Sponsors Link

6 Khasiat Kulit Manggis Untuk Darah Rendah Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Selain karena rasanya yang manis dan segar, buah manggis juga memiliki nutrisi yang tinggi sehingga bermafaat untuk kesehatan. Namun, tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, ternyata khasiat kulit manggis sebagai obat penambah darah juga sangat banyak. Dari hasil penelitian ilmiah membuktikan jika dalam kulit mangggis mengandung antioksidan khususnya zanthone, asam folat, tanin dan juga antosianin. Selain itu, dalam kulit manggis juga mengandung sekitar 62% air, protein, lemak dan juga karbohidrat. Lalu, apa saja khasiat kulit manggis untuk darah rendah?, langsung saja disimak ulasan lengkap dari kami berikut ini.

ads
  1. Xanthone

Manggis merupakan jenis buah buahan penambah darah yang tidak hanya bisa diamnfaatkan pada daging buahnya saja, akan tetapi juga dengan bagian kulit manggis. Xanthone yang merupakan jenis antioksidan dalam kulit manggis sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh seperti anti radang, anti kanker, anti diabetes, anti bakteri, anti jamur, anti plasmodial, meningkatkan kekebalan tubuh, hepatoprotektif dan juga bisa menormalkan tekanan darah tubuh seseorang. Dalam xanthone sendiri juga terdapat sekitar 14 senyawa turunan dan yang paling banyak ada di kulit manggis adalah alfa mangostin dan juga gamma mangostin.

Alfa mangostin merupakan senyawa yang berfungsi untuk menekan pembentukan senyawa karsinogen di kolon, sedangkan gamma mangostin sangat baik untuk mengatasi serang dari berbagai jenis penyakit dan juga meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

  1. Tanin

Tanin merupakan senyawa selanjutnya yang ada dalam kulit manggis yang berguna sebagai antioksidan untuk menghambat enzim seperti DNA topoisomerase, anti diare, hemostatik, anti hemoroid, menghambat pertumbuhan tumor dan juga menetralkan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, tanin juga bisa membentuk kompleks yang sangat kuat bersama dengan protein sehingga bisa menghambat penyerapan protein dalam pencernaan yang lebih dikenal dengan nama anti nutrisi. Selain itu, kulit manggis ini juga bisa dikonsumsi sebagai cara mengatasi penyakit anemia secara cepat dan mudah.

  1. Antosianin

Dalam kulit manggis juga terdapat jenis antioksidan yakni antosianin yang berperan penting untuk mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti kardiovaskuler, kanker, neurronal, diabetes dan tentunya menormalkan tekanan darah yang rendah. Antosioanin sendiri merupakan pigemn yang biasanya ada dalam tanaman seprti buah dan sayuran yakni apel, raspberry, manggis dan juga strawberry.

  1. Meningkatkan Aliran Darah ke Jantung

Xabthone yang merupakan antioksidan dalam kulit buah manggis ini juga bermanfaat untuk melenturkan pembuluh darah ke jantung. Dengan ini, maka aliran darah jadi semakin lancar sehingga tekanan darah yang rendah bisa ditingkatkan lebih stabil lagi sehingga ciri ciri darah rendah kambuh bisa dihindari.

  1. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Untuk meningkatkan tekanan darah sehingga bisa normal, maka penyerapan zat besi dalam tubuh harus ditingkatkan. Dalam kulit buah manggis juga mengandung vitamin C tinggi yang berperan penting untuk meningkatkan proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Dengan ini, maka tekanan darah dalam tubuh bisa ditingkatkan sehingga terhindar dari gejala darah rendah.

  1. Menghilangkan Toksik Darah

Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah juga mmepunyai masalah dalam penyempitan pembuluh darah yang menjadi penyebab kolesterol dan juga tekanan darah rendah serta toksik dalam darah. Khasiat dalam kulit manggis ini sangat aman untuk darah, ginjal dan juga hati sekaligus membersihkan toksik yang tersimpan di dalam darah.

Khasiat kulit manggis untuk darah rendah cukup banyak sehingga terbilang aman untuk dikonsumsi. Sedangkan untuk cara mengkonsumsi kulit manggis ini dengan mengkonsumsi ekstrak kulit manggis yang sudah bisa dibeli bebas di apotik.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal