Sponsors Link

7 Obat Malaria Tropika Alami Aman Dikonsumsi Setiap Hari

Sponsors Link

Penyakit malaria merupakan penyakit yang menginfeksi manusia melalui gigitan nyamuk anopheles. Gigitan dari nyamuk anopheles menyebabkan infeksi oleh parasit bernama plasmodium. Penyakit malaria sendiri dapat di golongkan menjadi 4 jenis yaitu malaria tertiana, malaria quartana, malaria tropika, dan malaria ovale. Dari 4 jenis malaria ini, tercatat malaria tropika merupakan penyakit malaria paling berbahaya dan banyak memakan korban jiwa.

ads

Penyebab malaria tropika oleh parasit plasmodium falciparum yang ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles. Parasit plasmodium falciparum ini memiliki bentuk seperti cincin-cincin kecil. Adapun beberapa gejala malaria tropika ini dapat dikenali seperti kepala terasa pusing di iringi badan yang menggigil,mual dan ingin muntah, dan mengalami demam yang tidak beraturan.

Tentu saja penyakit malaria tropika jika tidak ditangani dengan serius bisa menimbulkan dampak yang mengancam keselamatan nyawa penderitanya. pengobatan malaria dapat di lakukan dengan dua cara, secara medis dan tradisional.

Pada artikel kali ini, akan coba di jelaskan 7 obat malaria tropika secara alami dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya sehingga aman untuk di konsumsi. 7 obat malaria tropika itu di antara lain :

  1. Daun sambiloto

Daun sambiloto merupakan obat malaria yang cukup dikenal di masyarakat yang teruji sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit malaria tropika. Karena khasiatnya inilah makan tanaman sambiloto bisa di kategorikan sebagai tanaman obat yang banyak di tanam di taman pkk maupun di rumah2. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan meminum air rebusan sambiloto secara teratur hingga penyakit malaria tropika beransur-ansur sembuh.

  1. Tanaman johar

Mungkin dari para pembaca sudah tindak terlalu asing dan cukup mengenal pohon johar. Tanaman johar terbukti sangat ampuh untuk mengobati penyakit malaria tropika. Di dalam tanaman johar ternyata memiliki kandungan alkaloida. Cara mengkonsumsinya dengan merebus air pohon johar hingga mendidih. Tunggu sampai air berkurang hingga menjadi 3/4 dari jumlah awal. Kemudian air di didiam kan hingga suhunya menjadi hangat, dan bisa langsung di konsumsi.minuman lah ramuan ini sebanyak 3xsehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Daun pare

Daun pare merupakan tanaman obat yang terkenal memiliki rasa yang sangat pahit. Ternyata daun pare bisa dijadikan solusi obat alami dari penyakit malaria tropika yang berbahaya. Cara mengkonsumsinya, daun pare bisa di pilih yang cukup. Tua dan masih segar, kemudian daun pare dicuci terlebih dahulu kemudian dilumatkan sampe cukup halus.siramkan segelas air hangat kedalam daun yang sudah di lumatkan tadi. Saring air dan berikan sedikit garam. Ramuan ini dapat diminum sekali dalam sehari sebelum makan.

  1. Brotowali

Brotowali merupakan salah satu obat tradisonal malaria yang terkenal sangat ampuh. Bentuk dari tanaman brotowali ini dapat kita ketahui memiliki batang yang di penuhi benjolan- benjolan kecil berwarna hijau. Tanaman brotowali juga terkenal memiliki rasa yang sangat pahit karena di dalam batang yang memiliki benjolan-benjolan kecil itu terkandungan zat yang bernama pikroretin.

Sponsors Link

Adapun cara mengkonsumsinya yaitu dengan merebus batang tanaman brotowali dengan air sebanyak 5 gelas. Biarkan air mendidih sampai jumlah air hanya tersisa setengah dari yang sudah di masukan. Air rebusan bisa di tambahkan sedikit pemanis jika memang tidak kuat dengan rasa pahitnya. Konsumsi air rebusan brotowali sebanyak 3 kali sehari agar proses penyembuhan dapat berjalan dengan cepat.

  1. Temulawak

Temulawak merupakan salah satu obat herbal malaria yang selama ini kita ketahui memiliki khasiat untuk mengobati sakit maag, asam lambung, dan penambah nafsu makan. Namun ternyata temulawak dapat dijadikan sebagai obat penyakit malaria tropika.

Cara mengkonsumsinya yaitu menggunakan rimpang dari temulawak yang berukuran kurang lebih sebesar 3/4 jari. Rimpang di cuci terlebih dahulu sampai benar-benar bersih sebelum di tumbuk hingga halus. Masukan dua sendok air matang, kemudian aduk. Saring air agar terpisah dari ampas, dan masukan beberapa sendok madu. Sari air dari temulawak ini bisa di minum secara teratur 3 kali sehari.

Sponsors Link

  1. Meniran

Obat alami untuk penyakit malaria tropika berikutnya yang tidak kalah ampuhnya adalah tanaman meniran. Daun dari tanaman meniran ini dipercaya sangat ampuh mengobati penyakit malaria tropika. Cara pengolahannya juga cukup sederhana. Ambil daun tanaman meniran sebanyak setengah genggaman tangan, sebelum di rebus dengan air mendidih, daun sebaiknya di cuci dulu sampai benar-benar bersih. Setelah air hangat, hasil rebusan di saring terlebih dahulu kemudian langsung dapat diminum oleh penderita penyakit malaria tropika.

  1. Anuma

Mungkin tidak banyak yang mengenal tanaman obat yang satu ini. Tanaman anuma dapat dijadikan obat malaria tropika karena di dalam daun tanaman anuma ini memiliki kandungan baik seperti polifenol, atsiri, flavonida, dan saponin. Cara mengkonsumsinya adalah dengan menggunakan dauan anuma sebanyak 60 gram yang di rebus dengan menggunakan air sebanyak 400 ml. Lakukan perebusan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, saring air hasil rebusan dan minum air hasil rebusan secara teratur untuk merasakan khasiatnya.

Itulah 7 obat malaria tropika secara alami dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya hingga aman untuk di konsumsi. Langkah- langkah pencegahan malaria tropika sebenarnya sangat penting untuk di lakukan. Adapun beberapa langkah pencegahan dapat berupa menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan mengubur sampah- sampah plastik yang dapat membuat air tergenang, rutin untuk menguras bak mandi hingga penggunaan abate untuk membunuh jentik-jentik nyamuk.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan