Sponsors Link

9 Makanan untuk Penderita Pengentalan Darah yang Baik bagi Kesehatan

Sponsors Link

Kondisi penggumpalan darah pada tubuh dapat mengakibatkan masalah serius bagi kesehatan. Pada kondisi ini memang darah sudah menjadi tidak normal sehingga sering mengalami pengentalan yang pada akhirnya terjadi pembekuan darah.

ads

Pembekuan darah ini menjadi masalah serius ketika mempengaruhi kinerja sistem organ tubuh. Akibatnya muncul berbagai pennyakit seperti hipertensi, stroke, jantung koroner hingga penyempitan pembuluh darah. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan yang dapat mengencerkan kondisi darah yang mengental. Berikut disajikan makanan untuk penderita pengentalan darah yang baik bagi kesehatan.

  1. Madu dan Kayu Manis

Makanan untuk penderita pengentalan darah yang pertama adalah madu dan kayu manis. Kedua jenis makanan ini sangat baik dikonsumsi untuk mengencerkan darah yang menggumpal. Tidak hanya itu, khasiat madu untuk darah rendah juga terbilang sangat ampuh. Sedangkan kayu manis pun dapat digunakan sebagai cara mengatasi anemia yang sangat efektif.

  1. Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang putih dan bawah merah sudah sering digunakan untuk penyembuhan berbagai jenis penyakit. Kedua jenis bumbu dapur ini juga sangat berkhasiat digunakan sebagai cara mengobati pembekuan darah. Selain itu, kandugan icilin dalam bawang putih dapat memperlancar aliran darah dan menormalkan kekentalan darah. Sementara bawang merah sebagai obat pengencer darah dapat membuat darah Anda tetap segar dan encer.

  1. Cuka Apel

Di dalam cuka apel terkandung zat kalium yang dapat mengobati pengentalan darah dalam tubuh. Tidak hanya itu, kalium ini juga dapat mengurai dan menghancurkan protein dan lemak dalam darah sehingga darah tidak lagi mengalami pembekuan. Cuka apel juga dapat Anda gunakan sebagai cara mengatasi darah tinggi tanpa obat.

  1. Nanas dan Pisang

Kandungan vitamin C, E, K, kalium dan enzim bromelain yang terdapat dalam nanas dan pisang sangat efektif untuk mengatasi pengentalan darah dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kedua buah-buahan ini maka pembekuan darah pun dapat terhindari. Anda juga dapat menambahkan buah jeruk dan kiwi yang tidak kalah menyehatkan dalam perannya mengatasi pengentalan darah.

  1. Peppermint dan Jahe

Kandungan salisilat dalam peppermint dan jahe dapat membantu tubuh untuk mengencerkan darah yang menggumpal. Anda dapat mengonsumsi kedua bahan ini sebagai campuran secangkir teh hangat yang dapat dikonsumsi setiap hari.  Selain itu, ada juga buah-buahan yang kaya salisilat yang patut Anda konsumsi seperti buah ceri, anggur, stroberi dan jeruk.

Sponsors Link

  1. Ikan Salmon dan Tongkol

Ikan salmon dan tongkol adalah makanan enak yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi pengentalan darah. Hal ini karena kedua jenis ikan ini memiliki kandungan omega-3 yang tinggi untuk mencegah terjadinya pengentaan darah dalam tubuh. Tidak hanya ikan tongkol dan salmon, Anda pun dapat mengonsumsi ikan tuna, ikan kembung dan ikan hering yang juga kaya omega-3. Dengan mengonsumsi berbagai jenis ikan ini maka darah pun akan kembal dalam keadaan normal dan alirannya juga menjadi lancar.

  1. Kacang Almond dan Brokoli

Vitamin E yang terkandung dalam kacang almond dan brokoli memang sangat baik digunakan untuk mengatasi pengenceran darah dalam tubuh. Selain itu vitamin E ini juga berperan sebagai over-oksidasi yaki menghindarkan proses pembekuan darah. Akibatnya kondisi darah pun menjadi normal dan dapat menjalankan fungsinya untuk mengalirkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Terdapat makanan lain kaya vitamin E yang dapat Anda konsumsi seperti pepaya, sawi, kiwi, gandung, paprika merah, kale dan lain sebagainya.

Sponsors Link

  1. Tomat

Makanan untuk penderita pengentalan darah selanjutnya adalah tomat yang dapat Anda konsusi setiap hari. Khasiat tomat untuk darah rendah dan bagi kesehatan memang sangat banyak. Namun jika Anda mempunyai penyakit maag jangan mengonsumsi tomat karrena rasa asamnya dapat membuat maag kambuh.

  1. Daun Salam

Sebagai obat alami pengentalan darah dan obat herbal darah tinggi, Anda dapat mengonsumsi daun salam dengan cara merebusnya dalam air mendidih. Daun satu ini sangat baik dikonsumsi untuk membantu proses pengenceran darah.

Itulah 9 makanan untuk penderita pengentalan darah yang baik untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi makanan-makanan di atas tentunya dapat membantu mengencerkan darah dan membantu supaya aliran darah menjadi normal kembali. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih dengan cukup karena juga sangat efektif digunakan untuk mengencerkan darah yang kental.

Sponsors Link
, ,