Sponsors Link

7 Obat Herbal Thalasemia Yang Aman di Konsumsi

Sponsors Link

Definisi thalasemia adalah sebuah penyakit kelainan pada darah yang disebabkan oleh faktor genetika dimana protein di dalam sel darah merah tidak dapat berfungsi secara normal. Thalasemia merupakan salah satu penyakit pada sistem peredaran darah.

ads

Seperti yang kita ketahui, sumsung tulang belakang memproduksi sel darah merah yang di dalamnya terdapat hemoglobin. Fungsi dari hemoglobin adalah mengangkut oksigen dari organ paru-paru ke seluruh tubuh.  Pada penderita thalasemia, kadar hemoglobin di dalam tubuhnya sangat rendah.

Jenis thalasemia dapat di golongkan menjadi dua bagian yaitu thalasemia alfa dan thalasemia beta dimana kasus thalasemia beta yang lebih sering terjadi.

Ciri-ciri penderita thalasemia dapat kita ketahui seperti nafsu makan menjadi menurun, mengalami pusing, denyut jantung menjadi meningkat, kram kaki, insomnia berat,susah untuk berkonsentrasi, dan kulit menjadi pucat. Sedangkan gejala thalasemia pada anak dapat dikenal di antaranya berupa pembesaran pada limpa, mengalami anemia ringan, puberitas menjadi tertunda, sistem kekebalan tubuh menjadi menurun, hingga urin berubah menjadi lebih gelap.

Mengingat penyakit thalasemia merupakan penyakit  keturunan, sebaiknya kita juga harus mengetahui bahaya penyakit thalasemia agar dapat dilakukan langkah pencegahan maupun pengobatan. Adapun beberapa bahaya dari penyakit thalasemia adalah terjadinya gangguan pada organ jantung, kelainan pada tulang meliputi bentuk tulang hingga nyeri pada tulang dan persediaan, kelainan pada organ hati, hingga kesulitan dalam bernafas.

Berikut ada 7 obat herbal thalasemia yang mudah di dapat yang dapat dan aman untuk di konsumsi di antaranya adalah:

  1. Temulawak

Temulawak merupakan tumbuhan obat yang banyak memiliki khasiat. Di dalam temulawak terdapat kandungan minyak atsiri yang memiliki fungsi  mengobati pembengkakan jaringan  serta dapat meningkatkan produksi getah empedu, sedangkan kandungan kurkumin di dalam temulawak berfungsi sebagai anti radang.

Temulawak dapat dijadikan obat herbal thalasemia ketika penderita mengalami pembengkakan limpa. temulawak dapat di olah dengan cara di parut kemudian direbus bersamaan dengan lengkuas.

  1. Kacang almond

Kacang almond merupakan jenis kacangan-kacangan yang sangat kaya akan nutrisi, serat, lemak tak jenuh, vitamin B dan vitamin E yang bermanfaat dan  dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan yang dimiliki kacang almond ini sangat dibutuhkan sekali untuk proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Kacang almond sebagai obat herbal thalasemia sangat aman untuk  di konsumsi setiap hari. Cara pengolahannya cukup mudah, cukup dengan di panggang ataupun direbus lalu langsung dapat di konsumsi bagi penderita penyakit thalasemia.

  1. Daun singkong

Daun singkong adalah daun yang sering dijadikan lalapan saat kita bersantap. Ternyata selain enak dijadikan lalapan, daun singkong memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan di dalam daun singkong seperti vitamin A, serat, protein, asam amino yang dapat membantu dalam meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Sponsors Link

  1. Kunyit

Sama halnya dengan temulawak, kunyit merupakan tanaman obat-obatan yang banyak sekali memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat dari kunyit adalah mengobati peradangan, mencegah kanker, dan memiliki antioksidan. Kunyit sebagai obat herbal thalasemia biasanya di olah menjadi jamu agar gampang dikonsumsi oleh penderita penyakit thalsemia.

  1. Daun pepaya

Di dalam daun pepaya memiliki kandungan vitamin yang banyak, seperti vitamin A, B,C,D dan E dan beberapa kandungan lain seperti lemak, kalsium, dan protein. kandungan yang dimiliki daun pepaya ini ternyata dapat mengobati penyakit thalasemia. Pengolahannya pun cukup mudah, hanya dengan cara meminum hasil rebusan daun pepaya atau pun mengkonsumsi daun pepaya dengan cara di lalap.

  1. Mengkudu

Tanaman mengkudu berasal dari asia tenggara yang hidup pada dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 M. Di dalam buah mengkudu terdapat kandungan kandungan protein,vitamin dan mineral yang penting untuk membantu metabolisme tubuh manusia. Di dalam buah mengkudu juga terdapat zat yang bernama zat terpenes yang berfungsi membantu regenerasi sel-sel di dalam tubuh. Zat inilah yang membantu proses penyembuhan untuk para penderita penyakit thalasemia.

Sponsors Link

  1. Mengkonsumsi telur

Telur memiliki banyak kandungan vitamin E, A, dan B12 dan kaya akan zat besi. Dengan kandungan yang dimiliki telur, telur menjadi obat herbal untuk penyakit thalasemia yang sangat mudah di dapat. Ketika zat besi di dalam tubuh terpenuhi, akan membantu mengikat oksigen di dalam darah untuk disebarkan keseluruh tubuh.

Dengan mengkonsumsi obat herbal thalasemia merupakan salah satu cara penyembuhan thalasemia paling efektif. Tentu saja sebaiknya sebelum terkena penyakit thalasemia, kita bisa melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit thalasemia ini.

Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya melakukan screening thalasemia dimana penelusuran riwayat penderita thalasemia ini berfungsi meminimalisasi angka penderita thalasemia. Screening biasanya dilakukan sebelum pasangan melaksanakan pernikahan. Untuk ibu hamil, bisa melakukan pemeriksa kehamilan saat usia 12-16 minggu karena di usia ini kondisi janin dapat diperiksa lebih intensif.

Itulah 7 obat herbal thalasemia yang aman untuk di konsumsi dan mudah di dapat sebagai sumber informasi bagi penderita penyakit thalasemia. Semoga tulisan ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca dan semoga tulisan ini dapat menyadarkan para pembaca terhadap betapa pentingnya menjaga kesehatan diri.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal