Sponsors Link

7 Makanan yang Baik untuk Penderita Anemia dan Aman Dikonsumsi

Sponsors Link

Berdasarkan sebuah penelitian yang di kutip situs Medical News Today, kekurangan zat besi dalam darah dapat di kaitkan dengan tingginya resiko demensia, yaitu penurunan fungsi otak yang berpengaruh pada cara berfikir dan berinteraksi. Itu sebabnya, kalau anemia tersebut di akibatkan oleh defisiensi zat besi, anda bisa menemukannya pada makanan. Anda juga bisa perhatikan makanan sehat darah tinggi yang menyehatkan tubuh yang juga bisa bermanfaat sebagai informasi bagi anda. Berikut kita akan lihat makanan apa saja yang bisa bermanfaat untuk penderita anemia:

ads

1. Vitamin B12

Jenis vitamin B kompleks ini mampu meningkatkan fungsi sumsum tulang untuk membentuk sel darah merah. Itu sebabnya, vitamin ini sebagai makanan penambah darah. Makanan yang ada kaitannya dengan vitamin yang satu ini adalah:

  1. Hati sapi
  2. Ikan
  3. Daging merah
  4. Telur
  5. Susu

2. Kismis

Buah kering ini ternyata juga dapat membantu anda menambah darah. Hal ini karena adanya kandungan zat besi dalam kismis. Dalam 2/3 gelas kismis mengandung zat besi sekitar 2 gram. Jadi, jika anda tidak suka dengan buah yang satu ini, ketika di makan langsung anda juga dapat mencapurnya dengan berbagai macam hidangan, seperti dalam kue, sereal, oatmeal, dan lainnya. Anda juga bisa lihat khasiat buah untuk darah rendah yang bisa menyembuhkan tubuh.

3. Bayam

Sayuran ini berlimpah dengan kandungan kalsium, zat besi, beta karoten, kalium, vitamin  A,B2,C dan E. Vitamin C baik untuk kekebalan tubuh, sedangkan beta karoten, baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Dan sudah pasti, kandugan zat besinya dapat membantu tubuh jadi lebih banyak memproduksi sel darah merah, serta dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Anda juga bisa perhatikan sayuran penambah darah rendah yang bisa membantu anda juga dalam hal ini.

4. Selai kacang

Selai kacang ternyata bisa membantu anda mengatasi anemia. Kalori yang terkandung dalam selai kacang memang besar, namun zat besi yang terdapat dalam selai kacang juga dapat membantu anda dalam mengatasi anemia. Anda bisa makan 2 sendok makan selai kacang perhari. Setelah anda makan selai kacang, di anjurkan juga untuk minum jus jeruk. Karena jus jeruk terdapat vitamin C yang tinggi, yang berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi. Anda bisa lihat juga pengobatan penyakit anemia yang bisa bantu kita memberikan informasi lebih banyak lagi.

Sponsors Link

5. Roti gandum dan oatmeal

Satu potong roti gandum, mengandung 6% kebutuhan zat besi anda. Roti gandum di kenal dengan kaya akan zat besi yang bermanfaat, namun ternyata roti gandum juga mengandung asam folat yang dapat menahan zat besi sehingga tidak di serap oleh tubuh. Namun, asam folat ini juga bisa berkurang, saat proses fermentasi gandum tersebut. Anda juga bisa lihat makanan untuk penderita Thalasemia yang sehat dan sangat bermanfaat.

6. Wortel

Wortel terkenal karena kandungan vitamin A. Kandungan vitamin A dalam bentuk retinol pada buah  ini berperan untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah sekaligus mengantar oksigen ke sel-sel tubuh. Itu sebabnya, agar memaksimalkan produksi sel darah merah dalam tubuh, anda di sarankan untuk makan wortel dua kali per minggu.

7. Akar bit (Buah bit)

Buah ini memiliki daging berwarna merah. Kandungan zat besi di dalamnya dapat mengurangi gejala anemia yang muncul, seperti gejala mengurangi gejala kedinginan. Buah ini juga terbukti dapat membantu mengatasi detak jantung yang tidak beraturan. Yang kita tahu, ini biasanya di akibatkan karena anemia yang parah.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Anemia