Sponsors Link

36 Menu Diet Golongan Darah O Paling Ampuh

Sponsors Link

Diet adalah sebuah kata yang sudah tidak asing lagi bagi Anda. Diet atau pengaturan pola makan merupakan sebuah kegiatan manajemen nutrisi atau makanan yang disuplai ke dalam tubuh dengan tujuan untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar. Diet sendiri merupakan aktivitas yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang jenis kelamin tertentu. Oleh sebab itu, pola hidup sehat yang baik dapat dimulai dari diet yang sehat dan tepat.(Baca Juga: Obat Herbal Darah Tinggi)

ads

Diet merupakan sebuah usaha mengatur dan memilih makanan yang tepat. Dalam pengertian yang lebih luas, diet tidak hanya masalah menurunkan berat badan melainkan sebagai upaya memperbaiki pola hidup sehat yang dapat Anda mulai dari mengatur makanan. Diet juga menjadi salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mengobati suatu penyakit tertentu. Oleh sebab itu ada berbagai macam tujuan diet, antara lain:

  • Diet menurunkan berat badan (massa tubuh);
  • Diet meningkatkan berat badan dengan meningkatkan massa otot;
  • Diet dengan melakukan pantang terhadap beberapa jenis makanan tertentu (misalnya karbohidrat, gula, lemak dan lain sebagainya);
  • Diet yang disesuaikan dengan kebutuhan usia atau penyakit tertentu

Selain tujuannya bermacam-macam, diet juga memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis diet ini ditentukan oleh faktor-faktor di sekitarnya. Beberapa jenis diet yang mungkin dapat Anda terapkan antara lain:

  • Diet makanan biasa atau makanan sehat;
  • Diet makanan lunak atau makanan yang bertekstur lunak (mudah ditelan atau dikunyah);
  • Diet sesuai dengan golongan darah;

Dalam melakukan diet, Anda perlu memperhatikan aspek lain di samping kegiatan diet itu sendiri. Salah satu hal penting yang wajib Anda perhatikan ialah memperhatikan gizi yang seimbang. Gizi yang seimbang berarti nutrisi yang tepat dan pas dibutuhkan oleh tubuh. Gizi yang tepat ini harus Anda konsumsi dengan teratur sehingga tubuh Anda akan merasa lebih sehat. Makanan atau minuman yang tepat untuk melakukan diet harus memiliki persyaratan berikut ini, antara lain:

  • Makanan atau minuman yang mengandung zat atau nutrisi yang diperlukan oleh tubuh;
  • Makanan atau minuman yang segar, alami dan tidak mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh;
  • Makanan yang mengandung cairan atau zat-zat yang dapat menggantikan cairan tubuh Anda;
  • Makanan atau minuman yang diolah dengan baik tanpa menggunakan cara-cara yang membahayakan tubuh

Sistematika Golongan Darah Manusia

Darah merupakan salah satu komponen yang penting bagi tubuh manusia. Keberadaan darah berfungsi untuk mengalirkan nutrisi dan sari-sari makanan yang dihasilkan oleh sistem pencernaan ke seluruh tubuh. Dengan peredaran darah yang baik maka Anda akan memiliki kualitas metabolisme tubuh yang baik. Dengan sistem metabolisme tubuh yang baik maka Anda akan mendapatkan keseimbangan fungsi tubuh yang baik pula.(Baca Juga: Penyebab Darah Tinggi)

Dalam tubuh manusia keberadaan darah terdiri dari berbagai macam komponen. Pada dasarnya, darah terdiri dari komponen-komponen berikut ini, yaitu:

  • Sel darah merah atau sel eritrosit

Eritrosit atau sel darah merah merupakan komponen utama dalam darah. Sel darah ini memiliki warna merah kehitam-hitaman sehingga membuat darah manusia berwarna merah. Sel darah merah sangat penting bagi regulasi nutrisi dan oksigen bagi tubuh manusia. Dengan keberadaan sel darah merah, seluruh nutisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh akan tersebar dengan baik setelah dipompakan dari jantung.

  • Sel darah putih atau sel leukosit

Sel darah satu ini memiliki tugas sebagai parasit dari bakteri atau kuman yang masuk ke dalam tubuh manusia. Dengan kata lain, sel darah putih merupakan sel darah yang bertugas sebagai pengatur atau regulator sistem kekebalan tubuh manusia. Dengan sel darah putih yang cukup maka tubuh akan terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Sponsors Link

  • Keping-keping darah atau sel trombosit

Sel trombosit atau keping-keping darah adalah komponen darah yang bertugas dalam melakukan pembekuan darah. Pembekuan darah sangat dibutuhkan saat darah keluar dari tubuh dalam jumlah yang banyak sehingga tubuh tidak mengalami kehilangan darah. Darah yang dibekukan akan meninggalkan bekas yang disebut luka sehingga darah tidak keluar lagi dari dalam tubuh.

  • Serum darah

Serum darah merupakan sebuah komponen penting di dalam sistem peredaran darah manusia. Serum darah mengandung air atau cairan yang dapat membuat darah mampu mengedarkan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Keberadaan serum darah harus selalu dijaga dengan cara menjaga suplai cairan tubuh sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:

Selain penting untuk tubuh, darah manusia dapat pula digolongkan ke dalam beberapa golongan. Salah satu sistem penggolongan darah yang terkenal ialah sistem penggolongan darah dengan metode ABO. Dalam sistem penggolongan darah ini, darah dibagi ke dalam beberapa golongan darah yaitu:

  • Golongan darah A

Golongan darah pertama yang ada di dalam tubuh manusia ialah golongan darah A. Golongan darah ini tebentuk oleh karena adanya antigen A di permukaan membran sel darah merah dan ada antibodi terhadap antigen B. Hal ini membuat darah manusia terbentuk golongan A dan dapat menerima transfusi darah A ataupun O.

  • Golongan darah B

Golongan darah berikutnya ialah golongan darah B yang terbentuk karena adanya antigen B di membran sel. Antigen B ini memiliki antibodi terhadap antigen A sehingga golongan darah yang terbentuk adalah golongan darah B.

  • Golongan darah AB

Golongan darah AB pada manusia terbentuk karena adanya antigen A dan antigen B di dalam darah manusia. Keberadaan kedua antigen ini menyebabkan kemunculan golongan darah AB di sistem peredaran darah manusia. Golongan darah ini termasuk golongan darah yang spesial karena orang yang memiliki golongan darah ini dapat menerima transfusi dari semua golongan darah (A, B, AB, dan O)

  • Golongan darah O

Golongan darah ini merupakan golongan darah yang memiliki sifat berbalik dengan golongan darah AB. Golongan darah O tidak memiliki antigen A dan B sehingga golongan darah ini digolongkan sebagai golongan darah yang istimewa. Keistimewaan golongan darah O ini dapat terlihat dari kemampuannya menjadi donor bagi golongan darah lainnya.

Selain menggunakan sistem penggolongan darah ABO, golongan darah manusia dapat dibedakan dengan sistem penggolongan darah rhesus. Sistem penggolongan darah rhesus ini juga menggunakan sistem antigen dan antibodi. Namun demikian, sistem golongan darah rhesus ini hanya mengenal nilai positif dan negatif pada pengelompokannya.

Baca Juga:

Golongan darah manusia menentukan banyak hal. Salah satu hal yang ditentukan dari golongan darah ialah sistem diet atau pengaturan pola makan manusia. Pengaturan pola makan yang mengikuti sistem penggolongan darah ini berkaitan dengan nutrisi atau zat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh golongan darah tertentu. Pengaturan nutrisi ini bertujuan untuk menghindari alergi atau dampak negatif dari diet yang dilakukan.

Diet Tepat Bagi Golongan Darah O

Diet atau pengaturan pola makan pada manusia dapat ditentukan oleh banyak hal, salah satunya ialah dari golongan darah. Metode diet dengan melihat golongan darah diperkenalkan oleh seorang ahli darah, dr. D’Adamo. Menurutnya, diet seseorang harus disesuaikan dengan golongan darahnya karena hal tersebut sangat mempengaruhi kondisi metabolisme tubuh seseorang. Bila seeorang salah memakan makanan (tidak sesuai dengan golongan darahnya) maka akan menimbulkan permasalahan di masa mendatang.

Menurut dr. D’Amano, pemilihan makanan untuk dikonsumsi oleh golongan darah tertentu disesuaikan oleh cara kerja dan sifat dari masing-masing golongan darah. Selain itu, pertimbangan konsumsi makanan dari golongan darah ini harus disesuaikan dengan kemampuan serta karakteristik seseorang dalam mengolah makanan tersebut. Hal ini juga dipengaruhi oleh perbedaan kuantitas produksi zat-zat pencernaan dari masing-masing golongan darah.

Seperti yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya, golongan darah O merupakan golongan darah yang memiliki keistimewaan bila dibandingkan dengan golongan darah lain. Golongan darah ini – selain dapat memberikan bantuan atau donor darah ke golongan darah lain – juga memiliki keistimewaan dalam perlakuan makanan yang dapat dikonsumsi oleh mereka yang memiliki golongan darah ini. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui menu-menu diet untuk golongan darah O.

Diet yang tepat bagi orang yang memiliki golongan darah O adalah diet rendah karbohidrat. Dalam hal ini orang-orang yang memiliki golongan darah O harus mengurangi makanan yang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi, seperti nasi, ubi-ubian, jagung dan lain sebagainya. Karbohidrat memiliki sifat buruk bagi orang-orang yang memiliki golongan darah O bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Baca Juga:

Selain karbohidrat, orang-orang dengan golongan darah O juga disarankan untuk menambah konsumsi kadar protein tinggi. Kadar protein yang terlalu tinggi memiliki dampak positif bagi orang-orang yang memiliki golongan darah O. Oleh sebab itu, berikut menu diet golongan darah O yang baik dan sangat bermanfaat bagi golongan darah O:

ads
  1. Olahan Jahe dan Kunyit

Jahe merupakan jenis rempah-rempah yang memiliki khasiat luar biasa bagi tubuh. Khasiat utama dari jahe ialah kandungan antioksidannya yang sangat baik bagi golongan darah O. Orang dengan golongan darah O perlu mempertimbangkan konsumsi jahe bagi makanan atau minuman sehari-harinya.

Selain jahe, kunyit juga memiliki khasiat baik bagi orang-orang yang bergolongan darah O. Golongan darah O membutuhkan kandungan aktif dari kunyit baik dalam bentuk olahan makanan maupun minuman.

  1. Daging (sapi, rusa atau domba)

Kandungan utama daging-dagingan – selain lemak – ialah protein. Kandungan protein yang tinggi sangat baik bagi metabolisme tubuh orang-orang dengan golongan darah O. Kandungan protein ini berguna sebagai katalisator atau pemicu produksi otot. Produksi otot yang optimal akan mempercepat proses diet bagi golongan darah O.

  1. Ramuan Sayur Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang memiliki khasiat baik bagi diet golongan darah O ialah sayur brokoli. Sayur ini memiliki kandungan aktif yang cukup baik bagi kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang dengan yang bergolongan darah O. Zat aktif pada brokoli juga cukup mengenyangkan bagi golongan darah O sehingga mereka tidak perlu mengonsumsi makanan tambahan setelah mengonsumsi sayuran ini. Oleh sebab itu, sayur brokoli ini cukup baik bagi diet yang dilakukan oleh golongan darah O.

  1. Ubi-Ubian

Ubi merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sangat kaya akan kandungan karbohidrat. Namun demikian, kandungan karbohidrat yang dimiliki oleh ubi memiliki nilai yang lebih rendah daripada nasi. Dengan kadar karbohidrat yang tidak terlalu tinggi ini maka ubi dapat menjadi sumber tenaga yang baik bagi kegiatan diet golongan darah O. Dengan mengonsumsi ubi-ubian maka orang-orang dengan golongan darah O tidak akan kehilangan energi.

  1. Olahan Sayur Selada

Sayuran lain yang baik bagi golongan darah O adalah sayur selada. Sayur selada memiliki berbagai macam mineral dan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia.Selain itu, kegunaan selada bagi kegiatan diet orang-orang dengan golongan darah O ialah ketersediaan serat yang tinggi dari sayuran ini. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan sayur selada untuk kegiatan diet Anda apabila Anda merupakan orang dengan golongan darah O.

Baca Juga:

  1. Olahan Sayur Lobak

Sayur lobak merupakan jenis sayur lain yang baik untuk kegiatan diet orang-orang golongan darah O. Kandungan sayur lobak yang cukup mengenyangkan bisa menjadi sumber tenaga bagi orang-orang yang bergolongan darah O. Orang-orang yang melakukan diet dengan mengonsumsi sayuran lobak tidak akan mengalami kekurangan tenaga karena sayuran lobak memiliki kandungan yang bisa menambah energi.

  1. Rumput Laut

Olahan rumput laut merupakan pilihan bagi diet yang baik untuk golongan darah O. Diet dengan olahan rumput laut akan memberikan asupan serat bagi Anda. Serat sangat penting bagi kelangsungan diet Anda. Dengan serat, sistem metabolisme tubuh akan selalu berjalan secara baik dan teratur.

  1. Ganggang Laut

Menu olahan berikutnya sebagai menu diet yang tepat bagi golongan darah O ialah menu olahan ganggang laut. Ganggang laut merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Kadar protein yang tinggi ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang dengan golongan darah O karena sistem metabolisme tubuhnya dapat bekerja dengan baik bila ada asupan protein.

  1. Olahan Buah Ceri

Salah satu jenis menu buah-buahan yang baik bagi menu diet golongan darah O ialah buah ceri. Buah ceri merupakan buah yang memiliki nutrisi yang baik untuk diet. Kebaikan buah ceri ini diakibatkan adanya kandungan vitamin C yang cukup berlimpah di dalam buah ceri. Jika Anda merupakan seseorang dengan golongan darah O maka tidak ada salahnya Anda memilih buah ceri sebagai menu diet sehat Anda.

  1. Jus Buah Jambu

Selan buah ceri, menu sehat untuk diet golongan darah O ialah buah jambu. Buah jambu merupakan buah yang sangat menyehatkan bagi Anda karena dengan meminum buah jambu ini maka Anda akan memperoleh sistem kekeballan tubuh yang semakin baik. Sistem kekebalan tubuh ini membantu Anda memperoleh sistem metabolisme yang baik sehingga aktivitas diet Anda akan semakin optimal.

  1. Sup Kacang Merah

Sup kacang merah adalah menu menyehatkan bagi Anda yang sedang berdiet khususnya bagi Anda dengan golongan darah O. Kebaikan sup kacang merah terkandung di dalam kandungan protein yang ada di dalam kacang merah itu sendiri. Kacang merah memiliki khasiat yang sangat berguna bagi diet golongan darah O.

  1. Kari (Bumbu-bumbuan Kari)

Olahan menu lain yang baik untuk menu diet bagi golongan darah O ialah kari. Kari merupakan suatu olahan menu dengan bahan utama kunyit serta kaldu daging. Menu ini baik untuk diet karena mengandung kandungan aktif kunyit dan protein tinggi dari daging. Apabila Anda sedang berada dalam diet golongan darah O maka Anda wajib mencoba menu olahan ini.

  1. Sayur Kacang Polong

Sama seperti sup kacang merah, sayur kacang polong juga sangat baik dan bermanfaat untuk Anda yang sedang melakukan diet golongan darah O. Kebaikan kacang polong ini disebabkan adanya kandungan protein yang tinggi di dalamnya. Kandungan protein yang tinggi amat dibutuhkan oleh orang-orang yang bergolongan darah O. Namun demikan Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi kacang-kacangan karena kacang adalah salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

  1. Bawang-bawangan (berbagai jenis bawang)

Berbagai jenis bawang memiliki khasiat yang pas untuk diet golongan darah O. Goloongan darah O memiliki kecocokan dengan kandungan aktif di dalam bawang-bawangan. Selain kandungan aktif yang sangat bermanfaat bagi tubuh, bawang juga bermanfaat untuk menyehatkan serta menstabilkan sistem metabolisme pada tubuh sehingga diet Anda akan semakin baik.

  1. Ikan Mas Goreng

Jenis ikan-ikanan yang memiliki kandungan baik untuk menu diet golongan darah O ialah menu ikan mas goreng. Ikan mas memiliki kandungan lemak yang cukup rendah. Sebaliknya, kandungan protein dari ikan mas sangatlah tinggi sehingga menu ini sangat diperlukan oleh orang-orang dengan golongan darah O yang hendak melakukan diet.

  1. Ikan Belut Bakar atau Goreng

Jenis menu ikan lain yang dapat dijadikan andalan dalam diet bagi golongan darah O ialah menu ikan belut. Ikan belut yang menyehatkan dapat diolah menjadi berbagai macam olahan mulai dari sayur ikan belut, keripik belut dan ikan belut goreng. Menu ikan belut ini harus Anda coba sebagai pemicu menu diet yang menyehatkan khususnya bagi golongan darah O.

  1. Lobster

Lobster merupakan hewan laut yang memiliki jutaan manfaat di dalam tubuhnya. Salah satu manfaat dari lobster dalam kegiatan diet golongan darah O ialah kandungan protein yang berlimpah. Kandungan protein ini sangat dibutuhkan untuk menjalankan metabolisme tubuh bagi orang-orang dengan golongan darah O

  1. Ikan Tuna

Olahan ikan lain yang berguna untuk menu diet bagi golongan darah O ialah masakan yang berasal dari ikan tuna. Ikan tuna terkenal memiliki daging yang penuh dengan protein. Kandungan protein ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang diet sesuai dengan kebutuhan metabolisme tubuh yang bergolongan darah O.

Baca Juga:

  1. Mentega

Anda pasti mengenal mentega. Mentega atau margarin merupakan sebuah olahan protein susu yang dipadatkan dan biasa diolah untuk campuran roti atau kue. Dengan memanfaatkan mentega – selain makanan menjadi lebih gurih – Anda akan mendapatkan manfaat lain yaitu dari protein yang dihasilkan. Oleh sebab itu, makanan ini sangat cocok bagi Anda yang sedang diet dan memiliki golongan darah O.

  1. Bubur Gandum

Gandum merupakan salah satu makanan pokok yang memiliki kandungan utama yaitu karbohidrat. Namun demikian, disamping kadar karbohidrat yang cukup tinggi, gandum juga memiliki kandungan serat yang baik. Hal ini menyebabkan gandum sangat cocok bila dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalankan program diet, terlebih bagi Anda yang memiliki golongan darah O.

  1. Tepung Gandum

Olahan lain yang baik untuk diet bagi golongan darah O ialah olahan dari tepung gandum. Tepung gandum memiliki kandungan serat yang tinggi. Tepung ini biasa diolah menjadi roti atau kue gandum yang sangat menyehatkan tubuh Anda. Dengan memakan olahan tepung gandum maka Anda akan merasakan kesehatan badan yang lebih optimal.

  1. Tempe

Sama seperti makanan yang mengandung protein, tempe merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk golongan darah O yang sedang melaksanakan diet. Kebaikan alami tempe ini berasal dari kandungan protein yang cukup tinggi yang dimiliki oleh tempe. Oleh sebab itu, Anda sangat butuh mengonsumsi makanan ini sehingga diet yang Anda lakukan berjalan dengan baik.

  1. Tahu

Sama halnya seperti tempe, tahu juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Hal ini menyebabkan tahu sangat baik menjadi makanan pendamping bagi menu diet harian yang Anda lakukan terutama bila Anda merupakan orang dengan golongan darah O.

  1. Jus Tomat

Olahan sayur yang cocok sebagai makanan atau minuman diet golongan darah O ialah jus tomat. Jus tomat mengandung kandungan zat antioksidan aktif yang sangat berguna bagi aktivitas diet dan metabolisme tubuh golongan darah O. Jika Anda ingin mengonsumsi jus tomat secara rutin maka Anda tinggal membuatnya dan mengolahnya sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Sayur Terong

Olahan makananan sayur-sayuran yang baik bagi diet golongan darah O ialah sayur terong. Sayur terong – selain mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh – mengandung potasium yang baik bagi metabolisme tubuh golongan darah O. Selain itu, sayur terong juga berfungsi sebagai penambah energi alami bagi golongan darah O.

  1. Susu Kedelai

Manfaat utama susu kedelai bagi diet golongan darah O berasal dari kandungan protein tinggi yang ada padanya. Protein yang tinggi dari susu kedelai sangatlah cocok bagi kegiatan diet golongan darah O. Dengan kadar protein yang tinggi dari susu kedelai maka sistem metabolisme tubuh akan berjalan dengan lebih baik.

  1. Ikan Sarden

Olahan ikan lain yang baik bagi penyuplai protein di dalam diet golongan darah O ialah olahan ikan sarden. Ikan sarden sangat baik untuk menyuplai kebutuhan protein tubuh yang sangat dibutuhkan oleh golongan darah O.

  1. Olahan Udang

Olahan udang-udangan yang tepat bagi kegiatan diet golongan darah O harus mempertahankan protein yang ada di dalam udang itu sendiri. Jika Anda mengolah masakan udang maka pastikan protein yang dibutuhkan bagi metabolisme tubuh golongan darah O terjaga dengan baik.

  1. Telur (Ayam atau Bebek) Rebus atau Goreng

Olahan telur juga merupakan salah satu makanan yang baik bagi diet golongan darah O. Menu olahan telur – baik telur ayam atau bebek – sangat baik sebagai penyuplai protein tubuh. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa protein merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh orang dengan golongan darah O.

Sponsors Link

  1. Kolak Labu

Kolak labu adalah minuman khas yang dapat Anda manfaatkan untuk minuman penurun berat badan khususnya bagi Anda yang bergolongan darah O. Khasiat ini didapatkan dari kandungan aktif labu yang dapat memberi energi tubuh tanpa menimbunkan lemak bagi tubuh itu sendiri. Selain itu, labu juga memiliki khasiat yang baik bagi metabolisme tubuh.

  1. Jus Jambu Biji

Olahan jus lain yang dapat Anda pergunakan sebagai menu diet ialah jus jambu biji. Jus jambu biji memiliki khasiat yang penting untuk diet Anda. Jus ini memiliki kandungan mineral dan vitamin yang cukup tinggi bagi metabolisme tubuh Anda.

Baca Juga:

  1. Kue Beras

Kue beras merupakan salah satu olahan yang baik bagi diet golongan darah O. Kebaikan menu ini terletak pada kadar karbohidrat rendah namun memberikan cukup tenaga untuk beraktivitas. Anda tidak perlu khawatir dalam memakan kue beras ini karena kue beras memiliki kadar karbohidrat lebih rendah daripada nasi.

  1. Sayur Buncis

Sayur buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk kesehatan. Sayuran ini mengandung berbagai macam mineral baik bagi tubuh Anda. Jika Anda ingin berdiet maka tidak ada salahnya Anda mencoba olahan sayur buncis ini.

  1. Ikan Lele

Olahan ikan lele sangatlah bermanfaat dan ekonomis. Ikan lele adalah ikan yang sangat terjangkau harganya. Jika Anda ingin melakukan diet hemat dan sehat maka Anda dapat menjatuhkan pilihan Anda pada olahan ikan lele ini.

  1. Ikan Gurami

Selain ikan lele, ikan gurami juga merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki harga terjangkau. Ikan ini sangat baik bagi kesehatan Anda karena mengandung berbagai macam mineral dan zat aktif, salah satunya protein. Oleh sebab itu, olahan ikan gurami sangat baik bagi kegiatan diet golongan darah O.

  1. Jus Buah Blueberry

Olahan jus buah lain yang cocok digunakan untuk diet golongan darah O ialah jus blueberry. Olahan jus ini sangat kaya akan mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh saat Anda melakukan diet. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu ragu dalam mengonsumsi jus satu ini.

Demikianlah menu-menu makanan dan minuman yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan diet jika Anda merupakan seseorang dengan golongan darah O. Sebenarnya masih banyak lagi menu yang dapat Anda olah sebagai menu diet. Oleh sebab itu, Anda perlu mengeksplorasi segala makanan di sekitar Anda dan mengolahnya menjadi menu makanan sehat bagi diet Anda. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup