Sponsors Link

31 Makanan Penurun Darah Tinggi Yang Cepat

Sponsors Link

Penyakit adalah suatu hal yang sangat lumrah dan biasa mendatangi manusia tanpa mengenal usia dan waktu. Kedatangan penyakit ke dalam kehidupan manusia dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Selain itu, kedatangan pennyakit juga merupakan sebuah tanda yang hendak menunjukkan bahwa tubuh manusia sedang berada di dalam kondisi rentan serta membutuhkan pemulihan melalui obat-obatan yang mengandung zat aktif. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami suatu penyakit tertentu maka Anda harus segera menanganinya sebelum penyakit tersebut semakin membahayakan jiwa Anda.

ads

Banyak sekali jenis penyakit yang dapat mendatangi manusia. Selain itu, banyak pula penyebab kedatangan penyakit-penyakit ini ke dalam diri Anda. Seiring dengan kemajuan teknologi, penyebab penyakit-penyakit yang bisa mendatangi kehidupan manusia sangatlah beragam. Penyebab-penyebab penyakit yang datang ke dalam kehiduapn manusia juga semakin kuat sehingga manusia harus mencari cara yang paling tepat dalam mengatasi kedatangan penyakit-penyakit ini.

Salah satu jenis penyakit yang dapat mendatangi kehidupan manusia ialah penyakit darah tinggi. Penyakit darah tinggi (tekanan darah tinggi / hipertensi) merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat membahayakan bagi kehidupan manusia. Saat Anda mengidap penyakit tekanan darah ini maka beberapa fungsi metabolisme tubuh Anda akan cenderung terganggu. Dengan terganggunya sistem metabolisme tubuh Anda ini maka Anda akan mengalami gangguan-gangguan fisik yang akan Anda rasakan selama menjalani aktivitas Anda sehari-hari.

Pada dasarnya, penyakit tekanan darah tinggi adalah suatu penyakit yang dapat muncul kapan saja dan menyerang siapa saja. Penyakit tekanan darah tinggi juga merupakan sebuah penyakit yang berpotensi menimbulkan penyakit turunan lain. Penyakit-penyakit turunan lain dari tekanan darah tinggi ini muncul akibat tekanan darah tinggi yang tidak tertangani dengan baik. Contoh-contoh penyakit turunan akibat darah tinggi, antara lain: stroke, serangan jantung, penggumpalan darah dan bahkan menyebabkan kematian.

Betapa bahayanya penyakit darah tinggi ini harus benar-benar Anda waspadai. Penyakit darah tinggi dapat muncul karena berbagai macam penyebab. Penyebab penyakit darah tinggi juga sangat beraneka ragam. Keberadaan penyebab-penyebab penyakit darah tinggi ini dapat Anda temukan di lingkungan sekitar Anda. Selain itu, dengan adanya penyebab-penyebab ini maka Anda dapat lebih berhati-hati dalam mengatur pola hidup.

Penyebab penyakit darah tinggi sangat beraneka ragam. Salah satu penyebab penyakit darah tinggi yang umumnya mendatangi manusia adalah faktor usia. Faktor usia ini terjadi secara alamiah dimana semakin menua seseorang maka kecenderungan untuk terkena penyakit tekanan darah tinggi akan semakin tinggi. Namun demikian, di zaman sekarang usia bukanlah faktor yang kuat dan dominan dalam hal kedatangan penyakit darah tinggi. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya manusia dengan usia remaja yang juga terkena penyakit darah tinggi. Oleh sebab itu, semua orang perlu mewaspadai kedatangan penyakit darah tinggi.

Faktor lain yang juga memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam hal kemunculan penyakit darah tinggi di dalam diri manusia adalah kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan merupakan suatu keadaan dimana tubuh seseorang memiliki massa yang melebihi standar atau batas normalnya. Selain itu, kelebihan berat badan ini juga dapat menimbulkan tekanan darah tinggi karena timbunan zat berbahaya – seperti lemak  dan kolesterol – dalam jumlah yang berlebih. Selain itu, kelebihan berat badan atau obesitas ini juga menekan aliran darah di dalam tubuh sehingga tidak dapat mengalir dengan lancar.

Namun demikian, kelebihan berat badan yang merupakan penyebab darah tinggi juga diawali oleh suatu kebiasaan buruk dari manusia. Salah satu kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan obesitas ialah kebiasaan atau pola makan yang buruk. Kebiasaan makan yang buruk ini meliputi: kesalahan memilih makanan atau minuman untuk dimakan, kekacauan waktu makan, kurangnya kesadaran akan pentingnya makan makanan yang sehat. Oleh sebab itu, kebiasaan makan makanan yang buruk juga memiliki peran besar dalam hal timbulnya tekanan darah tinggi di dalam diri manusia.

Pola makan yang buruk dapat mengundang datangnya penyakit-penyakit yang membahayakan tubuh manusia. Pola makan memegang peranan penting terhadap kehidupan manusia secara jangka panjang. Jika Anda merupakan seseorang yang memiliki kebiasaan untuk makan secara sembarangan maka Anda perlu mewaspadai kedatangan penyakit darah tinggi di dalam kehidupan Anda.

Sponsors Link

Gejala dan Tanda Kedatangan Penyakit Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi adalah salah satu jenis penyakit mematikan bagi manusia. Sifat berbahaya dari penyakit darah tinggi ini timbul akibat pengaruhnya yang dapat membahayakan nyawa manusia jika tidak tertangani dengan benar. Penanganan darah tinggi yang kurang tepat juga akan menimbulkan dampak lain yang lebih berbahaya bagi diri manusia. Dampak lain ini berupa kemunculan penyakit-penyakit lain yang berbahaya bagi tubuh dan hidup Anda. Kemunculan dan kombinasi penyakit darah tinggi serta penyakit turunannya akan membuat tubuh Anda menjadi semakin rusak.

Darah tinggi diawali oleh tekanan darah yang terlalu besar kepada pembuluh darah manusia. Tekanan yang besar kepada pembuluh darah manusia ini akan menyebabkan kerusakan dinding-dinding pembuluh darah. Kerusakan pembuluh darah akan menyebutkan dan menimbulkan pembuluh darah itu pecah. Jika pembuluh darah manusia pecah maka akan muncul dampak negatif berupa pendarahan internal yang sangat membahayakan tubuh.

Nilai normal tekanan darah manusia yang harusnya ada di dalam tubuh manuisa ialah 120/80 mmHg. Besaran nilai tekanan darah ini harus selalu dipertahankan oleh manusia karena tekanan darah normal akan membuat fungsi-fungsi tubuh berjalan dengan lebih normal. Fungsi tubuh yang berjalan dengan normal akan membuat Anda menjadi lebih nyaman dalam beraktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, Anda wajib menjaga kesehatan tekanan darah Anda sehingga hidup Anda akan tetap berkualitas.

Namun demikian, saat tekanan darah Anda melebihi standard yang ada maka akan menimbulkan gangguan berupa penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit tekanan darah tinggi akan menimbulkan efek-efek yang sangat merugikan bagi diri Anda. Efek negatif yang akan ditimbulkan oleh penyakit tekanan darah tinggi secara umum berasal dari terganggunya regulasi tubuh manusia. Gangguan regulasi di dalam tubuh manusia ini menyebabkan adanya gangguan peredaran makanan dan zat-zat berguna bagi tubuh manusia.

Untuk menghindari kedatangan penyakit darah tinggi, Anda perlu mengetahui gejala-gejala dan tanda-tanda yang mungkin timbul oleh penyakit darah tinggi. Gejala dan tanda penyakit darah tinggi sangatlah beragam. Keberagaman gejala ini harus Anda pelajari satu persatu. Pengetahuan yang cukup terkait gejala dan tanda-tanda penyakit darah tinggi ini akan membuat Anda menemukan cara menangani penyakit darah tinggi. Adapun gejala-gejala penyakit tekanan darah tinggi, antara lain sebagai berikut:

  • Kemunculan respon fisiologis tubuh berupa pusing kepala yang berlangsung selama terus-menerus;
  • Denyut jantung atau nadi yang sangat kuat di area tubuh (area-area persendian, pergelangan tangan, leher dan lokasi-lokasi lain);
  • Pegal linu di sekujur tubuh terutama di bagian persendian tubuh yang harus diantisipasi kedatangannya;
  • Perasaan mudah lelah dalam menjalani kegiatan sehari-hari sehingga banyak pekerjaan Anda yang terbengkalai akibat tidak tergarapnya pekerjaan-pekerjaan tersebut;
  • Potensi timbulnya mimisan karena pecahnya pembuluh darah di area pernafasan

Timbulnya gejala-gejala penyakit darah tinggi ini adalah pertanda bahwa tubuh Anda sedang di dalam keadaan yang kurang baik. Keadaan kurang baik di dalam tubuh ini harus segera Anda tangani karena jika keadaan ini Anda biarkan saja maka Anda menumpuk potensi timbulnya penyakit di dalam tubuh Anda. Mengurangi gejala penyakit di dalam tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya ialah dengan cara mengatur pola makan yang Anda masukkan ke dalam diri Anda.

Makanan Penurun Darah Tinggi Yang Cocok Bagi Anda

Penyakit tekanan darah tinggi adalah suatu penyakit yang bisa membahayakan diri Anda. Bahaya penyakit ini dapat muncul pada tingkat risiko terendah (menimbulkan ketidaknyamanan di dalam tubuh) hingga tingkat risiko tertinggi (menimbulkan kematian atau merenggut nyawa). Dengan tingkat bahaya yang sedemikian tinggi, penyakit darah tinggi harus ditangani dengan cara yang tepat.

Menangani darah tinggi dapat dilakukan melalui berbagai macam cara. Namun secara garis besar penanganan penyakit tekanan darah tinggi terbagi atas dua metode umum, yaitu: pengobatan secara medis dan pengobatan alami. Kedua jenis pengobatan ini dinilai efektif dalam menurunkan penyakit tekanan darah tinggi. Khasiat dua cara ini sudah terbukti dapat mengurangi bahkan menghilangkan gejala-gejala tekanan darah tinggi.

Pengobatan tekanan darah tinggi secara alami juga memiliki khasiat yang sangat tinggi untuk menurunkan dan menghilangkan gejala penyakit tekanan darah tinggi. Metode penanganan penyakit darah tinggi secara alami dapat dilakukan melalui banyak hal, salah satunya dengan makanan penurun darah tinggi. Banyak sekali jenis makanan penurun darah tinggi yang beredar di masyarakat. Makanan-makanan ini memiliki zat aktif untuk menghancurkan zat-zat buruk yang menyebabkan tekanan darah tinggi di dalam tubuh manusia.

Ada berbagai jenis makanan penderita darah tinggi yang cocok bagi Anda. Di bawah ini, terdapat berbagai macam makanan penderita darah tinggi yang mungkin bisa Anda olah sebagai alternatif pengobatan darah tinggi Anda:

ads
  1. Olahan Kacang Polong

Olahan makanan pertama yang memiliki khasiat baik sebagai makanan penderita darah tinggi ialah olahan kacang polong. Olahan kacang polong baik sebagai makanan penderita darah tinggi karena kandungan aktifnya yang mampu menghancurkan gumpalan-gumpalan darah yang dapat menyumbat aliran darah. Selain itu, kacang polong juga memiliki kadar protein yang cukup tinggi sehingga dapat Anda gunakan untuk menstabilkan metabolisme tubuh Anda.

  1. Kentang Panggang

Kentang adalah suatu sumber makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup dominan. Namun demikian, kandungan karbohidrat di dalam kentang memiliki nilai yang lebih rendah daripada nasi atau beras. Oleh sabab itu, Anda dapat mengonsumsi kentang untuk keperluan penurunan darah tinggi. Selain itu, pengolahan kentang sendiri sangat dianjurkan untuk dipanggang. Dengan memanggang maka Anda mengurangi jumlah kadar lemak yang dapat timbul dari hasil pengolahan kentang itu sendiri.

  1. Sayur Seledri

Salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk diolah menjadi makanan penderita darah tinggi. Pengolahan sayur seledri sendiri dapat Anda lakukan dengan menjadikan sayur seledri ini sebagai sayuran berkuah yang dapat Anda nikmati bersam nasi dan lauk lainnya. Selain itu, sayur seledri juga memiliki kandungan vitamin yang cukup baik untuk menggugurkan kandungan lemak di dalam tubuh Anda.

  1. Sayur Buncis

Sayur buncis juga merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat menjadi makanan penderita darah tinggi. Khasiat buncis sebagai makanan penderita darah tinggi ialah untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam darah. Kadar gula yang terlalu tinggi yang berada di dalam darah akan membuat Anda terkena penyakit hipertensi dan diabetes yang sangat membahayakan tubuh Anda.

  1. Oatmeal

Oatmeal adalah sebuah olahan makanan dari gandum yang memiliki khasiat baik bagi tubuh Anda. Khasiat baik dari oatmeal ini ialah memperlancar sistem metabolisme tubuh. Oatmeal bisa menjadi katalisator dalam pencernaan tubuh hingga sistem peredaran tubuh manusia.

  1. Olahan Bayam

Jenis sayuran lain yang baik untuk mengatasi tekanan darah tinggi ialah sayur bayam. Sayur bayam – jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup – akan memberikan tambahan kandungan darah bersih di dalam tubuh. Tambahan kandungan darah bersih ini akan membuat darah-darah kotor yang ada di dalam tubuh Anda terlarut dan dikeluarkan melalui pembuangan.

  1. Olahan Yogurt

Susu yang difermentasikan akan menghasilkan suatu olahan yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Produk olahan ini dinamakan yogurt. Olahan yogurt memiliki kandungan serat dan cairan yang cukup tinggi. Kedua kandungan ini sangatlah berguna untuk penderita tekanan darah tinggi. Kandungan aktif dari yogurt akan membuat darah Anda mengalir dengan lebih normal lagi.

  1. Sayur Wortel

Sayuran atau umbi wortel adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan vitamin yang sangat berguna bagi tubuh. Kandungan vitamin utama yang dikandung oleh wortel ialah kandungan vitamin A. Kandungan vitamin ini membuat sistem metabolisme di dalam tubuh Anda semakin stabil sehingga tubuh Anda akan semakin mendapatkan regulasi yang cukup baik.

  1. Kacang Rebus

Sama seperti kandungan kacang polong, kacang rebus juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk menjadi makanan penurun darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan protein dari kacang ini cukup tinggi dan baik. Anda perlu merebus kacang ini untuk mengurangi kandungan lemak yang ada di dalamnya.

  1. Olahan Ikan Salmon

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki berbagai kandungan baik bagi tubuh. Kandungan ikan salmon yang dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi antara lain: B1, B2, dan protein. Keberadaan kandungan ini akan sangat membantu Anda untuk kembali melancarkan dan mengembalikan kembali tekanan darah Anda ke kondisi normal.

  1. Rempah-Rempah Alami

Rempah-rempah adalah bahan alami yang memiliki kandungan antibiotik dalam tingkat cukup tinggi. Dengan mengonsumsi rempah-rempah dalam jumlah yang cukup maka Anda akan menurunkan risiko terkena penyakit tekanan darah tinggi.

  1. Cokelat Putih dan Hitam

Siapa yang menyangka bahwa makanan satu ini merupakan salah satu makanan penurun darah tingg? Cokelat merupakan bahan alam yang sangat baik bagi kehidupan manusia. Cokelat dapat memberikan sensasi tenang bagi yang meminumnya. Selain itu, cokelat juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi pengidap penyakit darah tinggi.

  1. Olahan Dandelion

Dandelion adalah salah satu jenis bunga yang sangat cantik. Namun siapa sangka  bahwa dibalik kecantikannya, dandelion mengandung berbagai keguanaan dan khasiat yang tidak kalah pentingnya. Bagian akar dandelion dapat menjadi obat penurun darah tinggi yang cukup efektif jika digunakan secara rutin.

  1. Olahan Susu Skim

Selain yogurt, olahan susu lain yang juga baik untuk menjadi makanan penurun darah tinggi ialah susu skim. Susu ini merupakan jenis susu tanpa lemak. Dengan kata lain, lemak jenuh di dalam susu ini sudah sangat minim jumlahnya sehingga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan darah tinggi pada manusia.

  1. Jus Pepaya

Buah pepaya adalah buah yang sangat banyak khasiat. Selain manfaat dari vitamin dan serat yang diberikannya, buah ini juga memberikan manfaat dari kandungan berakaroten yang sangat berguna untuk darah tinggi. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan buah pepaya sebagai jus atau olahan lain.

  1. Jus Jambu Biji

Jambu biji juga merupakan salah satu buah yang menyegarkan dan menyehatkan. Jika Anda ingin memperoleh manfaat jambu biji maka Anda harus mengolahnya dalam kondisi segar dan baru. Dengan demikian, manfaat jambu biji akan Anda peroleh dengan optimal.

  1. Potongan Tomat

Tomat adalah jenis buah atau sayur yang bisa memberikan Anda kesehatan. Hal ini disebabkan oleh kandungan utama tomat, yaitu vitamin dan betakaroten. Kedua kandungan ini sangat baik dalam menyehatkan badan Anda terutama untuk menghilangkan tekanan darah tinggi.

  1. Buah Alpukat

Olahan buah lain yang baik untuk kesehatan Anda yang mengalami tekanan darah tinggi ialah alpukat. Buah alpukat mengandung banyak potasium yang dapat membuat Anda semakin sehat dan berenergi. Selain itu, buah alpukat juga bisa membuat sistem metabolisme tubuh Anda diperbaharui.

  1. Buah Kiwi

Khasiat buah kiwi yang sangat berguna untuk darah tinggi adalah adanya kandungan vitamin dan serat di dalam buah ini. Kedua kandungan ini sangat berguna untuk melawan tekanan darah tinggi Anda.

  1. Buah Blueberry

Buah blueberry juga merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk penderita darah tinggi. Keberadaan buah ini sangat baik untuk mengugurkan kandungan lemak yang ada di dalam tubuh Anda. Jika Anda adalah seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi maka Anda patut mencoba menggunakan buah ini sebagai obatnya.

Sponsors Link

  1. Buah Smangka

Buah semangka adalah buah yang kaya dengan manfaat. Kekayaan manfaat dari buah semangka ini terlihat dari keberadaan cairan di dalamnya yang sangat berlimpah. Dengan keberadaan cairan ini maka Anda bisa menggantikan kondisi darah kotor yang ada di dalam tubuh Anda dengan darah bersih.

  1. Buah Pisang

Jika Anda adalah seorang penderita tekanan darah tinggi maka Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang. Buah satu ini memiliki kandungan potasium dan kalium yang sangat tinggi. Sselain mengenyangkan, buah pisang juga baik dalam memberikan Anda tenaga yang Anda butuhkan tanpa menambah kandungan lemak serta gula di dalam tubuh Anda.

  1. Sayur Bit

Sayur bit adalah jenis sayur umbi yang berwarna merah. Sayur ini biasa digunakan sebagai olahan jus atau sayuran. Selain itu, sayuran ini juga biasa diolah untuk obat salah satunya untuk obat tekanan darah tinggi. Jika Anda adalah seseorang dengan penyakit darah tinggi maka tidak ada salahnya jika Anda mengolah sayur ini sebagai obatnya.

  1. Jus Apel

Kandungan utama dari buah apel yang sangat bagus untuk penyakit darah tinggi ialah kandungan vitamin C dan seratnya. Dengan kedua kandungan ini, Anda dapat menghancurkan tumpukan lemak yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

  1. Potongan Timun

Salah satu jenis sayuran lain yang baik untuk darah tinggi ialah timun. Kandungan timun yang sangat baik untuk darah tinggi ialah cairannya. Dengan mengonsumsi timun maka Anda akan menjadi lebih sehat.

  1. Jus Jeruk

Selain apel, buah yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi ialah jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi inilah yang bisa membuat Anda semakin sehat dan terhindar dari tekanan darah tinggi.

  1. Jus Lemon

Sama seperti buah jeruk, kandungan utama dari lemon – yaitu vitamin C – merupakan kandungan yang baik untuk darah tinggi. Anda bisa mengolah lemon sebagai minuman segar yang menyehatkan diri Anda.

  1. Buah Peach

Buah peach atau delima adalah salah satu jenis buah yang penuh dengan manfaat. Salah satu manfaat yang sangat baik dari buah ini ialah kandungan vitaminnya yang dapat membuat Anda terbebas dari tekanan darah tinggi.

  1. Olahan Mengkudu

Mengkudu adalah salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk penyakit tekanan darah tinggi. Jika Anda mengolah mengkudu dengan benar maka Anda akan mendapatkan khasiat luar biasanya. Buah ini mampu memperlancar aliran darah dan menghindari penumpukan lemak di dalam aliran darah.

  1. Sayuran Sawi

Selain bayam, sayur sawi juga merupakan jenis sayuran yang dapat memberikan khasiat bagi Anda dalam hal kesembuhan terhadap tekannan darah tinggi.

  1. Sayur Lobak

Sama seperti wortel, umbi-umbian sayur lobak adalah salah satu sayuran yang sangat baik untuk tekanan darah tinggi. Dengan kandungan aktifnya, sayuran ini mampu menggempur penyakit darah tinggi dari tubuh Anda.

Demikianlah beberapa olahan makanan sayur, buah dan makanan lain yang sangat baik bagi tekanan darah tinggi. Bila Anda ingin mencobanya maka Anda perlu tahu cara pengolahan yang benar dari makanan-makanan ini. Olahan yang benar dari makanan-makanan ini akan membuat kandungan makanan ini terjaga bagi tubuh Anda. Salam sehat!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :