Sponsors Link

30 Obat Pengencer Darah Medis dan Herbal Wajib Dicoba

Sponsors Link

Kesehatan merupakan hal yang sangat mahal harganya bagi manusia. Manusia akan melakukan dan membayar berapapun untuk kehidupan yang sehat. Tidak heran jika terkadang banyak sekali manuisa yang rela menghabiskan uang dalam jumlah yang relatif banyak untuk dihabiskan lalu digunakan untuk membeli produk-produk kesehatan tertentu. Dengan kesehatan yang prima maka kehidupan manusia akan jadi lebih berkualitas. Sebaliknya, tanpa kesehatan yang prima maka manusia tidak akan dapat menikmati banyak hal di kehidupannya termasuk uang.

ads

Pada era sekarang, penyakit dan sumber penyakit telah banyak berkembang serta berubah menjadi semakin ganas. Keganasan penyakit serta perkembangan penyakit semakin menjadi-jadi di zaman sekarang. Dalam hal ini, manusia harus jadi makin waspada akan datangnya berbagai penyakit yang ada di dalam hidupnya.

Salah satu jenis penyakit yang berkembang di dalam kehidupan manusia ialah penyakit yang berkaitan dengan darah. Dalam hal ini, penyakit yang berkaitan dengan darah merupakan suatu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan riskan dimiliki oleh manusia. Tingkat berbahayanya penyakit yang bekaitan dengan darah ini menyangkut fungsi darah yang begitu krusial bagi tubuh manusia. Jika darah yang menjadi bagian penting tubuh manusia mengalami gangguan maka sebagian besar fungsi tubuh juga akan berpotensi mengalami gangguan pula.

Penyakit yang berkaitan dengan darah ada berbagai macam. Macam dari penyakit darah ini dapat diklasifikasikan menjadi penyakit yang memiliki tingkat bahaya rendah hingga tingkat bahaya tinggi. Penyakit darah dengan tingkat bahaya rendah pada umumnya tidak menimbulkan dampak yang cukup serius jika diidap atau menyerang manusia. Namun demikian, penyakit yang berkatan dengan penyakit darah level tinggi dapat mengancam kehidupan manusia. Oleh sebab itu, Anda perlu mewaspadai kedatangan penyakit darah ini sekecil apapun bentuknya.

Jenis dan Tipe Penyakit Darah Manusia

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, ada berbagai tipe dan jenis penyakit darah yang dapat menyerang manusia. Selain itu, tipe penyakit darah yang dapat menyerang manusia ini juga memiliki level berbahaya yang berbeda kepada manusia. Dampak serta risiko yang ditimbulkan oleh penyakit-penyakit darah ini juga cenderung berbeda antara satu dengan lainnya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengenali tipe-tipe penyakit darah yang dapat menyerang Anda dan merugikan diri Anda.

Tipe-tipe penyakit darah yang dapat menyerang manusia ada beraneka ragam. Keragaman penyakit darah ini dibedakan atas tingkat bahaya yang ditimbulkan kepada manusia. Namun demikian, satu hal yang perlu menjadi catatan bagi kita semua adalah bahwa segala jenis penyakit dapat menimbulkan dampak buruk kepada diri kita. Dampak buruk yang ditimbulkan dari penyakit darah juga dapat semakin parah apabila penyakit darah ini tidak ditangani dengan baik dan benar. Berikut ini beberapa penyakit darah yang dapat dialami oleh manusia:

  • Anemia (Penyakit Kekurangan Darah Merah)

Anemia atau penyakit kekurangan darah ialah suatu penyakit darah yang ditimbulkan karena kurangnya asupan sel darah merah ke dalam tubuh. Selain itu, penyakit anemia terjadi karena produksi sel darah merah yang tidak mencapai standard minimal yang dibutuhkan oleh tubuh. Produksi sel darah merah yang berada di bawah standard produksi ini menyebabkan fungsi dari sel darah merah menjadi terhambat.

Dalam hal ini, sel darah merah memiliki fungsi yang sangat krusial bagi tubuh manusia. Fungsi krusial sel darah merah bagi tubuh manusia ialah untuk mengikat oksigen dan mengedarkan sari atau zat makanan ke seluruh tubuh. Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa jika sel darah merah yang diproduksi tubuh mengalami penurunan maka hasilnya akan membuat tubuh Anda menjadi lemas dan lesu karena tidak adanya sari-sari makanan yang diedarkan ke tubuh. Selain itu, tubuh Anda juga akan merasa lemas oleh karena kurangnya oksigen yang disebarkan ke seluruh tubuh.

Sponsors Link

  • Leukimia (Penyakit Karena Kelebihan Sel Darah Putih di dalam Tubuh)

Penyakit leukimia (lebih dikenal dengan nama kanker darah) merupakan suatu jenis penyakit darah yang sangat berbahaya bagi manusia. Dampak yang ditimbulkan oleh penyakit ini dapat menimbulkan kematian karena leukimia merupakan penyakit darah yang dapat menyerang sistem peredaran darah secara keseluruhan.

Leukimia adalah istilah untuk menyebut kelainan darah yang disebabkan oleh produksi yang berlebihan dari sel darah putih. Produksi yang berlebihan dari sel dara putih ini akan menyebabkan sistem imunitas tubuh meningkat tajam. Secara umum, imunitas tubuh adalah suatu hal yang baik. Namun demikian, sistem imunitas yang berlebihan juga merupakan suatu hal yang buruk karena sel darah putih akan menyerang sel-sel darah lain disamping menyerang kumand an bakteri yang masuk di dalam tubuh. Oleh sebab itu, leukimia akan menyebabkan sel darah berkurang tajam.

  • Tekanan Darah Tinggi

Kelainan penyakit ini disebabkan oleh tekanan darah yang tidak normal. Tekanan darah adalah suatu daya yang diberikan oleh darah kepada pembuluh darah saat mengalir ke seluruh tubuh. Tekanan darah merupakan suatu hal yang normal karena dengan adanya tekanan darah maka darah bisa mengalir ke seluruh tubuh. Selain kemampuan untuk mengalir ke seluruh tubuh, tekanan darah juga bisa menjadikan nutrisi serta zat-zat yang berguna untuk tubuh terserap ke bagian tubuh yang membutuhkan.

Penyakit tekanan darah muncul saat tekanan darah melebihi atau kurang dari standard yang seharusnya. Tekanan darah yang melebihi standard yang diharuskan akan memicu kemunculan penyakit tekanan darah tinggi dimana tekanan darah melebihi daya tekanan standar yang diharuskan. Selain itu, penyebab tekanan darah tinggi juga harus Anda ketahui sehingga Anda mengetahui faktor berbahayanya.

Penyakit tekanan darah tinggi ini tentunya sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Jika Anda memiliki riwayat atau latar belakang penyakit darah tinggi maka Anda perlu mewaspadai kehadiran penyakit-penyakit lain yang lebih berbahaya daripada penyakit darah tinggi, antara lain: penyakit jantung koroner, penyakit stroke, risiko pecahnya pembuluh darah dan lain sebagainya.

  • Tekanan Darah Rendah

Selain tekanan darah tinggi, abnormalitas pada tekanan darah manusia juga terjadi jika tekanan darah manusia berada di taraf lebih rendah daripada yang seharusnya. Penurunan tekanan darah pada pembuluhnya inilah yang dinamakan tekanan darah rendah. Kebalikan dari tekanan darah tinggi, penyakit darah rendah akan membuat darah kehilangan dayanya membawa zat-zat makanan, Selain itu, penyakit ini juga membuat darah tidak memiliki kekuatan untuk beregulasi ke seluruh tubuh secara optimal.

Ada berbagai macam hal negatif yang dapat timbul oleh karena penyakit tekanan darah rendah. Penyakit-penyakit tersebut berkaitan dengan regulasi sistem peredaran darah manusia dimana akan mempengaruhi kondisi fisik dan psikis manusia. Jika Anda merupakan seseorang yang sedang mengalami penyakit ini maka sebaiknya Anda segera mencari obat penambah darah sehingga Anda tidak berisiko terkena anemia.

  • Hemofilia

Penyakit lain yang sangat membahayakan diri manusia ialah penyakit hemofili. Hemofili adalah penyakit yang disebabkan atau dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan sel darah untuk membeku atau menggumpal. Kelemahan atau ketidakmampuan darah untuk membeku ini disebabkan oleh keberadaan abnormalitas pada sel-sel darah. Dalam hal ini, darah tidak memiliki jumlah sel trombosit yang cukup untuk melakukan pembekuan darah. Oleh sebab itu, darah akan selalu mengalir saat ada luka yang terbentuk di bagian luar tubuh.

Keberadaan penyakit ini di dalam tubuh Anda merupakan suatu hal yang sangat berbahaya dan wajib Anda waspadai. Jika Anda ingin menjadi sehat maka Anda harus selalu berhati-hati terhadap berbagai macam luka yang berpotensi menimbulkan pecahnya saluran darah. Bahaya dari penyakit ini pun sangtalah beragam mulai dari pendarahan luar hingga terjadinya pendarahan dalam (internal bleeding) jika Anda tidak mengantisipasi kehadiran penyakit ini.

  • Pengentalan Darah

Kebalikan dari penyakit hemofili, penyakit lain yang juga berkaitan dengan tingkat kekentalan darah ialah pengentalan darah yang tidak normal. Kadar pengentalan darah yang tidak normal ini dapat terjadi bila di dalam suatu susunan darah terdapat ketersediaan plasma atau cairan darah dalam jumlah kecil. Hal ini menyebabkan sel darah yang ada tidak bisa dialirkan atau teregulasi dengan baik ke seluruh tubuh.

Akibat dari pengentalan darah ada bermacam-macam. Salah satu akibat parah yang  dapat diakibatkan oleh pengentalan darah ialah adanya kerusakan jantung karena jantung manusia bekerja terlalu keras dan kuat. Kerusakan jantung ini disebabkan oleh penyakit jantung koroner yang dapat menyerang siapa saja dan dimana saja.

Pada dasarnya penyakit yang diakibatkan oleh tingkat kekentalan darah yang terlalu tinggi ada bermacam-macam. Penyakit ini berkaitan dengan kinerja pembuluh darah, aliran darah dan kinerja jantung dalam memompa darah. Semakin kental darah Anda maka kerja semua organ-organ tersebut akan semakin besar. Hal ini akan memberikan risiko kerusakan organ yang lebih besar kepada Anda.

Di dalam menanganii penyakit ini maka Anda perlu mengetahui obat pengencer darah yang dapat Anda manfaatkan untuk mengencerkan darah Anda. Selain itu, obat untuk pengencer darah yang Anda gunakan harus senantiasa tepat guna. Hal ini berarti bahwa obat untuk pengencer darah harus sesuai dengan kegunaannya kepada sistem peredaran darah Anda. Semakin sesuai penggunaan maka khasiat obat untuk pengencer darah ini akan semakin besar bagi diri Anda.

ads

Jenis-Jenis Obat Pengencer Darah (Antikoagulan) Yang Wajib Anda Ketahui

Penyakit kekentalan darah adalah sebuah penyakit yang tidak boleh Anda remehkan. Keberadaan penyakit ini di dalam tubuh Anda akan menghambat berbagai macam hal yang ada di dalam diri Anda. Hambatan-hambatan yang dapat diberikan oleh darah yang kental, antara lain:

  • Sistem metabolisme tubuh yang terhambat atau terganggu karena aliran darah tidak dapat mengedarkan zat-zat makanan serta oksigen ke seluruh tubuh dengan baik;
  • Kerusakan organ-organ dalam tubuh yang berkaitan dengan fungsi aliran darah, seperti: jantung, pembuluh darah dan lain sebagainya
  • Potensi kerusakan pada ginjal sebagai penyaring darah karena rendahnya kadar plasma darah yang membawa zat-zat baik di dalamnya;
  • Risiko kematian jika penyakit ini dibiarkan terus menerus yang disebabkan oleh buruknya sistem regulasi darah ke seluruh tubuh

Dari berbagai dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh darah yang sangat kental ini maka Anda dapat menyimpulkan bahwa darah yang terlalu kental akan membahayakan tubuh Anda. Tingkat kekentalan darah juga sangat membahayakan tubuh Anda jika Anda tidak menanganinya dengan langkah yang tepat. Oleh sebab itu, Anda perlu mengerahui obat untuk pengencer darah yang paling tepat untuk digunakan pada diri Anda. Adapun obat untuk pengencer darah yang dapat Anda jadikan pilihan dalam menurunkan kadar kekentalan darah, antara lain:

  1. Obat Resep Dokter Warfarin

Obat untuk pengencer darah yang pertama yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi penyakit darah kental yang Anda alami ialah warfarin. Jenis obat untuk pengencer darah (antikoagulan) yang memiliki khasiat yang cukup besar bagi diri Anda. Warfarin sendiri adalah suatu obat untuk pengencer darah yang berguna untuk menghancurrkan gumpalan darah yang ada di dalam pembuluh darah Anda. Kandungan darah yang menggumpal ini akan membuat tubuh Anda mengalami gangguan sehingga kondisi ini harus segera diselesaikan menggunakan warfarin.

Selain menghancurkan gumpalan darah yang ada di dalam pembuluh darah, obat untuk pengencer darah Warfarin juga berfungsi untuk mencegah pembentukan gumpalan darah yang bisa terjadi karena telalu banyak zat yang dibawa oleh aliran darah. Dengan pencegahan pembentukan gumpalan darah ini maka Anda akan terbebas dari risiko penggumpalan darah.

  1. Obat Resep Dokter Heparin

Obat kedua yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat pengencer darah ialah heparin. Obat heparin adalah salah satu jenis antikoagulan yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya gumlan darah di dalam aliran darah. Pencegahan pembentukan gumpalan darah ini berfungsi agar aliran darah Anda memiliki fungsi yang normal. Selain itu, heparin juga memiliki fungsi khusus dalam mengobati pengentalan darah khsusus, seperti: trombosis vena dalam, komplikasi serangan jantung dan lain sebagainya.

  1. Air Putih Murni

Pada dasarnya, obat paling alami dan sehat yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat pengencer darah ialah air putih. Air putih adalah zat alami yang berfungsi untuk menambah kadar plasma darah yang ada di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang sesuai setiap harinya maka Anda sudah mencegah terbentuknya gumpalan darah oleh karena kekentalan darah yang terlalu tinggi. Selain itu, kandungan air putih juga sangat baik untuk memberikan asupan cairan kepada plasma darah Anda.

  1. Anggur (Cairan Anggur)

Salahs satu jenis minuman yang sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki masalah dengan pengentalan darah ialah cairan anggur merah. Cairan anggur merah sangat baik bagi kesehatan Anda karena dapat menghambat terbentuknya pembekuan darah. Cairan anggur merah juga dapat memperlancar aliran darah Anda sehingga dapat menurunkan potensi timbulnya penyakit tekanan darah tinggi di dalam diri Anda.

  1. Obat Dokter Enoxaparin

Enopaxarin merupakan jenis obat pengencer darah yang memiliki dosis yang cukup tinggi dalam penggunaannya. Enopaxarin dapat menghancurkan gumpalan darah dan menjadikan darah Anda menjadi cairan yang sehat kembali. Kesehatan darah yang memiliki tingkat kekentalan normal adalah kondisi ideal yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Oleh sebab itu, Anda dapat mencoba obat ini sebagai obat pengencer darah Anda saat Anda mengalami penyakit darah kental.

  1. Olahan Buah Nanas

Salah satu buah yang sangat menyehatkan bagi para penderita penyakit kandungan darah kental ialah buah nanas. Selain karena kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi, buah nanas juga sangat berguna untuk mengencerkan darah karena kandungan yang dimilikinya. Kandungan ini ialah enzim bromelain yang tidak lain ialah pengencer darah itu sendiri. Kandungan enzim bromelain ini sangat berguna untuk menghancurkan pengentalan darah yang dapat diakibatkan oleh berbagai macam zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Olahan Bawang Merah

Bawang merah ialah salah satu tumbuhan siung-siungan yang cukup terkenal di dalam daftar sayur-sayuran di dunia. Kandungan antibiotik yang terdapat di dalam bawang merah merupakan salah satu hal yang dapat membuat darah Anda tetap segar dan encer.

  1. Olahan Bawang Putih

Olahan zat antikoagulan berikutnya datang dari bawang putih. Sama seperti bawang merah, kadar zat -zat yang diperlukan oleh tubuh akan membuat Anda tidak mengalami pembekuan darah. Zat tersebut ialah enzim yang dapat mengaktifkan kinerja otak dan menghindari kekentalan darah yang berlebihan.

  1. Olahan Ikan Salmon

Kandungan bermanfaat dalam ikan salmon yang dapat berpengauh pada darah manusia ialah kandungan Omega-3. Kandungan omega-3 ini akan membuat darah dapat memproduksi plasma darah dengan lebih optimal. Kandungan plasma darah yang cukup akan membuat darah Anda terhindar dari kekentalan yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, Anda dapat mengolah ikan salmon menjadi makanan yang lezat bagi Anda dan keluarga Anda.

  1. Olahan Jahe

Jahe adalah makanan yang terkenal dengan rasa hangatnya di dalam tubuh. Jahe dapat menghindarkan pembekuan darah melalui cara menghambat kinerja vitamin K di dalam tubuh Anda. Dengan demikian, Anda dapat terlepas dari ancaman pembekuan darah yang membahayakan tubuh Anda.

  1. Olahan Ikan Makarel

Selain ikan salmon, Anda dapat memperoleh kandungan omega-3 yang berlimpah dari olahan ikan makarel. Ikan makarel ialah ikan yang memiliki kandungan bermanfaat bagi tubuh manusia. Jika Anda mengolah dan mengonsumsi ikan makarel ini dengan benar maka Anda akan memperoleh kesehatan darah yang cukup baik, termasuk kualitas cairan darah yang akan terus terpasok ke dalam tubuh Anda.

  1. Olahan Cinnamon (Kayu Manis)

Kayu manis adalah salah satu hasil alam yang memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Salah satu kandungan kayu manis yang paling diminati oleh manusia ialah pengencer kekentalan darah. Kayu manis memiliki khasiat utama dalam hal pengencer darah karena kandungan aktif di dalamnya. Oleh sebab itu, Anda patut mencoba mengonsumsi kayu manis ini karena darah yang kental di dalam diri Anda akan dapat diencerkan sehingga kadarnya menjadi normal kembali.

  1. Olahan Kunyit

Kunyit adalah kandungan alami alam yang memiliki khasiat yang sangat tinggi di dalam mengencerkan darah. Olahan kunyi mengandung berbagai macam zat aktif yang dapat menghancurkan gumpalan-gumpalan darah. Melalui kandungan salisilat yang tinggi maka kunyit dapat menjadi obat darah kental Anda.

  1. Sayur Bayam (Olahan Sayuran Bayam)

Bayam merupakan makanan yang terkenal memiliki kandungan yang baik bagi darah. Kandungan bayam yang baik bagi darah tersebut ialah zat besi. Dengan zat ini, darah akan selalu lebih encer dan dapat berfungsi optimal.

  1. Kacang Almon

Kandungan kacang almon yang sangat baik bagi pencegahan penggumpalan darah ialah lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan darah. Hal ini berarti bahwa kacang almon tidak menyebabkan penggumpalan darah karena kolesterol.

  1. Olahan Jus Alpukat

Jus alpukat merupakan olahan minuman sehat yang terbuat dari alpukat. Buah dan olahan ini terkenal mampu mengencerkan darah karena kandungan lemaknya yang rendah sehingga baik untuk tubuh Anda.

  1. Kacang Hazelnut

Sama halnya dengan kacang almon, kacang hazelnut juga merupakan kacang yang memiliki kandungan baik untuk mengencerkan darah Anda karena kandungan zat lemaknya yang sangat rendah.

  1. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari adalah salah satu biji-bijian yang memiliki khasiat dalam mengencerkan darah manusia. Kandungan darah manusia yang menggumpal dapat diencerkan dengan kandungan vitamin E yang ada di dalam biji bunga matahari. Dengan demikian, biji bunga matahari ialah obat untuk pengencer darah alami yang baik bagi tubuh Anda.

  1. Tomat

Buah tomat adalah salah satu obat untuk  pengencer darah yang baik bagi tubuh Anda. Buah tomat memiliki kandungan aktif yang dapat Anda manfaatkan khasiatnya sehingga Anda akan mendapatkan kesembuhan dari penyakit pengentalan darah.

Sponsors Link

  1. Daun Salam

Daun salam adalah salah satu olahan yang baik untuk mengencerkan darah. Anda dapat mengonsumsi daun ini dengan cara merebusnya dan menjadikannya ekstrak untuk diminum.

  1. Cuka Apel

Cuka apel baik sebagai obat untuk pengencer darah alami karena kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi olahan ini karena pasti olahan ini akan sangat menyehatkan diri Anda.

  1. Olahan Kapulaga

Olahan kapulaga ialah obat untuk pengencer darah yang sangat baik bagi Anda. Jika Anda ingin menyembuhkan penyakit pengentalan darah secara alami maka Anda dapat mepergunakan manfaat kapulaga yang dicampur dengan air mengkudu. Kedua cairan ini akan menyembuhkan pengentalan darah Anda.

  1. Olahan Kencur

Sama seperti kunyit dan jahe, olahan kencur juga dapat menjadikan Anda sehat dalam kehidupan Anda. Dalam hal ini, kencur juga dapat menurunkan kadar kekentalan darah Anda.

  1. Buah Belimbing Wuluh

Belimbing waluh adalah buah yang sangat berguna untuk memperlancar aliran darah Anda jika Anda mengonsumsinya dalam takaran yang pas. Buah belimbing waluh adalah obat untuk pengencer darah yang baik bagi Anda.

  1. Aspilet

Aspilet adalah sebuah obat yang memiliki khasiat yang baik untuk Anda. Obat aspilet ini berguna untuk menghancurkan gumpalan darah yang ada di sepanjang aliran darah.

  1. Buah Jeruk

Jenis buah lain yang baik untuk memperlancara alliran darah Anda ialah buah jeruk. Buah ini memiliki kandungan cairan yang cukup banyak bagi pemenuhan cairan tubuh Anda.

  1. Buah Lemon

Selain jeruk, buah lemon juga memiliki kandungan yang baik untuk memperlancar peredaran darah Anda karena buah ini memiliki kandungan cairan yang cukup banyak. Oleh sebab itu, buah lemon akan menjadikan Anda semakin sehat karena buah lemon adalah obat untuk pengencer darah yang baik bagi Anda.

  1. Buah Pear

Sama seperti jeruk dan lemon, buah pear adalah jenis buah yang memiliki cairan yang banyak. Cairan yang banyak di dalam buah pear ini dapat menjadikan Anda sehat karena buah pear adalah obat untuk pengencer darah alami yang baik untuk tubuh Anda.

  1. Semangka

Buah semangka juga memiliki khasiat yang sama dengan buah pear. Buah semangka memiliki cairan yang sama banyaknya dengan buah pear sehingga baik digunakan untuk mengatasi pembekuan darah di dalam darah Anda.

  1. Buah Pepaya

Buah pepaya juga merupakan buah yang memiliki kandungan yang sangat tinggi bagi tubuh Anda. Kandungan utama dalam buah pepaya ialah serat dan vitamin A. Dengan kandungan serat di dalam buah ini maka Anda akan bisa menjadi lebih sehat dan bugar lagi.

Demikianlah berbagai macam olahan yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat untuk pengencer darah bagi tubuh Anda. Anda dapat mengolah makanan dan minuman lain sebagai obat pengencer darah bagi tubuh Anda sehingga kondisi darah di dalam tubuh Anda akan tetap dalam kondisi prima. Salam sehat!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Darah