Sponsors Link

17 Obat Herbal Malaria yang Terkenal Ampuh

Sponsors Link

Tak dapat dipungkiri bahwa malaria adalah salah satu istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga. Malaria tentunya erat kaitannya dengan penyakit pada sistem peredaran darah yang juga dikenal sebagai penyakit malaria. Ada banyak penyebab penyakit malaria, salah satunya adalah parasit plasmodium.

ads

Parasit ini biasanya disebarkan melalui gigitan nyamuk dan kemudian menginfeksi si penderita 1 hingga 2 minggu kemudian. Gejala-gejala yang biasa ditampakkan oleh penyakit malaria ini adalah mual, muntah, menggigil, diare, dll. Apabila tidak segera ditangani, maka akan meningkatkan resiko kematian pada penderitanya.

Selain dianjurkan untuk segera mendapatkan penanganan dari dokter, anda juga bisa melakukan pengobatan malaria dengan mengandalkan obat alami atau obat herbal. Berikut ini akan dibahas mengenai obat herbal malaria yang bisa menjadi salah satu opsi anda untuk menangani penyakit malaria.

  1. Daun Pepaya

Obat herbal malaria pertama ditempati oleh daun papaya. Barangkali anda sudah sering mendengar atau bahkan sudah memanfaatkn daun papaya ini sebagai obat malaria sebelumnya. Yah, memang benar bahwa daun papaya ternyata berkhasiat menyembuhkan orang yang terserang malaria.

Hal itu dikarenakan, papaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Daun pepaya juga mengandung enzim yang disebut dengan carpaine. Enzim ini bertugas untuk membersihkan darah dan meningkatkan jumlah trombosit yang efektif untuk menghalau penyakit malaria dan menyehatkan tubuh.

  1. Jahe

Selain papaya, ternyata jahe juga memiliki khasiat yang sama dalan mengobati dan berperan sebagai salah satu bentuk upaya pencegahan malaria. Hal itu dikarenakan jahe memiliki kandungan gingerol yang dapat meningkatkan system imunitas tubuh seseorang. Selan itu, jahe juga bisa berperan sebagai anti inflamasi atau anti peradangan yang dapat mengobati penyakit yang diakibatkan oleh infeksi, seperti malaria.

  1. Ramuan Tradisional

Obat herbal malaria yang ketiga adalah dengan mengkonsumsi ramuan tradisional. Ada beberapa ramuan tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami yang ampuh dalam mengobati penderita malaria, yakni:

  • Temulawak + Madu + Air Jeruk Lemon

Ramuan yang berbahan dasar temulawak, madu serta air jeruk lemon ini dapat anda jadi sebagai salah satu opsi dalam mengobati penyakit malaria. Cara membuatnya cukup mudah, anda hanya perlu memarut kira-kira ¾ jari dari rimpang temulawaknya terlebih dahulu, peras airnya lalu rebuslah dengan perasan air lemon hingga mendidih. Setelah mendidih, campurkan tiga sendok madu. Ramuan pun siap untuk diminum.

  • Kayu manis + madu

Untuk membuat ramuan yang berbahan dasar kayu manis dan madu ini bisa anda lakukan dengan merebus kayu manis terlebih dahulu dan kemudian campurkan beberapa sendok madu. Minum ramuan ini secara rutin hingga tanda-tanda malaria benar-benar hilang.

Sponsors Link

  • Daun pare + garam yodium + air jeruk lemon

Ramuan selanjutnya yang bisa anda buat juga cukup mudah, anda hanya perlu menyediakan daun pare, garam yodium dan air jeruk lemon. Adapun cara membuatnya adalah haluskan daun pare terlebih dahulu dan kemudian peras untuk diambil airnya.

Setelah itu rebus dengan perasan jeruk lemon dan campuran garam yodium hingga mendidih. Jangan lupa untuk menyaringnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

  • Daun sambiloto + madu + air jeruk lemon

Cara membuat ramuan ini tidak kalah simple dengan ramuan-ramuan sebelumnya. Anda hanya perlu merebus daun sambiloto hingga mendidih. Setelah itu, disaring dan kemudian dicampur dengan 3 sendok madu dan perasan air jeruk lemon.

Selain obat herbal malaria yang telah disebutkan di atas, berikut ini terdapat tambahan list obat tradisional malaria yang juga tidak kalah ampuhnya digunakan sebagai cara menyembuhkan malaria, yakni:

Sponsors Link

  1. Tanaman sidaguri
  2. Jeruk Limau Gedang
  3. Kayu Manis
  4. Sambiloto
  5. Kina
  6. Brotowali
  7. Temulawak
  8. Pare
  9. Jinten Hitam
  10. Lengkuas

Itulah daftar obat herbal malaria yang bisa anda manfaatkan untuk mengobati gejala malaria, termasuk gejala malaria tropica . Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan