Sponsors Link

4 Manfaat Hemodialisis Bagi Penderita Gagal Ginjal

Sponsors Link

Manfaat hemodialisis seringkali dijadikan sebagai terapi bagi pasien yang mengalami gagal ginjal. Dengan adanya prosedur hemodialisis ini maka sebagian fungsi ginjal diharapkan agar dapat digantikan sehingga organ tubuh pasien tetap berjalan normal. Berikut ini beberapa manfaat hemodialisis secara khusus.

ads

1. Membantu menormalkan keseimbangan cairan

Air tentunya merupakan komponen yang sangat penting dalam tubuh manusia. Kekurangan cairan tentu saja bisa memberikan dampak buruk yang cukup serius pada seseorang. Oleh karena itu keseimbangan cairan dalam tubuh sangat perlu dijaga. Pada pasien gagal ginjal tentunya cairan dalam tubuh tidak dapat seimbang seperti halnya pada orang normal atau pada orang sehat yang bebas dari segala jenis penyakit.

Oleh karena itu dibutuhkan proses hemodialisis secara singkat agar cairan dalam tubuh pasien dapat selalu dalam keadaan seimbang. Dengan demikian pasien gagal ginjal tidak sampai mengalami kekurangan cairan sehingga organ tubuh pun dapat berjalan dan berfungsi secara normal seperti sedia kala.

2. Membantu membuang sisa metabolisme tubuh

Zat sisa hasil metabolisme dalam tubuh haruslah dibuang atau dikeluarkan dari tubuh. Sebab sisa metabolisme ini mengandung racun sehingga dapat menimbulkan penyakit pada seseorang. Dalam hal ini ginjal berfungsi sebagai alat ekskresi pada manusia dan bertugas untuk membuang racun tubuh.

Namun pada kasus gagal ginjal tentunya ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga sisa metabolisme tubuh tidak dapat dikeluarkan dengan baik. Dalam hal ini tujuan hemodialisis yaitu diharapkan pada akhirnya akan membantu fungsi ginjal sehingga sisa metabolisme tubuh dapat dikeluarkan.

Fungsi ginjal sebagai alat ekskresi berhubungan pula dengan kandung kemih dan saluran kemih yang berfungsi untuk mengeluarkan urine dari tubuh manusia.

3. Menjaga keseimbangan asam basa elektrolit dalam tubuh

Kadar asam basa yang mengalami gangguan tentu membuat asam dan basa dalam fungsi sel darah merah menjadi tidak seimbang. Kondisi ini sangat mengganggu kerja berbagai organ dalam tubuh sehingga hal ini sangat berbahaya.

Ketidakseimbangan asam basa elektrolit tentu akan berdampak buruk secara langsung pada tubuh. Sebab elektrolit sendiri memiliki banyak peran dalam tubuh manusia. Di antaranya adalah menjaga keseimbangan cairan. Jika seseorang mengalami gagal ginjal maka elektrolit juga akan mengalami gangguan sehingga pasien gagal ginjal membutuhkan terapi hemodialisis.

Terapi tersebut akan membantu elektrolit agar dapat berfungsi dengan baik sekaligus menjaga kadar asam dan basa yang ada pada elektrolit.

Sponsors Link

4. Menjaga tekanan darah

Pasien gagal ginjal umumnya mengalami kondisi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sebaliknya penyakit hipertensi yang dialami oleh seseorang juga bisa saja menyebabkan terjadinya kerusakan pada arteri sehingga arteri akan menghambat darah yang diperlukan oleh jaringan pada ginjal.

Ginjal sendiri pada dasarnya turut berperan dalam memproduksi hormon untuk mengatur tekanan darah dalam tubuh. Tentu saja ginjal yang mengalami kerusakan tidak dapat menjalankan perannya dengan baik.

Oleh karena itu diperlukan terapi definisi hemodialisis agar ginjal dapat berfungsi dengan baik sehingga tekanan darah pasien tetap dalam kondisi normal. Dengan menjalani terapi hemodialisis maka kondisi pasien diharapkan bisa menjadi lebih baik.

Manfaat hemodialisis seperti yang telah dijabarkan di atas tentunya diharapkan agar dapat membantu pasien gagal ginjal. Proses hemodialisis harus berlangsung dengan cara yang tepat sehingga dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan. Terapi ini dapat dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu sehingga dapagt memberikan hasil yang efektif dan maksimal.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan