Sponsors Link

4 Manfaat Cuci Darah yang Sebaiknya Diketahui

Sponsors Link

Manfaat cuci darah tentu sangat berguna dan diperlukan terutama oleh orang yang sedang menderita gangguan ginjal. Prosedur cuci darah seringkali disebut juga dengan istilah definisi hemodialisis dan sering kali dijalani oleh pasien gagal ginjal.

ads

Ginjal sendiri sebenarnya merupakan suatu organ dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mencegah adanya kelebihan cairan dalam tubuh serta membantu metabolisme dalam tubuh. Berikut ini kami berikan beberapa macam manfaat dari adanya prosedur cuci darah yang perlu dijalani oleh pasien penderita gagal ginjal.

1. Mengatur tekanan darah

Umumnya kondisi gagal ginjal bisa menyebabkan pasien mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini berkaitan dengan adanya gangguan pada pembuluh darah di dalam tubuh manusia terutama di sekitar ginjal sehingga pasien berpeluang mengalami tekanan darah tinggi.

Untuk itu pasien gagal ginjal disarankan agar mau menjalani prosedur cuci darah jika memang gangguan ginjal yang dialaminya tidak bisa disembuhkan dengan menggunakan beberapa jenis obat.

Cuci darah akan membantu ginjal agar dapat berfungsi kembali sehingga pasien dapat melakukan cara mengatasi darah tinggi tanpa obat untuk tekanan darah yang tetap stabil dan tidak semakin tinggi atau mengalami hipertensi.

2. Mengatur kadar kimia dalam darah

Pada dasarnya organ ginjal memiliki banyak fungsi dan diantaranya adalah menyaring darah. Tentunya kadar kimia dalam darah selalu terjaga dan normal sehingga tidak sampai menimbulkan penyakit pada seseorang. Dalm hal ini ginjal akan menyaring dan membuang limbah seperti misalnya racun dan urea yang diangkut melalui darah menuju ke ginjal untuk selanjutnya dibuang.

Oleh karena itu ginjal turut berperan dalam menjaga darah termasuk mengatur kadar kimia yang ada di dalam darah. Berbagai zat kimia yang tidak diperlukan oleh tubuh termasuk limbah dan racun akan disaring dan selanjutnya dibuang oleh organ ginjal.

Jika ginjal mengalami gangguan maka cuci darah menjadi salah satu solusi yang dapat membantu ginjal untuk dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

3. Mengatur elektrolit dalam darah

Ginjal juga berfungsi untuk menjaga elektrolit yang penting di dalam darah. Misalnya saja seperti natrium dan kalium serta kalsium atau fosfor. Konsentrasi mineral tersebut akan tetap dalam keadaan normal sehingga Anda tidak sampai mengalami gangguan kesehatan.

Pada pasien gagal ginjal tentunya dianjurkan untuk menjalani kelebihan dan kekurangan cuci darah agar fungsi ginjal dapat berjalan dengan baik. Melalui prosedur cuci darah maka mineral elektrolit dalam darah yang diperlukan oleh tubuh manusia dapat selalu terjaga dalam kadar dan kondisi yang normal.

Sponsors Link

4. Menggantikan fungsi ginjal

Saat ginjal mengalami gangguan tentunya kondisi kesehatan pasien akan semakin menurun. Terlebih lagi jika kasus gangguan ginjal yang dialami oleh seseorang semakin parah dan bahkan tidak dapat disembuhkan dengan menggunakan obat.

Tentunya pasien yang menderita gangguan ginjal atau gagal ginjal diharuskan menjalani prosedur cuci darah atau prosedur hemodialisis dengan tujuan untuk menggantikan fungsi ginjal. Ada banyak fungsi ginjal dan tentunya ginjal sangat berperan dalam menjaga kinerja organ tubuh.

Oleh karena itu untuk mengatasi kasus gagal ginjal dilakukan cuci darah agar peran dan tugas organ ginjal dalam tubuh manusia tidak sampai terhenti dan mengancam nyawa pasien.

Manfaat cuci darah seperti yang telah diulas di atas tentunya sangat berguna untuk membantu menggantikan fungsi ginjal. Namun jangan lupa untuk memperkirakan biaya cuci darah di rumah sakit yang dijalani secara rutin dan sesuai dengan petunjuk dari dokter.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan