Sponsors Link

Mekanisme Anemia yang Wajib Kalian Pahami

Sponsors Link

Anemia atau kurang darah adalah kondisi di mana seseorang yang memiliki sel darah merah lebih di bawah normal. Seharusnya, sel darah merah berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarnya ke seluruh bagian tubuh manusia.

ads

Itu sebabnya, jika anda menderita anemia, ini artinya transportasi sel darah merah akan terganggu dan jaringan tubuh penderita, akan mengalami kekurangan oksigen yang seharusnya, bisa menghasilkan energi. Anda juga bisa lihat fungsi sel darah merah bagi tubuh yang mengagumkan! yang bisa membantu anda juga dalam hal ini.

Penyebab umum dari anemia adalah, kekurangan zat besi, pendarahan usus, pendarahan, genetik, kekurangan vitamin B12, kekurangan asam folat, dan gangguan sumsum tulang belakang. Mari kita bahas satu-satu penyebab umum ini:

1. Kekurangan zat besi

Jika seseorang kekurangan zat besi, ini pasti bisa di kaitkan langsung dengan penderita anemia. Zat besi yang terkandung pada bahan makanan, tumbuh-tumbuhan dan suplemen tidak bisa di serap baik seperti pada daging merah.

Sama juga, gangguan pencernaan atau berbagai jenis penyakit pada lambung, itu juga bisa menghambat penyerapan zat besi. Itu sebabnya, tidak di anjurkan untuk memakan makanan yang justru tidak mengandung zat besi, di makan secara bersamaan dengan makanan yang mengandung zat besi.

2. Kekurangan vitamin

Tubuh manusia sangat membutuhkan vitamin yang bisa bantu penyerapan tubuh menjadi lebih baik. Vitamin B12 dan folat untuk membuat sel darah merah. Itu sebabnya, jika anda kekurangan asupan kedua vitamin ini, bisa akhirnya menyebabkan anemia.

Gangguan pencernaan yang sudah parah, bisa di atasi dengan penyerapan vitamin B12. Anda juga bisa dapatkan informasi lebih dengan melihat vitamin penambah darah untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi sehingga dapat bermanfaat.

3. Penyakit kronis

Penyakit kronis bisa membuat tubuh lebih sedikit sel darah merah. Sehingga menjadikan kekurangan HB. Jika anda kekurangan darah yang cukup banyak, tubuh akan menjadi sangat mudah mengembangkan anemia. Anda juga bisa dapatkan informasi lebih lanjut dengan melihat penyakit yang berhubungan dengan darah yang bisa bantu anda dapatkan informasi lebih lanjut lagi.

4. Kehilangan darah

Kehilangan terlalu banyak darah, adalah salah satu faktor penyebab utama anemia. Misalnya, jika anda mengalami luka yang parah, menstruasi berat, atau operasi yang akhirnya bisa mengakibatkan anda kehilangan banyak darah, sehingga tubuh akan mengalami kekurangan zat besi. Anda juga bisa pahami komplikasi Thalasemia yang sangat berbahaya yang bisa memberikan informasi lebih lanjut lagi.

Sponsors Link

5. Akibat penyakit sumsum tulang belakang

Beberapa penyakit seperti leukemia atau mielofibriosis dapat mengganggu produksi sel darah merah di sumsum tulang belakang, sehingga akhirnya dapat menyebabkan anemia. Anda bisa lihat juga perbedaan anemia dan darah rendah yang bisa bantu kita mebandingkan dengan lebih baik. Gejala yang di timbulkan, jika seseorang menderita anemia ini juga bervariasi, dari ringan hingga berbahaya.

6. Anemia hemolitik

Situasi ini terjadi pada saat sel darah merah di hancurkan oleh tubuh lebih cepat di bandingkan dengan waktu produksinya. Beberapa penyakit dapat mengganggu proses dan kecepatan penghancuran sel darah merah. Anemia jenis ini dapat di turunkan secara genetik atau bisa juga di dapat setelah lahir.

Anemia terjadi pada saat tubuh kekurangan sel darah merah sehat yang mengandung hemoglobin. Terdapat sekitar 400 kondisi yang bisa menyebabkan anemia seseorang, namun itu di kelompok menjadi 3 kelompok:

  1. Tubuh tidak cukup memproduksi sel darah merah
  2. Terjadi pendarahan yang menyebabkan tubuh kehilangan darah lebih cepat di bandingkan kemampuan tubuh untuk memproduksi darah
  3. Kelainan pada reaksi tubuh dengan menghancurkan sel darah merah yang sehat.

Nah itu dia Mekanisme Anemia yang wajib kalian pahami, agar mengerti bagaimana proses terjadinya anemia supaya dapat di tanggulangi sejak dini.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Anemia