Sponsors Link

Myeloma – Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahannya

Sponsors Link

Mungkin, belum banyak yang mengetahui tentang apa itu myeloma, jadi terlebih dahulu kita perlu mengetahui apa itu mnyeloma dan seperti apa bentuknya. Myeloma adalah salah satu jenis penyebab kanker darah, dimana terdapat kanker sel plasma pada sumsum tulang belakang.

ads

Yang mana sumsum tulang belakang merupakan bagian penting dari sistem imun atau sistem kekebalan tubuh manusia. Sel plasma tersebut berfungsi untuk menghasilkan antibodi yang dapat membantu tubuh menyerang dan melawan infeksi. Lalu, bagaimana kita mengenal lebih dalam tentang Myeloma? Berikut ini beberapa penjelasannya.

Gejala Myeloma

Untuk mengetahui apa itu myeloma ketika menyerang sel plasma dan menurunkan sistem imun tubuh, berikut ini beberapa gejala myeloma yang dapat Anda ketahui dan diagnosa sebelum konsultasi ke dokter.

  • Mudah lelah

Salah satu gejala myeloma ialah merasa lelah dengan mudah. Hal ini dikarenakan sel-sel myeloma menyerang dan menggantikan sumsum tulang belakang, dan tubuh Anda akan bekerja dua kali lebih keras karena hanya memiliki sel-sel yang sedikit untuk melawan dan menyerang penyakit. Itulah yang menyebabkan tubuh Anda kelelahan.

  • Sakit pada bagian tulang

Saat myeloma menyerang, hal tersebut akan mencegah tubuh Anda dalam membuat sel-sel tulang yang baru. Ketika tubuh tidak dapat membuat sel-sel tulang baru, akan dengan mudah memicu nyeri tulang, tulang yang melemah hingga patah tulang.

  • Masalah ginjal

Selain masalah pada tulang, gejala lain pun dirasakan pada bagian ginjal. Myeloma cenderung menghasilkan protein yang berbahaya dan berpotensi menyebabkan kegagalan hingga kerusakan pada ginjal Anda.

  • Darah rendah

Myeloma ternyata dapat menyebabkan darah rendah. Ketika sel-sel myeloma mengusir sel darah yang sehat, akan mengakibatkan tubuh Anda kehilangan sel-sel darah yang sehat, membuat sel darah merah rendah atau pengobatan penyakit anemia dan sel darah putih rendah atau disebut leukopenia. Hal tersebut akan membuat tubuh Anda sulit untuk melawan infeksi.

  • Infeksi

Hal ini berkaitan dengan menurunnya jumlah darah sehingga sedikit antibodi di dalam darah Anda. Ketika hal itu terjadi, maka semakin sulit untuk melawan infeksi dalam tubuh.

Di samping gejala-gejala kanker darah diatas, adapun beberapa kondisi yang kerap kali terjadi ketika tubuh Anda terserang myeloma, yaitu sebagai betikut:

  1. Merasa mual
  2. Kehilangan nafsu makan
  3. Sembelit
  4. Kaki melemah hingga mati rasa
  5. Merasa haus
  6. Pusing
  7. Buang air kecil lebih sering
  8. Rasa sakit di punggung dan perut.
  9. Hingga berat badan turun drastis.
    Sponsors Link

Penyebab Myeloma

Selain gejala myeloma, Anda perlu mengetahui bahwa apa sebenarnya yang membuat sel-sel myeloma masuk ke dalam tubuh Anda dan merusak sistem imun tubuh. Berikut beberapa penyebab myeloma yang perlu Anda perhatikan.

  • Faktor genetik atau keturunan

Hal ini juga termasuk kelainan genetik seperti oncogen c-myc.

  • Paparan lingkungan

Paparan lingkungan terhadap bahan kimia, insektisida, herbisida, benzoat, pewarna rambut hingga radiasi.

  • Gaya hidup

Seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan pergaulan bebas.

Belum ada spesifikasi mengenai penyebab pasti myeloma, namun sebaiknya hindari beberapa hal diatas atau berkonsultasi dengan dokter ahli untuk informasi lebih lanjut. Selebihnya, myeloma lebih sering menyerang pria di usia 65 tahun ke atas dan obesitas.

Pengobatan Myeloma

Selanjutnya ialah pengobatan myeloma yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi myeloma di dalam tubuh seperti dibawah ini.

  • Mengonsumsi obat tradisional kanker darah -obatan seperti bortezomib (penghambat protease), cyclophosphamide, melphalan, lenalidomide (modulasi sel yang kebal), thalidomide, prednison, dan dexamethasone (modulasi sel yang kebal).
  • Melakukan transplantasi sumsum tulang belakang
  • Radioterapi
  • Cuci efek transfusi darah
  • Operasi tulang
    Sponsors Link

Pencegahan Myeloma

Adapun beberapa cara atau metode untuk cara mencegah limfoma myeloma menyerang dan bersarang di dalam tubuh kita seperti hal-hal berikut ini:

  1. Menjaga pola makan dan pola hidup sehat
  2. Sebisa mungkin hindari asap rokok, kebiasaan merokok, alkohol dan pergaulan bebas.
  3. Tidak memakan makanan tinggi lemak, digoreng, memiliki bahan pengawet, dan diasinkan.
  4. Perbanyak olahraga dan relaksasi.
  5. Mengonsumsi vitamin, dan buah-buahan.
  6. Beristirahat dengan cukup.

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu myeloma yang dapat Anda ketahui, untuk informasi lebih lanjut sebaiknya konsultasikan pada dokter agar Anda dapat melakukan pencegahan dan pengobatan yang tepat mengenai penyakit ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Myeloma