Sponsors Link

19 Makanan Sehat Darah Tinggi yang Menyehatkan Tubuh

Sponsors Link

Darah tinggi atau hipertensi mengacu pada tekanan darah tinggi di dinding arteri. Seiring dengan berjalannya waktu, tekanan darah tinggi ini nantinya akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan berujung pada penyakit ginjal, penyakir jantung, stroke dan berbagai masalah berbahaya lainnya. Darah tinggi yang sering disebut juga dengan silnet killer ini terkadang tidak memberikan gejala apapun sehingga sering tidak diperhatikan dan tidak diobati hingga bertahun tahun. Banyak faktor risiko yang bisa menyebabkan darah tinggi seperti jenis kelamin, ras, usia dan juga faktor keturunan.

ads

Namun, darah tinggi ini bisa diatasi dan dikenalikan dengan cara olahraga dan juga diet. Diet terbaik untuk membantu mengontrol tekanan darah adalah makanan yang kaya akan magnesium, kalium, serat dan juga mengurangi sodium. Baca terus artikel makanan sehat darah tinggi yang akan kami berikan kali ini untuk membantu anda dalam melawan hipertensi.

  1. Sayuran Hijau

Kalium yang terkandung dalam sayuran berwarna hijau sangat efektif untuk menyingkirkan sodium berlebihan lewat urin sehingga darah tinggi bisa diturunkan. Beberapa sayuran hijau yang baik dikonsumsi sebagai makanan penurun darah tinggi diantaranya adalah kubis, bayam, bit hijau, selada, sejenis sawi dan berbagai sayuran berdaun hijau lainnya.

  1. Aneka Jenis Buah Berri

Berbagai buah berri khususnya blueberry memiliki senyawa alami bernama flavonoid yang sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Bluberry, raspberry dan juga stroberi merupakan makanan sehat darah tinggi yang baik untuk dikonsumsi dalam diet anda sehari hari.

  1. Bit Merah

Dalam bit merah mengandung oksida nitrat yang tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk melebarkan pembuluh darah sebagai cara mengatasi darah tinggi alami. Para peneliti juga menemukan jika kandungan nitrat dalam jus bit bisa menurunkan tekanan darah hanya dalam waktu 24 jam saja. Anda bisa membuat jus sendiri di rumah atau memasak dengan cara dipanggang, tumis dan juga rebus untuk dikonsumsi sehari hari.

  1. Yogurt dan Susu Skim

Susu skim merupakan sumber kalsium tinggi yang sangat baik dikonsumsi untuk darah tinggi sekaligus mengandung kadar lemak yang rendah. Ini menjadi elemen penting untuk diet menurunkan tekanan darah. Sedangkan yogurt juga bisa dikonsumsi apabila anda tidak menyukai susu.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang mengandung serat tinggi, rendah lemak dan rendah sodium sehingga bisa dikonsumsi sebagai salah satu makanan sehat darah tinggi. Oatmeal ini sangat baik dikonsumsi saat sarapan yang bisa ditambahkan juga dengan susu dan berbagai jenis buah berri.

  1. Pisang

Pisang merupakan buah yang tinggi akan kandungan potasium yakni salah satu buah penurun darah tinggi terbaik. Anda bisa mengkonsumsi pisang secara langsung atau dicampur bersama dengan sereal atau oatmeal sebagai tambahan kalium.

Sponsors Link

  1. Paprika

Menambahkan paprika dalam makanan sehari hari juga menjadi cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus menurunkan darah tinggi. Paprika mengandung vitamin C tinggi  sekaligus mengandung antioksidan yang lebih banyak dari buah jeruk. Dalam penelitian yang sudah diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition membuktikan jika mengkonsumsi makanan tinggi akan vitamin C sangat baik untuk menurunkan darah tinggi sehingga menambahkan paprika dalam makanan sehari hari menjadi cara cerdas yang bisa anda lakukan.

  1. Salmon

Disaat makanan berlemak lain menjadi musuh dari penderita tekanan darah tinggi, ikan berlemak seperti salmon justru menjadi salah satu makanan sehat darah tinggi karena mengandung asam lemak omega 3 yang sangat sehat sehat untuk jantung, membantu menurunkan peradangan dan tentunya mengatasi darah tinggi. Ikan salmon juga mengandung protein yang sangat tinggi yang juga berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Mangga

Buah mangga yang terasa nikmat dan menyegarkan ini juga menjadi makanan terbaik untuk mengatasi gejala darah tinggi karena mengandung serat dan juga beta karoten yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Buah mangga ini bisa dikonsumsi dalam keadaan segar atau juga bisa dibuat menjadi sorbet, es krim dan berbagai hidangan nikmat lainnya.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber lemak sehat yang tinggi akan kandungan polifenol yakni senyawa peradangan dan sangat membantu untuk mengurangi tekanan darah. Minyak zaitun ini bisa memenuhi dua hingga tiga porsi harian lemak sehingga menjadi alternatif pengganti yang baik untuk mentega, minyak canola dan juga saus salad komersial.

  1. Coklat Hitam

Dalam sebuah studi membuktikan jika mengkonsumsi coklat hitam dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Dalam coklat hitam mengandung lebih dari 60% kakao lebih padat sekaligus lebih rendah gula dibandingkan dengan coklat biasa. Untuk itu, coklat hitam menjadi salah satu makanan sehat darah tinggi berikutnya yang baik untuk dikonsumsi.

ads

  1. Bawang Putih

Bawang putih sangat efektif untuk mengurangi hipertensi atau penyebab darah tinggi dengan cara meningkatkan oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat ini nantinya akan membantu dalam mempromosikan vasodialitasi atau pelebaran arteri sekaligus mengurangi tekanan darah.

  1. Aprikot

Mengurangi tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit kronis lainnya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi aprikot dalam diet harian anda. Dalam aprikot mengandung vitamin C dan beta karoten yang menjadi kunci penting untuk menjaga tekanan darah.

  1. Apel

Mengkonsumsi 1 buah apel sehari sudah sanggup untuk cara menurunkan darah tinggi. Dalam apel mengandung quercetin yang dianggap sebagai antihipertensi sangat efektif berdasarkan hasil penelitian dari sebuah universitas di Madrid sehingga menjadi salah satu buah yang sangat baik untuk anda konsumsi.

  1. Wortel

Wortel juga menjadi sayuran penurun tekanan darah tinggi yang sangat baik dikonsumsi karena tinggi akan beta karoten serta vitamin C untuk menjaga tekanan darah anda agar selalu stabil.

  1. Telur

Meski dulu telur sangat dihindari karena kandungan kolesterolnya yang tinggi, akan tetapi dalam penelitian baru baru ini membuktikan jika protein tinggi dalam telur sangat ampuh untuk meningkatkan kolesterol baik dan juga cara mengatasi darah tinggi anda agar selalu stabil. Dari American Journal of Hypertension membuktikan jika diet protein tinggi seperti mengkonsumsi telur ini bisa sangat membantu menurunkan tekanan darah secara alami sekaligus juga membantu menurunkan berat badan.

  1. Ceri

Ceri menjadi makanan nikmat untuk menurunkan darah tinggi karena tinggi akan serat, quercetin dan juga vitamin C dari penelitian sebuah studi pada tahun 2015 yang lalu. Kandungan resveratrol dalam ceri bisa secara signifikan mengurangi tekanan darah sistolik sehingga baik juga untuk dikonsumsi dalam diet sehari hari.

  1. Jeruk Bali

Jeruk bali juga menjadi jenis buah yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, sumber vitamin C dan juga sumber likopen yang baik. Dalam sebuah penelitian di Finlandia membuktikan jika konsentrasi likopen tinggi dalam jeruk bali tidak hanya baik untuk menurunkan risiko stroke hingga mencapai 55% namun juga menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Biji Rami

Biji rami atau disebut juga dengan flaxseed adalam sumber serat, asam lemak omega 3 yang sangat ampuh untuk mengurangi peradangan di semua tubuh dengan cara meningkatkan kesehatan jantung dan juga sistem peredaran darah sekaligus cara mengatasi hipertensi di usia muda.

Penelitian yang dilakukan University of Medical Sciences mengungkapkan jika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi seperti biji rami ini, maka akan memiliki tekanan darah sistolik dan juga diastolik yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengkosumsi plasebo.

Segala jenis asupan yang sudah kami berikan diatas adalah makanan sehat darah tinggi yang sangat baik untuk dikonsumsi dalam diet sehari hari. Selain mengkonsumsi berbagai makanan sehat, pastikan juga anda berolahraga secara teratur agar tekanan darah anda bisa dijaga kestabilannya.

Sponsors Link
, , , , ,