Sponsors Link

75 Makanan Penambah Darah Cepat Naik Wajib Dicoba

Sponsors Link

Darah di dalam tubuh kita terdiri dari sel darah merah dan sel darah putih, platelets dan plasma (komponen cairan di dalam darah). Membicarakan soal makanan yang bisa menambah darah, pada umumnya perhatian kita tertuju pada bagian plasma dan sel darah merah yang notabenenya merupakan bagian terbesar dari darah. Jika plasma dalam darah anda rendah (hypovolemia), maka pilihan yang tepat untuk meningkatkannya adalah dengan treatment khusus. Sementara itu, kekurangan sel darah merah atau hemoglobin (protein di dalam sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh bagian badan) disebut dengan anemia. Beberapa jenis makanan dapat menambah jumah sel darah merah.

ads

Pada intinya, segala macam makanan yang mengandung nutrisi yang berfungsi untuk menambah darah, maka makanan tersebut tergolong sebagai makanan yang bisa menambah darah. Lantas, nutisi atau vitamin apa yang bisa menambah jimlah sel darah?

Pertma adalah zat besi dan vitamin C. Badan anda sangat membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin atau sel darah merah. Kekurangan zat besi tentunya disebabkan oleh kurnangya asupan yang mengandung zat besi, menurunnya kemampuan penyerapan zat besi di dalam tubuh, atau masalah lainnya. maka, untuk menangani kekurangan zat besi—yang pada gilirannya menjadi penyebab kekuranan darah, anda harus banyak mengonsumsi asupan yang mengandung zat ini, jika perlu ditambah dengan supplement. Vitamin C sendiri berguna untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi yang sebagaimana kita ketahui bahwa zat besi ini adalah komponen penting untuk membuat darah.

Berikutnya, nutrisi yang berfungsi untuk menmbah darah adalah vitamin B12. Vitamin B12 dibutukan oleh tubuh untuk membantu perkembangan sel darah merah. Setiap makanan yang mengandung vitamin B12 tergolong sebagai makanan yang bisa menambah darah. Selanjutnya adalah asam flat. Nutrisi ini, serupa dengan vitamin B12, berfungsi untuk membuat el darah merah normal. Ingat, kehamilan, terapi pengobatan tertentu, konsumsi alcohol dapat menyebabkan anda kekurangan asam folat.

Kemudian, yang berfungsi untuk menambah darah selanjutnya adalah cairan mineral. Plasma dibuat kebanyakannya oleh cairan. Kita mesti faham bahwa kekurangan plasma maka akan berdampak pada kehilangan darah melalui muntah-muntah, diare, dan masalah medis lainnya. cairan, bukan makanan, dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatasi kekurangan plasma.

Berikut adalah sejumlah makanan yang dapat menambah darah.

1. Pepaya

Pepaya adalah salah satu makanan yang sangat direkomendasikan ketika platelelets dalam darah anda rendah. Di samping memakan buah papaya, Daun papaya juga sangat berhasiat untuk menambah platelets di dalam darah anda. Sebuah penelitian di Asian Institute of Science and Technology di Malaysia mengatakan bahwa ekstrak daun papaya sangat efektif dalam membangu menambahkan jumlah platelet bagi pasien penyakit dalam.

2. Wheatgrass

Wheatgrass adalah sejenis rumput-rumputan. Biasa dikonsumsi dengan cara dijus. Jangan heran dulu. Sebuah penelitian dari Internationa Journal of Universal Pharmacy and Life Sciences tahun 2011 menyebut bahwa wheatgrass atau bagian rumput ini diketahui bermanfaat untuk mendongkrak jumlah platelet darah. Disbanding menambah seldara merah, wheatgrass ini justru juga mampu menambah sel darah putih dalam jumlah yang banyak. Manfaat-manfaat tersebut dikarenakan rumput mengandung banyak klorofil dan memiliki struktur molecular yang hampir sama dengan molekul hemoglobid manusia. meminum setengah cangkir jus rumput ini yang bisa juga dicampur dengan sedikit lemon perharinya akan membantu meningkatkan platelet darah anda.

3. Tomat

Tahukah anda bahwa 100 gram tomat yang dijemur bisa mengandung lebih dari 9,1 mg zat besi/ sementara itu, zat besi yang dibutuhkan tubuh orang dewasa dalam seharinya adalah 18 mg dan 10 mg untuk anak-anak. Itu berarti, tomat kering yang dijemur matahari (sun-dried tomatoes) bisa menyediakan 50 persen kebutuhan sehari zat besi anda. zat besi sendiri adalah komponen utama dalam pembentukan sel darah merah. Jadi, konsumsilah toma setiap hari.

4. Kismis

Kismis menjadi makanan yang dapat menambah darah berikutnya. Khususnya sel darah merah atau hemoglobin. Kismis adalah buah yang kaya akan zat besi. Setiap 100 gram kismis, mengandung 3 mili gram zat besi. Jadi, setiap anda mengonsumsi ½ cup kismis, maka anda telah memenuhi tubuh anda dengan 1,6 mili gram zat besi.

5. Buah Kesemek

Buah kesemek sangat popular di Jepang. Di Negara seperti Jepang, buah kesemek merupakan salah satu makanan yang cocok dikonsumsi di musim dingin dan musim panas. Bahkan, buah ini kerap disebut dengan ‘food of the Gods’. Kandungannya sendiri, buah kesemek kaya akan antioksidan, vitamin C, zat besi, dan beberapa nutrisi lainnya.

Sponsors Link

6. Delima

Buah delima terlihat seperti berlian merah. Pada umumnyabuah-buahan dengan warna merah dominan kaya akan zat besi. Begitu pun dengan delima. Kandungan zat besinya amat tinggi. Selain itu, delima amat baik juga untuk menambah platelet darah. Buah delima juga kaya akan kandungan vitamin-vitamin yang mampu membantu melawan dan menguatkan platelet rendah yang disebabkan oleh masalah kesehatan seperti demam berdarah.

7. Ikan Tuna

Ikan tuna termasuk ke dalam makanan yang banyak mengandung protein, sebagaimana ikan lainnya. The Thunder Bay Regional Health Center, bisa dicari tahu sendiri, merekomendasikan makanan berprotein untuk menambah jumlah platelet di dalam darah.

8. Udang

Serupa dengan ikan tuna, udang memeiliki banyak protein yang baik untuk menambah jumlah platelet. Selain itu, kandungan lainnya di dalam udang adalah vitamin B12 dan zinc. Zinc sendiri bermanfaat baik untuk sistem imun dalam tubuh yang bisa disebabkan oleh kekuranganjumlah platelet.

9. Telur

Jelas sekali kita semua tahu bahwa telur adalah makanan berprotein tinggi. Zinc dan vitamin B12 juga terkandung di dalamnya. Oleh sebabnya tidak salah lagi jika telur dijadikan enu diet untuk menambah darah. Selain berkhsiat baik untuk penambahan darah, telur juga sangat iasa dikonsumsi, bukan. Sebuah keuntungan tentunya buat anda.

10. Labu

Serupa dengan papaya dan berbagai buah berwarna kuning lainnya, labu dikenal sebagai pilihan baik untuk meningkatkan jumlah platelet. Labu kaya akan vitamin A yang mampu membantu menaikkan platelet dan mengatur protein yang diproduksi oleh sel tbuh. Pengaturan protein tersebut sangat membantu untuk emningkatkan julah platelet di dalam darah.

11. Murbai

Murbai atau dalam bahasa Inggris disebut dengan mulberry sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, murbai juga mengandung banyak zat besi yang mana menjadikannya buah yang mampu menambah jumla sel darah merah di dalam tubuh. Stiap 11 g murbai berisi 1,8 mg zat besi.

12. Jambu Biji

Kembali sedikit mengulas, untuk membentuk sel darah merah, maka komponen yang dibutuhkan adalah zat besi. Lantas, vitamin yang mampu membantu menyerap zat besi di dalam tubuh adalah vitamin C. Jambu biji sendiri merupakan buah yang kaya akan vitamin C. dengan demikian, jelaslah peran Jambu biji dalam menambah darah.

13. Jeruk

Jeruk pun sudah terkenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Dan itu benar. Oleh sebabnya, mengonsumsi jeruk secara rutin, berarti kita vitamin C di dalam tubuh kia akan terpenuhi. Zat besi pun kemudian banyak diserap yang akhirnya memproduksi hemoglobin.

14. Tomat

Tomat merupakan salah satu makaan yang mengandung vitamin penting bagi tubuh seperti vitamin A, C, dan E. kandungan-kandungan tersebut dapat melancarkan sirkulasi darah sekaligus menangani kekurangan sel darah merah atau anemia.

15. Mangga

Di dalam buah mangga terkandung kurang lebih 60 mg vitamin C. jumlah tersebut mampu mencukupi kebutuhan vitamin C orang dewasa. Salah satu khasiat mangga adalah mencegah anemia, yang berarti membantu menambah darah. Selain itu, antioksidan yang dikandungnya bermanfaat unntuk menjaga kekebalan tubuh.

16. Apel

Apel memiliki kandungan zat besi dan Vitamin C yang tinggi. Dari sana kita bisa mengetahui bagaimana Apel mampu membantu menambah darah tubuh anda. kedua komponen utamanya sudah ada, yakni vitamin C dan zat besi.

17. Stroberi

Stroberi pun sama dengan kebanyakan buah di atas, yaitu mengandung banyak zat besi da vitamin C. selain itu, stoberi juga mengadung antioksidan yang tinggi.

18. Buah Naga

Beberapa manfaat dari buah naga adalah mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah, mengatasi hipertensi, menurunkan kolesterol, dan masih banak lagi. Oleh sebab itu, stroberi bisa anda pilih sebagai asupan penambah darah.

19. Bayam

Bayam termasuk sayuran penambah darah dengan kandungan zat besinya yang tinggi. Terlebih, bayam sangat cocok dijadikan makan penambah darah bagi ibu hamil.

20. Sawi

Rata-rata, sayuran hijau itu mengandug zat besi dan vitamin. Tak terkecuali sawi. Zat besinya mampu menambah sel darah merah anda. selain itu, sawi juga mengandung mineral lengkap; kalium, potassium, fosfor, selenium, magnesium, dan beberapa lainnya.

ads

21. Kangkung

Anggapan yagberkembang, katanya kangkung bisa membuat tubuh lemas dan lelah. Padahal, kangkung mengandung zat besi tinggi yang dapat mengatasi lemas akibat anemia. Tentu dengan menambah volume darah dari asalnya.

22. Daun Datuk

Daun datuk tergolong sayuran. Kita masih bicara sayuran. Daun datuk sendiri memiliki beragam kandungan mineral alami seperti fosfor dan kalsium. Selain itu, yang terpenting, daun datuk juga mengandung zat besi yang merupakan komponen penting pembuatan sel darah merah.

23. Kembang Kol

Kandungan gizi yang terkandung di dalam kembang kol ini setara kandungannya dengan yang berada di brokoli, yang mana hal ini sangat baik untuk optimalisasi regenerasi sel darah merah. Dengan demikian, mengonsumsi kembang kol dapat meningkatkan jumlah darah di dalam tubuh anda.

24. Kacang hijau

Manfaat kacang hijau dalam mengatasi anemia atau kekurangan sel darah merah memang masih debatable. Ada yang mengatakan bahwa kandungan asam folat dan zat besi tinggi di dalam kacang hijau dapat meningkatkan hemoglobin di dalam tubuh. Namun ada juga yang mengatakan bahwa kandungan folat justru dapat menghabat penyerapan zat besi..

25. Kacang almond

Kacang Almond mengandung nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan yang lain. Di dalamnya terkandung vitamin, lemak baik, serat, antioksidan, mineral alami, dan beberapa lainnya. sangat dianjurrkan untuk mengonsumsi kacang almond bagi siapapun yang hendak berupaya menambah daah. Sebab, kacang almon bisa mencukup kebutuhan zat besi tubuh anda. minial dengan memakan satu ons kacang almond ini.

26. Kacang Polong

Sifat kacang polong yang bisa dimakan sebagai kudapan cemilan. Maka tidak salah jika menu menambah darah anda adalah kacang polong. Namun tidak dianjurkan juga mengonsumsinya secara berlebihan. Hal itu bisa berakibat pada masalah bobot badan.

27. Ikan Salmon

Binatang laut pada umumnya memiliki khasiat menambah darah. Itu disebabkan karena kandungan utisi di dalamnya yang kaya akan itamin dan zat yang dibutuhkan untuk menambah darah. Termasuk ikan salmon. Ikan salmon merupakan sumber vitamin B12 terbaik yang sangat diutuhkan oleh penderita anemia. Peran penting vitamin B12 sendiri adalah mengoptimalkan pembelahan sel dan menjaga sistem saraf saat proses pembentukan DNA.

28. Pisang

Pisang merupakan salah satu makanan yang terkenal dengan kandungan potasiumnya yang amat tinggi. Menurut para ahli, kandungan tersebut berfungsi menjadi antioksidan yang mampu memelihara sistem imun tubuh dari serangan radikal bebas. Yang terpenting, pisang juga mengandung zat besi meski kadarnya tak setinggi makanan yang akan zat besi lainnya. dan itu jelas sangat membantu untuk menambah darah.

29. Tiram dan Kerang

Tiram dan kerang memang bau amis. Tidak sedikit orang yang suka makanan ini karena alasan tersebut. Namun tahukah anda bahwa kedua makanan ini berkhasiat untuk menambah darah dalam tubuh, mencegah hipertensi, dan melancarkan sirkulasi darah.

30. Udang

Udang menjadi makanan berkutnya yang mampu menambah darah. Sebagian orag memang ada yang alergi udang. Namun, bagi anda yang tidak alergi terhadap binatang laut ini, Anda bisa mencobanya sebagai salah satu menu penambah darah di dalam tubuh anda.

31. Buah Sukun

Sukun kerap disajikan digoreng. Banyak penjual sukun yang menjajakan goreng buah sukun di pinggir-pinggir jalan. Buah ini berwarna kuning dengan kulit yang cukup tebal. yang paling penting, di balik itu semua adalah khasiatnya. Buah sukun ternyata dapat menambah darah di dalam tubuh. Anyak praktisi medis yang merekomendasikan buah ini sebagai asupan sehat peambah darah.

32. Anggur

Kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam anggu diketahui ternyata salah satunya sangat bermanfaat untuk menambah darah. Selain itu, menambah darah dengan anggur tentunya tidak sulit dikarenakan rasa anggur yang sedap, banyak disukai, terlebih keudahan untuk mendapatkannya.

33. Sirsak

Sirsak termasuk ke dalam salah satu buah sumber zar besi terbaik. Cukup dengan mengonsumsi 50 gram sehari saja, gejala anemia atau kekurangan sel darah merah akan hilang dengan sendirinya.

34. Cherry

Cherry merupakan buah yang mengandung banyak vitamin C. sebagaimana kita ketahui, vitamin C sendiri sangat baik dalam hal mengikat banyak zat besi yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah. Oleh sebab itu, cherry bisa mulai anda pilih sebagai buah penambah darah pilihan anda.

35. Alpukat

Buah alpukat adalah makanan yang didalamnya terkandug beberapa nutrisi dan tidak terkecuali tentunya zat besi. Bahkan, alpukat bisa dibilang kaya akan zat very. Sebab itu, banyak yang merekomendasikan buah alukat sebagai makanan untuk menambah darah.

36. Melon

Selain segar, melon juga termasuk ke dalam salah satu buah-buahan penambah darah. Di dalamnya terkandung vitamin A yang sangat tinggi. Vitamin A tersebut dapat meningkatkan kerja zat besi untuk memproduksi hemoglobin di dalam tubuh. Melon bisa jadi pilihan terbaik makanan penambah darah.

37. Kuning Telur

Di atasa sudah disebutkan telur. Namun yang ini dikhususkan kuning elur. Jadi kuning telur saja. telur sendiri memiliki banyak khasiat yang baik untuk badan. Terkhusus untuk kuning telur, ia sebetulnya berpotensi untuk menambah darah lebih besar dibandingkan dengan teelur sutuhnya, bersma puti telurnya.

38. Kurma

Kenapa kurma termasuk sebagai makanan penambah darah? Ini disebabkan oleh kandungan vitamin B yang ada di dalamnya. Kandungan vitamin B yang sangat tinggi ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Selain vitamin B, kurma juga sangat berkhasiat untuk menambah energy.

39. Jagung

Makanan yang bisa menambah darah selanjutnya adalah jagung. Makanan yang biasanya hanya dikonsumsi sebagai teman nongkrong ternyata punya manfaat besar untuk meningkatkan darah di dalam tubuh. Kandungan tembaga dan zat besi di dalam jagung, sebagaimana fungsi zat besi, tentunya bisa menambah darah, khusnya sel darah merah.

40. Gandum

Di dalam gandum terdapat zat besi dengan kadar yang cukup tinggi. Zat besi sendiri adalah komponen utama untuk memroduksi sel darah merah. Oleh sebab itu, jelaslah bahwa gandum sangat bermanfaat untuk menambah darah di dalam tubuh.

41. Daun Singkong

Daun singkong adalah makanan sarat gizi. Manfaatnya bagi tubuh sangat besar. salah satu manfaatnya adaalah mengatasi kekurangan darah atau anemia. Di dalamnya terkandung vitamin B1, vitamin C, protein, zat besi, lemak, karbohidrat, dan fosfor.

42. Sereal

Bagi anda yang merasa mengalami masalah kekurangan darah, segeralah konsumsi sereal secara rutin. Ya, makanan yang bisa dibilang sebagai makanan cepat saji ini ternyat mempunyai manfaat untuk menambah darah.

43. Beras Merah

Jika biasa anda makan beras putih, bagi anda yang tengah menjalani reatment penambahan darah, segeralah berganti ke beras merah. Beberapa kandungan yang ada di dalam beras merah seperti serat sangat bagus untuk program diet. Dan tentunya kenapa beras termasuk sebagai makanan yang mampu menambah darah, itu karena beras merah juga mengandung zat besi.

44. Kubis

Makanan yang bisa menambah darah berikutnya adalah kubis. Selain terkandung zat besi yang sudah jelas bermanfaat untuk menambah dara, kubis juga mengandung kada lemak yang sangat rendah dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. oleh sebab itulah, sayur jenis ini bagus adan pilih untuk penambah darah sekaligus program diet.

45. Terong Belanda

Dalam 100 gr terong belanda, terkandung zat besi sebesar 0,9 mg. Dari situ kita tidak heran kenapa makanan ini tergolong ke dalam panganan penambah darah. Terong belanda rasanya asam. Namun, dengan cara mengolahnya skreatif mungkin, anda bisamulai mempertimbangkan untuk memilih terong belanda sebagai asupan penambah darah tubuh anda.

Sponsors Link

46. Semangka

90% bagian semangga terdri dari air. Buah semangka sering dianggap sebagai buah detoks yang dapat membersihkan tubuh. Kandungan zat besi di semangka sendiritidak terlalu besar. hanya 0,2 mg dari 100 gr buah semangka. Untungnya, semangka mengandung cukup vitamin C yang mana dapat mempercepat proses penyerapan zat besi di dalam tubuh.

47. Madu

Madu kaya akan zat besi, vitamin, dan mineral. Maka sudah jelas, setiap makanan ang mengandung zat besi, maka makanan tersebut saah satunya berfungsi untuk menaikkan darah.

48. Jeroan

Tidak disangka-sangka nampaknya kalau  jeran bermanfaat untuk menaikkan darah di dalam tubuh. Di dalam jeroan terkandung vitamin B12, fed an fosfor. Hati bisa meningkatkan kadar zat besi di dalam tubuh.

49. Daging Bebek

Daging bebek adalah makanan hewani yang dapat menambah darah di dalam tubuh kita. Sejatinya, daging bebek sendiri sudah banyak dikenal sebagai makanan penambah darah. Untuk anda penderita anemia, segeralah konsumsi daging bebek.

50. Daging Kambing

Selain daging bebek, daging kambing juga termasuk makanan hewani yang memeiliki fungsi menambah darah. Namun perlu diketahui, dampak buruk justru akan terjadi ketika Anda makan terlalu banyak atau berlebihan daging kambing ini.

51. Cokelat Hitam

Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh para pakar gizi, terungkap bahwa coklat hitam merupakan sumber anti oksidan. Selain antioksidan, cokelat hitam juga mengandung zat besi yang berperan dalam produksi darah.

52. Ikan Sarden

Ikan sarden, sebagaimana makanan laut lainnya, memiliki kandungan zat besi yang cukup besar. sangat baik digunakan untuk menambah darah, khususnya sel darah merah.

53. Kepiting

Kepiting juga termasuk ke dalam makanan penambah darah yang paling ampuh. Kepiting sendiri kaya akan zat besi yang berperan untuk pembentukan sel darah merah atau hemoglobin.

54. Hati Sapi

Sati setiap hewan rata-rata sangat baik untuk penambahan darah. Tidak terkecuali dengan hati sapi yang amat kaya dengan zat besinya.

Makanan yang bisa menambah darah berikutnya tidak akan diberi narasi. Yang pasti, makanan-makanan tersebut mengandung nutrisi, zat, atau vitamin yang berfingsi untuk menambah darah, di antaranya adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, asam folat, vitamin B12.

  • Tebu
  • Ubi
  • Kentang
  • Buncis
  • Buah Nanas
  • Plum
  • Raspberry
  • Pasta
  • Daging Sapi
  • Daging Kerbau
  • Ikan Lele
  • ikan Patin
  • Ikan mas
  • Jeruk Mandarin
  • Kiwi
  • Pakchoi
  • Daging Ayam
  • Basil
  • Lemon
  • Asparagus
  • Wortel

Sponsors Link
, , ,
Oleh :