam dan basa yang ada pada elektrolit.

Sponsors Link

4. Mengendalikan tekanan darah

Seseorang yang menderita gagal ginjal bisa saja mengalami hipertensi saat menjalani proses hemodialisis. Penyakit hipertensi pada seseorang juga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada arteri. Kondisi ini tentunya akan menghambat darah yang diperlukan oleh jaringan pada ginjal sehingga ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik.

Ginjal sebenarnya turut berperan dalam memproduksi hormon yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah di dalam tubuh. Namun jika ginjal mengalami gangguan atau kerusakan maka ginjal tidak dapat menjalankan perannya dengan baik.

Untuk itu dibutuhkan terapi tujuan hemodialisis agar ginjal dapat berfungsi dengan baik dan dapat menjaga tekanan darah pasien agar tetap dalam kondisi normal.

Fungsi hemodialisis sangat penting terutama bagi pasien gagal ginjal. Oleh karena itu jika ginjal sudah tidak dapat berfungsi maka sebaiknya pasien bersedia untuk menjalani hemodialisis. Sehingga dapat menghindari resiko penyakit yang lebih berat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan