Sponsors Link

Limfoma Hodgkin – Definisi, Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui apa itu Limfoma hodgkin? Penyakit ini merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang sistem kelenjar getah bening dalam tubuh – yang mana sistem tersebut terdapat jaringan pembuluh darah dan kelenjar dalam tubuh.

ads

Karena sistem kelenjar getah bening sangat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, maka ketika limfoma menyerang sistem kekebalan tubuh kita berangsur menurun. Namun, penyakit ini sangat jarang atau tidak umum terjadi, selain itu limfoma non-hodgkin lebih sering terjadi daripada limfoma hodgkin. Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan penyakit pada sistem peredaran darah ini menyerang?

Penyebab Limfoma Hodgkin

Setelah mengetahui seperti apa itu limfoma hodgkin, kita perlu mengetahui seperti apa atau bagaimana penyakit tersebut dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Seperti yang umum terjadi, limfoma hodgkin dapat terjadi ketika sel kanker telah berkembang dan menyerang sistem limfa dalam tubuh. Biasanya, penyakit jenis ini dapat ditemui pada pria yang berusia sekitar 20 hingga 70 tahun dibandingkan pada wanita. Lalu, apa penyebab anemia aplastik limfoma hodgkin ini menyerang?

  1. Menderita HIV – yang mana penyakit ini sangat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda dan sangat memungkinkan limfoma hodgkin untuk muncul.
  2. Mengidap Limfona non hodgkin atau pernah mengidap penyakit tersebut – dimana setelah tahap penyembuhan limfoma non hodgkin dapat mengakibatkan Anda juga ikut mengidap limfoma hodgkin.
  3. Pernah demam pada kelenjar yang disebabkan oleh virus bernama epstein-barr.
  4. Memiliki keluarga yang menderita limfoma hodgkin ataupun limfoma non-hodgkin – faktor ini lebih memungkinkan kita dan berpotensi besar untuk kita mengidap limfoma hodgkin.
  5. Sel limfosit tipe B yang bermutasi dan menjadi ribuan sel yang tidak terkendali.

Gejala Limfoma Hodgkin

Dari penyebab limfoma hodgkin diatas, kita perlu mengenali gejala anemia aplastik apa saja yang dapat diketahui ketika kita memiliki keturunan yang juga menderita limfoma. Hal ini diperuntukkan agar kita dapat melakukan pencegahan sedini mungkin. Berikut ini beberapa gejala yang perlu kita kenali.

  1. Adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening yang dapat dikenali dengan benjolan di sekitar leher, ketiak atau pangkal paha.
  2. Demam tinggi atau demam berkepanjangan.
  3. Selalu berkeringat bahkan pada malam hari
  4. Penurunan berat badan secara drastis – hal ini juga dipengaruhi oleh hormon dan sistem kekebalan tubuh yang ikut menurun.
  5. Batuk berkepanjangan.
  6. Sering merasa gatal.
  7. Sakit pada bagian belakang tubuh terutama bagian bawah punggung.
  8. Pembengkakan pada bagian perut – ditandai dengan pembengkakan hati.

Pencegahan Limfoma Hodgkin

Ketika kita memiliki anggota keluarga yang juga menderita limfoma – terutama pada ayah – kita perlu mengenali gejala-gejala apa saja yang dapat timbul, dengan begitu kita dapat melakukan pencegahan anemia sejak dini agar limfoma tidak semakin menyebar di dalam tubuh Anda. Apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit tersebut?

Sponsors Link

  • Ketika mengetahui salah satu penyebab limfoma hodgkin ialah HIV – maka sebaiknya mencegah atau tidak melakukan pergaulan bebas, merokok ataupun mencoba narkoba dan jarum suntik.
  • Berolahraga 2 hingga 3 kali dalam seminggu.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti jus, sayur-sayuran, buah, jus detox, tempe hingga ikan segar.
  • Melakukan terapi atau diagnosa dini pada dokter.
  • Mengonsumsi air mineral yang cukup bagi tubuh

Pengobatan Limfoma Hodgkin

Setelah beberapa pemaparan diatas, ketika Anda telah terlanjur ter-diagnosa mengidap limfoma hodgkin – yang perlu Anda lakukan ialah melakukan pengobatan efek pembuluh darah pecah yang tepat agar penyakit tersebut tidak menyebar terlalu jauh. Seperti melakukan hal-hal berikut ini:

  • Melakukan kemoterapi
  • Mengonsumsi obat-obatan steroid
  • Menggunakan obat-obatan melalui kemoterapi
  • Melakukan terapi stem cell
  • Dengan menggunakan pengobatan obat alami anemia seperti GnC jelly gamat atau madu.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai limfoma hodgkin agar dapat melakukan pencegahan dengan tepat dan terhindar dari penyakit apapun termasuk limfoma. Hindari pergaulan bebas dan segerelah lakukan diagnosa sedini mungkin ketika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit limfoma. Tetap jaga pola hidup sehat dan sempga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Limfoma