Sponsors Link

Mengatasi Kelebihan Sel Darah Putih dengan 6 Cara Alami

Sponsors Link

Salah satu faktor penyebab kelebihan sel darah putih dalam tubuh adalah adanya infeksi. Sel darah putih atau leukosit berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh saat ada virus atau bakteri yang mencoba menyerang. Leukosit satu ini dibantu fagosit melawannya dengan cara menghancurkan hingga tuntas bakteri atau virus tersebut. Pada kasus sel darah putih yang jumlahnya berlebihan mengindikasikan bahwa tubuh sedang melawan penyakit.

ads

Normalnya jumlah leukosit pada bayi atau anak-anak berkisar antara 9.000-12.000/mm3 sedangkan pada dewasa berkisar antara 5.000-10.000/mm3. Jika jumlahnya melebihi batas normal, maka segeralah lakukan penanganan dan pengobatan medis untuk mencegah hal-ha yang tidak diinginkan. Berikut dijelaskan cara mengatasi kelebihan sel darah putih secara alami.

  1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Kelebihan sel darah putih dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Anda dapat menambahkan makanan penambah darah dan vitamin penambah darah supaya tubuh lebih terlindungi dari berbagai macam penyakit. Kandungan vitamin serta nutrisi di dalamnya dapat mempermudah leukosit melawan infeksi dalam tubuh. Akibatnya leukosit pun jumlahnya dapat menurun sehingga infeksi dapat diberantas dengan tuntas. Sebaiknya hindari juga makanan berkalori tinggi, makanan siap saji dan makanan manis karena dapat menjadi pemicu leukosit meningkat. Ganti saja dengan buah-buahan penambah darah serta sayuran penambah darah yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi.

  1. Hindari Dehidrasi

Jika Anda mengalami kelebihan sel darah putih dalam tubuh maka sebaiknya hindarilah dehidrasi dengan cara minum air putih. Jumlah air putih yang disarankan adalah 8 gelas per hari pada saat pagi hari setelah bangun tidur. Pada saat inilah air putih dapat membersihkan segala racun yang berada dalam tubuh.

  1. Pola Makan Teratur

Selain mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, bagi Anda yang mempunyai leukosit berlebih dapat mengatur pola makan menjadi lebih teratur. Jika asupan makanan sehat dan bergizi masuk teratur dalam tubuh, tentunya tubuh pun akan menjadi sehat pula. Dengan tubuh yang sehat tentunya akan sulit juga bakteri atau virus masuk karena sistem kekebalan tubuh yang juga meningkat. Selain itu Anda pun dapat mengonsumsi obat penambah darah untuk mencegah penyakit pada sistem peredaran darah seperti anemia dan leukimia.

  1. Hindari stres

Stres juga menjadi salah satu penyebab terjadinya peningkatan jumlah sel darah putih dalam tubuh. Hal ini karena badan serta otak menghadapi tekanan dan mendapat beban pikiran.  Oleh karena itulah, untuk menstabilkan jumlah leukosit dalam tubuh sebaiknya hindarilah stres yang berlebihan. Caranya cukup mudah dengan refreshing bersantai, berlibur maupun bermain game. Intinya lakukan segala hal yang dapat menyehatkan badan serta pikiran agar stres tidak datang.

Sponsors Link

  1. Hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol

Zat-zat yang merusak tubuh seperti nikotin dan tar yang terdapat dalam rokok dapat menjadi pemicu peningkatan sel darah putih. Peningkatan leukosit ini berfungsi untuk memerangi zat alkohol, nikotin dan tar yang mencoba menyerang tubuh. Agar jumlah sel darah putih dalam tubuh kembali normal, maka sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol  tersebut. Selain itu Anda juga perlu menjauhi asap rokok karena lebih berbahaya daripada aktivitas merokok itu sendiri.

  1. Konsultasi pada dokter ahli

Jika sudah menerapkan kelima cara diatas namun jumlah sel darah putih masih meningkat, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter ahli. Dengan mendapatkan penanganan dan pengobatan yang sesuai dari dokter ahli tentunya harapan sembuh pun akan semakin tinggi.

Demikian cara mengatasi kelebihan sel darah putih secara alami yang dapat Anda terapkan. Dengan mengikuti keenam cara di atas diharapkan jumlah sel darah putih dalam tubuh kembali normal. Tentunya dengan jumlah sel darah putih yang normal dapat menghalang masuknya penyakit dalam tubuh dengan sempurna.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal