Sponsors Link

5 Fungsi Sel Darah Merah Bagi Tubuh yang Mengagumkan!

Sponsors Link

Sel darah merah atau biasa dikenal dengan sebutan eritrosit merupakan komponen pada darah yang memegang peranan sangat penting bagi tubuh.

ads

Sel darah merah ini jumlahnya lebih banyak dari sel darah yang lain dengan jumlah kurang lebih 5 juta per mm3. Sel darah merah diproduksi di sumsum tulang belakang dengan masa hidup 120 hari. Setelah 120 hari sel darah merah akan dihancurkan dan digantikan dengan sel darah merah yang baru. Untuk lebih jelasnya anda dapat mempelajari proses pembentukan darah.

Kali ini kami dari tim dokterdarah akan coba untuk mengulas tentang fungsi sel darah merah agar kita mampu memahami dengan optimal betapa pentingnya sel darah merah bagi tubuh kita. Yuk simak daftar fungsi sel darah merah berikut ini:

1. Mengikat dan Mendistribusikan Oksigen

Tugas utama dari sel darah merah adalah mengikat oksigen dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh. Fungsi ini sangat penting bagi tubuh kita karena setiap organ dalam tubuh membutuhkan asupan oksigen yang cukup agar dapat bekerja dengan optimal.

Oksigen yang dihasilkan pada paru-paru akan diikat oleh sel darah merah untuk diedarkan ke seluruh tubuh, sedangkan karbon dioksida pada jaringan tubuh akan diikat untuk dibuang melalui paru-paru. Fungsi sel darah merah ini dilakukan utamanya dengan bantuan hemoglobin.

Jika tubuh kekurangan darah termasuk sel darah merah efeknya bisa berbahaya loh. Oleh karena itu bermacam jenis transfusi darah seringkali dilakukan untuk menghindari hal fatal terjadi.

2. Menjaga Kekebalan Tubuh

Sel darah merah layaknya sel darah putih juga memiliki fungsi untuk melawan bakteri. Mekanismenya adalah sel darah merah akan mengalami proses lisis yang disebabkan oleh oleh patogen atau bakteri, kemudian hemoglobin akan mengeluarkan radikal bebas yang berfungsi untuk menghancurkan dinding dan membran sel patogen.

3. Mengatur Suhu Tubuh

Yak, fungsi sel darah merah yang lain adalah untuk mengatur suhu tubuh kita. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa sel darah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh yang dipergunakan untuk proses oksidasi. Melalui proses inilah diproduksi energi yang menghasilkan bentuk lain berupa panas. Panas inilah yang dipergunakan untuk menjaga suhu tubuh kita agar tetap normal di angka 37 derajat celcius.

Sebaliknya ketika suhu udara sedang panas, maka sel darah merah dalam kulit akan memindahkan panas ke udara di sekitarnya, sehingga tubuh kita dapat terjaga suhunya. Kenali pula tanda kurang darah agar anda tidak lalai jika mengalami beberapa gejala seperti lemas, pucat, dan ngos-ngosan baik ketika terkena panas terik atau pun tidak.

Sponsors Link

4.  Melebarkan Pembuluh Darah

Sel darah merah yang melepaskan senyawa S-nitrosothiol yakni pada saat hemoglobin terdeoksigenasi, akan membuat pembuluh darah melebar dan hal ini sangat bermanfaat untuk melancarkan arus darah agar dapat segera sampai di jaringan tubuh yang membutuhkan oksigen.

5. Mengantarkan Sari Makanan

Selain membantu untuk mengangkut oksigen untuk didistribusikan ke seluruh tubuh serta mengangkut karbon dioksida, terdapat fungsi sel darah merah lainnya untuk tubuh yang sama penting. Fungsi tersebut adalah untuk mengantarkan sari-sari makanan.

Saat kita mengkonsumsi makanan terdapat nutrisi yang sangat penting bagi tubuh seperti protein, vitamin, karbohidrat, dan sebagainya. Fungsi sel darah merah adalah mendistribusikan nutrisi atau sari-sari makanan ini ke jaringan tubuh yang membutuhkan.

Setelah mengenali fungsi sel darah merah di atas tentu anda sudah paham bukan, betapa pentingya sel darah merah bagi tubuh kita. Kita juga wajib tahu penyakit yang berhubungan dengan darah serta akibat kurang darah merah bagi kesehatan tubuh.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah