Sponsors Link

7 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Wanita yang Jarang di Ketahui

Sponsors Link

Bagi sebagian orang, kegiatan donor darah adalah kegiatan yang menakutkan karena melibatkan pengambilan sekantong darah dengan jarum suntik yang tajam. Namun bagi orang-orang yang sudah terbiasa mendonorkan darahnya, aktivitas ini banyak mengandung manfaat yang sudah terbukti. Terlebih lagi bagi pendonor wanita, ada dampak positif donor darah yang dapat dirasakan. Berikut beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan wanita yang perlu Anda ketahui.

ads
  1. Mengurangi Stres

Dengan mendonorkan darah secara rutin maka dapat mengurangi stres serta membuat pikiran lebih segar. Pada saat donor, jumlah darah yang diambil saat donor lumayan banyak sehingga membuat tubuh membentuk sel-sel darah merah yang baru. Setelah tubuh membentuk sel-sel darah merah yang baru inilah tubuh akan terasa lebih segar dan bugar. Tentunya dengan demikian dapat membuat pikiran lebih stabil dan siap melanjutkan aktivitas sehari-hari.

  1. Mencegah Jerawat

Pastinya wanita sangat memerhatikan penampilannya, terutama penampilan wajah. Kini tak perlu susah-susah mencegah jerawat dengan kosmetik dan perawatan mahal. Cukup dengan mendonorkan darah saja secara rutin. Hal ini berkaitan dengan banyaknya darah kotor yang keluar dari tubuh saat donor  darah. Keluarnya darah kotor ini membuat tubuh memproduksi sel-sel darah merah yang lebih sehat. Bukan rahasia lagi bahwa darah kotor merupakan penyebab timbulnya jerawat.

  1. Menurunkan Berat Badan

Pada saat Anda mendonorkan sekantong darah, jumlah kalori yang turut terbakar sebanyak 650. Jumlah tersebut sangatlah besar hingga dapat menurunkan berat badan. Penurunan berat badan akibat donor darah ini tentu saja tidak berbahaya. Bahkan sangat menguntungkan terutama bagi Anda yang kelebihan berat badan. Untuk itulah lakukan donor darah secara rutin supaya manfaat ini dapat Anda nikmati.

  1. Mengencangkan Kulit

Manfaat donor darah untuk kulit satu ini adalah membuat kulit lebih kencang. Setelah mendonorkan darah, tubuh akan meregenerasi sel darah merah sehingga membuat kulit lebih kencang dan mulus.  Tanda-tanda keriput dan garis halus yang mulai nampak pun dapat terkurangi dengan mendonorkan darah secara rutin.

  1. Mencegah Kulit Kusam

Warna kulit yang kusam dan tidak cerah merupakan mimpi buruk bagi wanita. Penyebab kulit kusam adalah karena adanya zat besi yang berlebihan dalam darah. Dengan melakukan donor darah, jumlah zat besi berlebihan ini dapat dikurangi sehingga kulit Anda pun terlihat lebih bersih dan bercahaya. Hal ini juga berkaitan dengan kelebihan donor darah yaitu dapat meregenarisikan sel darah merah yang rusak.

Sponsors Link

  1. Membentuk Tubuh Ideal

Manfaat donor darah satu ini berkaitan dengan berat badan yang menurun setelah mendonorkan darah. Bagi Anda yang memiliki tubuh ideal bisa mendonorkan darah supaya badan ideal dan proporsional tetap terjaga. Tetapi ingat, salah satu syarat melakukan donor darah yang wajib dipenuhi adalah berat badan tidak boleh kurang dari 45 kilogram.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Donor darah juga bermanfaat sebagai cara untuk mencegah penuaan dini. Hal ini berkaitan dengan rasa stres yang berkurang setelah mendonorkan darah. Dengan berkurangnya rasa stres tentunya dapat membuat kulit menjadi sehat dan terhindar dari keriput. Oleh sebab itu lakukan donor darah dengan rutin serta jangan lupa menambah  asupan makanan penambah darah dan vitamin penambah darah agar lebih sehat.

Demikian manfaat donor darah bagi kesehatan wanita yang perlu Anda ketahui. Tak hanya kesehatan dan kecantikan kulit saja yang dapat Anda peroleh tetapi dengan donor darah tentunya dapat menyelamatkan nyawa seseorang. Aktivias sukarela nan mulia ini seharusnya bisa Anda lakukan dengan rutin.

Sponsors Link
, ,