Sponsors Link

8 Obat Alami Anemia dan Cara Mengkonsumsinya

Sponsors Link

Kesehatan merupakan hal penting yang harus di perhatikan mengingat pola kehidupan di zaman sekarang yang menuntut mobilitas tinggi hingga ketatnya persaingan kerja membuat kesehatan benar-benar harus dijaga. Apabila kita sakit, tentu saja akan membuat kerjaan menjadi tidak optimal. Salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh masyarakat di zaman sekarang adalah penyakit anemia. Anemia sendiri merupakan suatu penyakit dimana darah di dalam tubuh kekurangan kadar hemoglobin.

ads

Anemia biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti tubuh tidak cukup memproduksi sel darah merah yang disebabkan kurang nya mengkonsumsi makanan penambahan darah, tubuh mengalami pendarahan yang hebat, dan beberapa kondisi medis yang menyebabkan sel darah merah menjadi rusak. adapun beberapa  tanda-tanda anemia yang sering terjadi seperti badan mudah lelah, tubuh terasa lemas dan lesu sesak nafas dan susah untuk tidur.

Untuk mengatasi penyakit anemia maka dalam artikel kali ini akan coba dijelaskan 8 obat alami anemia dan cara mengkonsumsinya diantaranya adalah:

  1. Daun bawang merah

Seperti yang kita ketahui, bawang merah sangat di kenal sebagai bahan masakan yang sering sekali digunakan sebagai penambah lezatnya masakan. Ternyata selain umbinya yang memiliki banyak manfaat, ternyata daun bawang merah memiliki khasiat yang bagus untuk mengatasi penyakit anemia. Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah dan bisa langsung dapat di terapkan di rumah. Daun bawang merah direbus dengan satu butir telur, kemudian air bekas rebusan dapat di minum dan telur nya dapat kita konsumsi. Cara ini biasanya dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu hari agar penyakit anemia bisa sembuh dengan cepat.

  1. Mengkonsumsi sayuran hijau

Sayuran merupakan bagian dari makanan empat sehat 5 sempurna yang dianjurkan untuk di konsumsi. Sayuran hijau banyak memiliki kandungan zat besi yang membantu meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh. Jenis sayuran hijau yang dapat dikonsumsi seperti bayam, sawi, kangkung, daun ubi dan masih banyak lagi. Cara mengkonsumsi nya bisa dengan direbus ataupun dijadikan sebagai lalapan.

  1. Kacang almond

Obat alami berikutnya yang dapat kamu coba untuk mengobati penyakit anemia adalah kacang almond. Kacang almond merupakan salah satu makanan penambah darah.  Kacang almond memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan dapat membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuh. Karena kandungan nya yang baik ini membuat kacang almond dapat dijadikan obat alami anemia. Kacang almond dapat di konsumsi secara langsung tanpa harus di oleh lagi terlebih dahulu.

  1. Daging kambing

Bagi penderita penyakit darah tinggi, daging kambing merupakan menu yang sebaiknya harus di hindari untuk dikonsumsi. Namun untuk penderita penyakit anemia, tingginya khasiat daging kambing untuk darah rendah membuat daging kambing sangat di anjurkan untuk di konsumsi.

Daging kambing yang tinggi akan protein dapat membantu produksi sel darah merah dan meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah, dan membantu proses regenerasi sel darah yang rusak. Ada banyak sekali Cara mengkonsumsi daging kambing seperti di jadikan sate, di gulai, di rebus, dan di goreng.

Sponsors Link

  1. Hati ayam

Selain rasa daging ayam yang lezat, ternyata organ yang ada pada ayam seperti organ hati memiliki beberapa khasiat salah satunya adalah sebagai obat alami anemia. Hati ayam dapat di konsumsi dengan cara di goreng dan jadikan sebagai lauk saat makan. Mengkonsumsi hati ayam secara teratur akan mempercepat proses penyembuhan dari penyakit anemia.

  1. Buah pisang

Buah pisang merupakan salah satu jenis buahan penambah darah yang baik di konsumsi untuk penderita penyakit anemia. Buah pisang seperti yang kita ketahui memiliki kandungan asam folat yang membantu memelihara dan menjaga sel-sel darah merah di dalam tubuh. Buah pisang juga merupakan buahan yang aman di konsumsi oleh penderita anemia wanita saat mengalami kehamilan.

Sponsors Link

  1. Jeruk bali

Jeruk bali selain memiliki rasa yang segar juga kaya akan vitamin c yang membantu tubuh mempercepar proses penyembuhan saat sedang sakit. Mengkonsumsi jeruk bali ternyata juga dapat menyembuhkan penyakit anemia. Jeruk bali dapat di konsumsi dengan menjadikan nya sebagai olahan jus dan diberi sedikit madu untuk membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit anemia yang di derita.

  1. Buah mangga

Siapa yang tidak kenal dengan buahan yang satu ini. Buah mangga memiliki rasa yang segar sehingga sering sekali di konsumsi dan di olah berbentuk minuman yang menyegarkan seperti jus, rujak, dan dikonsumsi langsung. Buah mangga merupakan salah satu buah penambah darah dengan cepat. Untuk mengobati penyakit anemia, kita cukup dengan mengkonsumsi 1 buah mangga setiap hari.

Itulah 8 obat anemia alami dan cara mengkonsumsinya yang sangat dianjurkan untuk penderita penyakit anemia. pencegahan terhadap penyakit anemia juga dapat dilakukan. Adapun beberapa langkah pencegahan anemia yang diantaranya cukupi kebutuhan istirahat, mengkonsumsi vitamin penambah darah melakukan diet secara seimbang, rajin berolahraga, mengurangi minuman beralkohol dan berkafein tinggi,  dan selalu rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah, dan memperbanyak mengkonsumsi air putih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan